Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

TikTok Gaet Billboard Meluncurkan Lagu Top 50

TikTok Billboard_1a
TikTok Billboard. (Sumber: Head Topics)

Unbox.id – TikTok dan Billboard telah bekerja sama untuk meluncurkan TikTok Billboard Top 50 Chart untuk melacak lagu-lagu terpopuler di aplikasi TikTok. Diluncurkan pada 14 September 2023, tangga lagu TikTok Billboard Top 50 menjadi tangga lagu resmi pertama di AS yang melacak penemuan dan keterlibatan musik di platform tersebut. Bagan tersebut akan menampilkan lagu-lagu di platform setiap minggu berdasarkan penayangan, keterlibatan pengguna, dan jumlah video yang dibuat dengan lagu tersebut, Tech Crunch melaporkan. TikTok Billboard akan diupdate setiap Kamis pagi. Namun, chart ini hanya akan melacak lagu-lagu populer di AS. Pengguna dapat melihat grafik ini di situs Billboard atau aplikasi TikTok.

Memberi Dampak Industri Musik

Pemeringkatan ini berpotensi berdampak pada industri musik. Banyak artis baru yang akan menjadi viral, seperti Lil Nas X, Tai Verdes, Bene dan Loren Gray. Selain itu, lagu-lagu lama juga akan muncul kembali.

Saat ini, lagu Sexy Red milik Skee Yee menduduki peringkat nomor satu di chart. Berikutnya ada lagu Paint the Town Red karya Doja Cat dan August karya Taylor Swift. Billboard tidak hanya bekerja sama dengan TikTok, tetapi juga bekerja sama dengan platform Twitter/X untuk melacak lagu-lagu populer. Bagan ini disebut Lagu Trending.

Berbeda dengan TikTok Billboard, di chart partner Twitter/X ini, tiga posisi pertama di chart tersebut menjadi milik Olivia Rodrigo dengan lagu-lagu terbarunya.

Lebih dari 175 Lagu Tren TikTok Masuk Billboard Hot 100 pada 2021

TikTok App_2b

TikTok App. (Sumber: Android Headlines)

Menurut laporan The Verge, ada lebih dari 175 lagu trending TikTok yang masuk chart Billboard Hot 100 pada tahun 2021. Platform media sosial tersebut turut meroketkan nama beberapa artis, bahkan artis pendatang baru.

Artis terpopuler di TikTok saat itu adalah Megan Thee Stallion dan Doja Cat. Berikutnya ada rapper Popp Hunna di posisi ketiga menggantikan Pop Smoke.

Lagu-lagu yang menempati tiga posisi teratas antara lain Masked Wolf’s Astronaut in the Ocean, Maneskin’s Begin, dan Popp Hunna’s Adderall. Sekitar 430 lagu melampaui 1 miliar penayangan video di TikTok pada tahun 2021. Beberapa lagu terpopuler bahkan mendapat sekitar 20 miliar penayangan video.

Selain mempromosikan lagu dan artis baru, TikTok juga memasukkan lagu lama Kate Bush, Running Up That Hill (A Deal With God) ke dalam Hot 100.

Pengaruh TikTok Terhadap Tangga Lagu Billboard

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang menunjang kepopuleran sebuah lagu. Deseret News melaporkan, lagu Flowers milik Miley Cyrus yang viral dan banyak digunakan di berbagai konten TikTok, menduduki posisi teratas selama delapan minggu berturut-turut di chart Billboard.

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan analisis musik MRC Data menemukan bahwa 67% pengguna TikTok cenderung mencari lagu yang mereka dengarkan di TikTok melalui platform streaming musik.

Bahkan, aplikasi ini menjadi wadah promosi lagu bagi label musik. Tak hanya lagu baru, lagu lama juga muncul di chart Billboard karena viral di TikTok. Tatiana Cirisano, analis industri musik dan konsultan di Midia Research, mengatakan sebuah lagu yang viral di TikTok dan artisnya tidak memiliki kontrak akan mendapatkan jutaan streaming di Spotify.

Label musik kemudian akan tertarik dan bekerja keras untuk mengontrak lagu dan artis. Pengaruh TikTok di industri musik sangat besar berkat popularitas aplikasi ini.

Baca juga: TikTok Kena Denda Karena Kasus Pelanggaran Data Anak

Lebih dari 150 Juta Orang AS Menggunakan TikTok

Menurut laporan CNET, lebih dari 150 juta orang Amerika menggunakan TikTok pada Maret 2023. Hingga saat itu, aplikasi tersebut dibatasi pada Mei 2023 karena beberapa alasan nasional. Negara bagian Montana di AS telah meminta hakim federal untuk mengesahkan undang-undang yang melarang aplikasi TikTok mulai Januari 2024.

Negara bagian tersebut mengajukan tanggapan Jumat lalu terhadap mosi penggugat pada Juli 2023 yang meminta Hakim Distrik AS Donald Molloy untuk memblokir sementara pemberlakuan undang-undang tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...