Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Tiktok Dilarang Oleh US House of Representative!

Tiktok

Unbox.id – Tiktok  dilarang oleh Pemerintah US, sepertinya tidak boleh ada lagi aplikasi ini oleh para staff yang bekerja disana. Kali ini larangan tersebut hadir untuk kalangan politikus yang bekerja sebagai Representative US of House. Atau kita sebut US House of Representative, hal tersebut berlaku untuk smartphone yang di supply oleh House of Representative.

Karena keamanan Tiktok serta ancaman penyadapan melalui aplikasi termasuk data breach oleh negara rival mereka Tiongkok. Membuat Tim keamanan DPR Amerika Serikat memutuskan untuk uninstall dan ban segala aplikasi Tiktok tersebut.

Tiktok

Dengan melarang penggunaan tiktok terutama pada handphone milik Pemerintah, membuat keamanan data Pemerintah USA pun semakin ketat. Hal ini jadi langkah baru dalam perang proxy antara Amerika melawan Tiongkok. Bahkan US sendiri sepertinya tidak mau kecolongan kembali oleh bocornya data pengguna dari smartphone yang mereka miliki.

Alasan Tidak Transparan Membuat Tiktok dilarang oleh House of Representative

Ketidaktransparan Tiktok membawa lagi masalah sebelumnya. Bahkan masalah banned ini sempat menyeruak saat Donald Trump masih menjabat sebagai presiden. Hal seperti ini muncul kembali namun lingkungan yang tak perbolehkan pun hanya lingkup pemerintahan.

Menurut Direktur Administratif dengan memo internal meminta seluruh staff House of Representative hapus aplikasi Tiktok mereka. Hal ini menjadikan tanda tanya kalau ada sesuatu yang terjadi sebelumnya. Tetapi, alasannya justru masalah ketidak transparan dari mereka.

Mendengar hal tersebut, Juru Bicara Tiktok, Brooke Obberwetter malah menuding memo internal tersebut berbau politis. Malah mereka klaim semua data dari pengguna US tersimpan bukan di Tiongkok saja. Melainkan tersimpan juga di US. Padahal pengguna dari Tiktok sendiri banyak dari Pemerintah termasuk senat juga.

Padahal mah aplikasi video ini sudah ikutin segala permintaan USA, namun masalah politik ini berikan kesan baru kalau pemerintah Biden sendiri tetap sama pendiriannya dengan Trump sebelumnya. Meskipun aturan baru seperti semua telepon genggam dari pemerintah, Agency dan staff sampai agent pun tidak boleh ada aplikasi Tiktok sama sekali.

Rasanya ganjil sekali namun kepentingan keamanan  negara, sepertinya hal ini bakalan jadi babak baru Tiktok Vs Pemerintah US berikutnya.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Masa depan TikTok terlihat semakin tidak pasti seiring meningkatnya dukungan terhadap undang-undang baru yang akan memaksa perusahaan tersebut meninggalkan perusahaan induknya, ByteDance,...