Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Snapchat Luncurkan Fitur Baru “Live Location Sharing”

Snapchat - Live Location
Snapchat - Live Location

Jakarta, Unbox.id – Snapchat telah mengeluarkan fitur baru, yang disebut Live Location untuk penggunanya. Diluncurkan beberapa hari yang lalu, untuk pengguna Android dan iOS. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat berbagi lokasi langsung mereka dengan orang lain di platform.

Digulirkan secara global, fitur baru ini akan memungkinkan pengguna berbagi keberadaan mereka secara real-time. Bahkan teman-teman akan tahu persis dimana keberadaan mereka. Termasuk apakah mereka datang untuk bertemu atau pulang sendirian di malam hari.

Baca juga: Google Pixel Fold Dikabarkan Kembali Ke Jadwal Peluncuran 2022

Secara Khusus

Snapchat - Live Location

Snapchat – Live Location

Meski demikian, berbagi lokasi langsung ini berbeda dari berbagi lokasi biasa, berbagi foto dan video di aplikasi Snapchat.

Jadi dengan fitur terbaru ini, pengguna Snapchat akan dapat membagikan pembaruan lokasi langsung ke orang lain. Namun mereka dapat menggunakan fitur ini untuk jangka waktu antara 15 menit hingga delapan jam. Perlu diperhatikan bahwa fitur baru ini hanya berfungsi antar teman secara individual.

Artinya, lokasi langsung Anda tidak akan dapat dilacak atau dilihat oleh seluruh komunitas Snapchat. Lokasi Anda hanya dapat dilacak oleh teman yang Anda bagi lokasi di aplikasi.

Jadi penting bagi Anda dan teman Anda untuk berteman di Snapchat sebelum mengaktifkan fitur baru ini. Karena Snapchat akan menampilkan jendela pop-up bagi pengguna yang mengakses fitur live location untuk pertama kalinya. Ini adalah pengingat bagi pengguna. Bahwa fitur live location dimaksudkan untuk dibagi dengan teman dan keluarga secara khusus. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari segala jenis masalah privasi. Terutama ketika pengguna berbagi lokasi secara langsung.

Baca juga: Cyberpunk 2077 Sekarang Tersedia Untuk PS5 Dan Xbox Series X/S

Sistem Pertemanan

Snapchat

Snapchat

Snapchat mengharapkan fitur baru ini dapat digunakan sebagai sistem pertemanan. Terutama saat teman sedang dalam perjalanan untuk berkencan atau dalam perjalanan pulang. Jadi pengguna Snapchat akan memiliki cara baru untuk mengawasi teman.

Setelah ini, perusahaan mengumumkan akan memperkenalkan berbagi lokasi real-time. Fitur ini mirip dengan aplikasi Find My app di iOS. Di mana pengguna yang telah memilih dapat melihat dan berbagi lokasi yang tepat.

Pengaturan Snapchat dapat diaktifkan selama 15 menit atau beberapa jam dengan pengguna individu. Kemudian hanya tersedia di antara teman bersama di aplikasi.

Untuk mengurangi risiko penguntitan, atau tekanan untuk terus-menerus berbagi lokasi, pengguna dapat memberikan jeda. Yakni berbagi namun tanpa mengirimkan pemberitahuan kepada pihak lain. Ketika melakukan jeda, maka fitur ini dinonaktifkan secara default. Sehingga tidak ada opsi untuk berbagi lokasi waktu nyata dengan semua teman Snapchat.

Untuk mengaktifkan pengaturan, pengguna menavigasi ke profil teman dan memilih durasi berbagi lokasi. Status berbagi lokasi langsung terlihat dalam jendela obrolan dengan teman tersebut.

Pembaruan ini adalah fitur lokasi langsung pertama untuk Snapchat. Pengguna memiliki opsi untuk membiarkan teman melihat, di mana mereka terakhir kali menggunakan aplikasi. Saat ini Snap Map terisi dan telah digunakan oleh 250 juta pengguna Snapchat per bulan.

Untuk peluncuran fitur ini, Snapchat bermitra dengan It’s On Us. Sebuah program nirlaba nasional yang berfokus pada penghentian serangan seksual di kampus. Selain fitur sistem sobat, mulai hari ini Snapchat akan menyertakan pesan dalam aplikasi tentang kesadaran pengamat.

 

 

Sumber: msn.com, theverge.com
Foto: dari berbagai sumber

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sejak YouTube Shorts diperkenalkan, fitur tersebut menjadi populer dalam waktu yang singkat dan banyak digunakan oleh para pengguna dan konten kreator....

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Mulai iPhone 12 dan seterusnya, para pengguna mendapatkan fitur video baru yang disebut Auto FPS. Fitur tersebut secara otomatis dapat menyesuaikan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Terkadang Anda mungkin ingin melihat seseorang di Instagram secara diam-diam tanpa diketahui si pemilik akun. Namun pihak Instagram hingga saat ini...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Edge Panel khas Samsung memang memudahkan para pengguna untuk dapat akses cepat ke semua yang pengguna butuhkan, baik itu aplikasi, pengingat,...