Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Setelah Kemarin Down, Facebook Ungkap Alasan di Baliknya

Facebook

Last updated on 6 Oktober, 2021

Jakarta, Unbox.id – Akhirnya, Facebook buka suara dan membeberkan alasan tentang pemadaman enam jam pada hari Senin kemarin (04/10).

Menimbulkan banyak tanya tentang keadaan ini, ada yang menduga peretasan, dan atau kompromi terhadap data pengguna.

Facebook mengatakan dalam sebuah posting blog pada Senin malam, bahwa pemadaman enam jam yang membuatnya offline bersama dengan Instagram, Messenger, Whatsapp, dan OculusVR ini adalah hasil dari perubahan konfigurasi pada routernya – bukan karena peretasan atau upaya untuk mendapatkan data pengguna.

Baca juga : Tema Dan Fitur Baru Skype Desain Ulang Tampilan

Permintaan Maaf

Penjelasannya tidak memberikan banyak detail, karena sepertinya mesin penjawab Facebook tidak dapat berbicara satu sama lain.

Dalam penjelasannya, Facebook mengatakan bahwa, “Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg memposting permintaan maaf pada Senin malam, dan mengatakan platform itu akan kembali online.

Ia mengatakan, “Maaf atas gangguan hari ini — saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Sementara di Twitter, eksekutif komunikasi Facebook Andy Stone mengatakan, “Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Sedangkan Mike Schroepfer, yang akan mundur dari jabatannya sebagai CTO tahun depan, menerbitkan cuitan, “Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk men-debug dan memulihkan secepat mungkin.

alasan Facebook down

Offline

Diketahui, proses offline (down) dimulai sekitar pukul 11:40 waktu setempat pada hari Senin, dan menyebabkan masalah yang meluas bagi perusahaan.

Itu adalah peristiwa down terburuk bagi Facebook sejak 2019, ketika situs itu mati selama lebih dari 24 jam.

Karyawan tidak dapat terhubung satu sama lain di papan pesan perusahaan di wilayah dunia yang masih siang.

Merilis The Verge, beberapa mengatakan bahwa mereka menggunakan akun email Outlook yang disediakan perusahaan untuk berkomunikasi.

Baca juga : Deretan HP Android Ini Sudah Tak Bisa Akses Gmail hingga YouTube

Pembaruan Rutin

Lebih lanjut disebutkan bahwa alasan Facebook down ini tampaknya dimulai dengan pembaruan rutin BGP yang salah, sehingga menghapus informasi rute DNS yang dibutuhkan Facebook untuk memungkinkan jaringan lain menemukan situsnya.

Setelah gagal semua tes hampir sepanjang hari, tes server DNS ISP melalui DNSchecker.org menunjukkan sebagian besar telah berhasil menemukan rute ke Facebook.com pada 17:30 waktu setempat.

Beberapa menit kemudian, mereka dapat mulai menggunakan Facebook dan Instagram secara normal, namun masih perlu waktu agar perbaikan DNS dapat menjangkau semua orang.

Pemadaman atau down-nya Facebook terjadi sehari sebelum pelapor Frances Haugen akan bersaksi di depan Kongres tentang pengalamannya di perusahaan itu.

Haugen, adalah mantan manajer produk Facebook yang bekerja di grup Civic Integrity, yang memberikan banyak dokumen internal Facebook kepada wartawan di Wall Street Journal.

Melansir apa yang disampaikan Haugen pada 60 Minutes di hari Minggu, bahwa Facebook membayar keuntungannya dengan keselamatan karyawannya. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...

Social Media

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa Facebook telah menjadi raja media sosial. Media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...