Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Telkomsel Hapus 3G dan Upgrade 4G di 300 Kota dan Kabupaten

Telkomsel 4G_1
Operator Telkomsel mulai menonaktifkan layanan jaringan 3G dan mulai mengembangkan jaringan 4G di Indonesia. (Sumber: Telkomsel)

Unbox.id – Telkomsel meningkatkan jaringan 3G menjadi 4G di 300 kota/wilayah mulai Februari 2023. Hal ini sejalan dengan kebijakan penghentian jaringan 3G secara bertahap agar spektrum yang terpakai dapat digunakan untuk meningkatkan layanan 4G di Indonesia Mengutip keterangan Telkomsel, upgrade 3G ke 4G akan dimulai pada Februari 2023 dengan target 119 kota/daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Proses penyeimbangan jaringan 4G ini merupakan kelanjutan dari yang telah dimulai pada Maret 2022 dan mencakup 204 kota/kabupaten dari total 54 kabupaten yang ditargetkan.

Lebih Cepat Lebih Baik

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho mengatakan Februari 2023 akan menjadi proses percepatan dalam upaya berkelanjutan Telkomsel untuk peningkatan layanan 3G ke 4G secara bertahap dan terukur di beberapa wilayah Indonesia, yang diperoleh dari tahun lalu.

“Komitmen ini merupakan bagian dari konsistensi Telkomsel dalam mempercepat transformasi digital pelanggan di seluruh Indonesia melalui penyediaan teknologi jaringan broadband inklusif premium,” kata Nugroho.

Lebih lanjut, dia meyakini peningkatan layanan dari 3G ke 4G akan meningkatkan ekonomi digital, karena semakin terbukanya peluang bagi masyarakat untuk memaksimalkan potensi daerah dengan dukungan penggunaan teknologi digital terkini.

Telkomsel melakukan upgrade 3G ke 4G secara bertahap sejak Maret 2022, dengan target 504 kota dan kabupaten. Hingga saat ini, peningkatan jaringan 3G ke 4G telah meningkatkan jumlah pelanggan 4G pada tahun 2022 sebesar 7,3%. Selain itu, trafik jaringan 4G juga meningkat sebesar 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Berikut Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel Kembali

Migrasi Dari 3G ke 4G

4g dan 3g_1

Para pelanggannya diharapkan melakukan migrasi data dari 3G ke 4G dalam penggunaannya. (Sumber: Berita DIY)

Guna mempercepat peralihan pelanggan dari menggunakan layanan 3G ke 4G, terdapat sejumlah utilitas bagi pelanggan yang ingin mengonversi kartunya ke 4G. Salah satunya melalui jalur online, dimana kartu 4G dikirimkan langsung ke alamat pelanggan.

Untuk penggantian kartu, pelanggan dapat mengakses berbagai kanal informasi layanan Telkomsel melalui akun media sosial resmi Facebook dan Twitter serta layanan Virtual Assistant (VA) Telkomsel dalam beberapa bentuk metode instant messaging terkemuka.

Untuk mekanisme offline, pelanggan dapat mengakses layanan GraPARI atau MyGrapari terdekat. Selama migrasi ke langganan USIM 4G dan 4G, Telkomsel akan melakukan otentikasi data pelanggan yang terdaftar di kartu lama non-4G berdasarkan NIK ID dan nomor KK yang diberikan.

Baca juga: Telkomsel Indonesia Tunjuk Ericsson Untuk Tingkatkan Jaringan 5G

Ini Untungnya Jika Upgrade ke 4G

Pelanggan terlebih dahulu harus melakukan verifikasi kelengkapan identitas melalui menu browser USSD *444# langsung dari handphone Pelanggan. Jika ada ketidaksesuaian, pelanggan harus segera melakukan registrasi ulang dengan memasukkan ULANG<SPASI>NIK#KK# untuk mengirim SMS ke 4444.

Pelanggan yang ingin beralih ke uSIM 4G juga harus mengecek terlebih dahulu ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Verifikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui *888*47#.

Peningkatan jaringan 3G ke 4G dilakukan secara bertahap dan terukur dengan tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan dan menyelaraskan ketersediaan seluruh ekosistem 4G. Dengan beralih ke uSIM 4G, pelanggan dapat mengakses internet dengan kecepatan stabil dan maksimal dengan jaringan 4G.

Telkomsel juga memiliki program promosi bagi pelanggan untuk beralih/konversi uSIM 4G, mendapatkan tambahan limit hingga 30GB selama 3 hari di jaringan 4G untuk kartu dengan jangka waktu lebih dari 6 bulan dengan pemakaian di atas Rp100.000.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Telkomsel menyelenggarakan program akselerator startup Tinc Batch 9 bekerja sama dengan perusahaan modal ventura terkemuka AppWorks. Pendaftaran program ini telah dibuka sejak...

Operator

Unbox.id – Telkomsel menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Pos dan TI Kominfo pada tahun 2023. Penghargaan dari Direktorat Jenderal PPI tahun 2023 diberikan kepada...

Tech Industry

Unbox.id – Sejak 1 Juli, layanan fixed broadband IndiHome bergabung dengan Telkomsel. Setelah 5 Bulan Beroperasi, Bagaimana Bisnis IndiHome di Bawah Payung Telkomsel? Seperti...

Unboxing

DddddsdsdsdddsdsdsdsdsJakarta, Unbox.id – Dalam sebuah event Indian Mobile Congress (IMC) di India, Minggu, 29 Oktober 2023, Reliance Jio meluncurkan ponsel terbarunya di negara tersebut....