Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Telkomsel Gelar Akselerator Tinc Batch 9

Telkomsel Akselerator Tinc Batch 9_1a
Telkomsel Akselerator Tinc Batch 9. (Sumber: Telkomsel)

Unbox.id – Telkomsel menyelenggarakan program akselerator startup Tinc Batch 9 bekerja sama dengan perusahaan modal ventura terkemuka AppWorks. Pendaftaran program ini telah dibuka sejak 12 Februari. Tujuan Tinc Batch 9 adalah mengembangkan startup agar mampu memberikan solusi digital di berbagai sektor di Indonesia. Tinc sendiri merupakan bagian dari ekosistem inovasi Telkomsel. Program ini tidak hanya berfungsi sebagai akselerator, namun juga merupakan kelanjutan dari program inkubasi Nextdev yang berfokus pada startup tahap awal atau lanjutan.

Komitmen Dari Telkomsel

Telkomsel Akselerator Tinc Batch 9_2b

Telkomsel Akselerator Tinc Batch 9. (Sumber: Telkomsel)

Inisiatif ini merupakan bentuk komitmen Telkomsel melalui Telkomsel Ventures untuk mendukung pertumbuhan startup yang memanfaatkan ekosistem, aset, dan keahlian perusahaan untuk memperkenalkan solusi teknis digital sekaligus mendorong ekonomi digital.

Mia Melinda, CEO Telkomsel Ventures, mengatakan peluncuran program akselerator startup Tinc Batch 9 ini dilakukan untuk mendorong berkembangnya solusi digital inovatif dari startup di tanah air, guna mendorong ekonomi digital Indonesia. Tujuan dari program Tinc tahun ini adalah untuk membuka peluang investasi bagi startup terpilih.

Mia dalam siaran pers Telkomsel mengatakan: “Program Tinc tahun ini diselenggarakan oleh Telkomsel Ventures sebagai modal ventura dan akselerator Tekomsel yang terhubung dengan ekosistem startup di Indonesia, yang bertujuan untuk membuka peluang investasi pada startup terpilih”.

Kolaborasi Telkomsel dan Pemodal Ventura Terkemuka AppWorks

“AppWorks telah mendukung masa depan ratusan startup selama dekade terakhir,” kata Jamie Lin, Presiden dan Mitra AppWorks. “Program akselerator kami menghubungkan inovator dan dunia usaha untuk mendorong pertumbuhan yang saling menguntungkan,” kata Lin.

Lin menambahkan, operasional AppWorks di Indonesia dimulai pada tahun 2018. Sejak itu, AppWorks telah berkembang menjadi komunitas pendiri dan investor startup. Ia juga mengatakan melalui kerja sama dengan Telkomsel, AppWorks dapat memberdayakan lebih banyak startup.

Dalam program Lock 9 ini, startup teknologi Indonesia dapat mendaftar. Startup yang berminat menjalin kerja sama dengan Telkomsel adalah perusahaan yang bergerak di bidang solusi konsumen, data (kecerdasan buatan, analisis data, dan keamanan siber), perangkat lunak sebagai layanan layanan (Saas) atau enterprise, B2B, dan layanan fintech.

Startup yang berpartisipasi akan memiliki akses ke ekosistem digital Telkomsel dan AppWorks. Dengan begitu, startup ini bisa mendapatkan peluang untuk mengembangkan bisnisnya.

Kolaborasi dengan Ekosistem Bisnis Telkomsel

Telkomsel Akselerator Tinc Batch 9_3c

Telkomsel Akselerator Tinc Batch 9. (Sumber: Telkomsel)

Selain itu, startup-startup tersebut akan terhubung dengan unit bisnis Telkomsel. Operasional Telkomsel meliputi strategi teknologi dan inovasi produk konsumen; ⁠Solusi data; ⁠Bisnis, inovasi, keberlanjutan dan strategi pemasaran; ⁠Investasi strategis dan manajemen portofolio; ⁠Periklanan digital dan layanan keuangan; dan ⁠Enterprise Product Management.

Dalam program ini, unit-unit bisnis di atas akan berkolaborasi dengan para pendiri startup dalam serangkaian kegiatan. Tujuannya untuk upskill perusahaan, memperluas jaringan dan menciptakan sinergi dengan Telkomsel.

Acara puncak Tinc Batch 9 adalah Demo Day yang akan diadakan pada bulan Oktober 2024. Di sini, para startup akan memperkenalkan startupnya kepada para investor dan calon investor.

Baca juga: Telkomsel Terima Penghargaan Dari Kominfo

Tentang Tinc dan Program Inkubasi Startup Telkomsel

Sekadar informasi, Tinc merupakan program akselerator Telkomsel untuk memperkuat kolaborasi startup dengan ekosistem inovasi dan unit bisnis Telkomsel.

Selain Tinc, Telkomsel juga memiliki platform inovasi lain untuk mengembangkan ekosistem startup di Indonesia. NextDev antara lain dirancang sebagai inkubator dampak bagi startup tahap awal.

Di sisi lain, Telkomsel Ventures juga mendukung stabilisasi startup melalui investasi strategis dan kerja sama jangka panjang. Lalu ada pula INDICO sebagai anak perusahaan Telkomsel yang menjadi mesin pertumbuhan baru perusahaan yang memaksimalkan penciptaan nilai.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – XL Axiata sedang mengkaji rencana layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk yang ingin meluncurkan layanan tersebut di Indonesia. Gede Darmayusa, Direktur...

Tech Industry

Unbox.id – Belum lama ini, Telkomsel memperkenalkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module sebagai alternatif kartu SIM fisik. Layanan eSIM Telkomsel ini memungkinkan...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang...

Operator

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mengajak generasi muda untuk menjaga lingkungan melalui film bertajuk “Jaga Raya”. Film pendek ini bercerita tentang seorang peneliti biologi...