Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Samsung Health dan Apple Health: Pilh Mana?

People using Apple Health (sumber: emerline.com)
People using Apple Health (sumber: emerline.com)

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – Di era teknologi yang sangat maju ini, kita dapat dengan mudah mendapatkan Informasi bermanfaat hanya dengan aplikasi kesehatan di smartphone kita. Aplikasi ini dapat melakukan segalanya mulai dari melacak aktivitas, menyimpan catatan, bahkan hingga memberikan notifikasi untuk membantu pengguna agar tetap mengetahui kesehatan mereka.

Dua aplikasi kesehatan yang paling populer yakni adalah milik Samsung dan Apple, keduanya menawarkan aplikasi kesehatan yang lengkap untuk smartphone.

Berikut untuk komparasi kedua aplikasi kesehatan yakni Samsung Health dan Apple Health.

Apa fungsi aplikasi kesehatan?

Berkat aplikasi Kesehatan di smartphone, kita dapat memantau kesehatan dengan mudah. Dari langkah yang diambil dan melacak tidur hingga detak jantung. Aplikasi kesehatan membantu melacak dan merekam data dari berbagai faktor kesehatan dan kebugaran. Data ini bisa sangat membantu untuk mencapai target seperti berat badan, meningkatkan kebugaran, dan membangun gaya hidup sehat. Namun bagaimana kita menyaring begitu banyak informasi?

Aplikasi seperti Samsung Health dan Apple Health bertindak sebagai penyimpanan statistik kesehatan dan kebugaran yang dapat diandalkan. Karena kedua aplikasi tersebut dapat melacak data dan menyinkronkan, hal ini memungkinkan untuk mengatur dan menganalisis pengukuran yang signifikan, dan yang terpenting, keduanya dapat menyimpan data Anda dengan aman dan mudah untuk di akses.

Baca juga: Cara Hapus Aplikasi di Apple Watch: Bisa dari Watch dan iPhone

Meskipun demikian, tidak satu pun dari aplikasi ini dapat menggantikan keahlian medis atau konsultasi dengan dokter langsung. Baik Apple Health dan Samsung Health merupakan jendela menuju kesejahteraan dan alat untuk mengawasi kebugaran Anda. Jadi aplikasi tersebut berfungsi untuk mengawasi dan memperhatikan kesehatan, bukan untuk menggantikan kunjungan dokter.

Samsung Health dan Apple Health

Aplikasi Apple Health adalah aplikasi aplikasi yang hanya tersedia iPhone. Aplikasi ini dapat digunakan di Apple Watch dan terbatas untuk pengguna iOS.

Di sisi lain, Samsung Health tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Pengguna dapat mengakses Samsung Health di ponsel yang menjalankan Android 8.0 atau lebih baru atau iPhone 5s dan lebih tinggi.

Baik Samsung Health dan Apple Health secara memadai dapat melakukan pelacakan dasar kesehatan dan aktivitas Anda. Ini termasuk secara otomatis merekam statistik seperti langkah, olahraga, dan tidur. Setiap aplikasi juga memungkinkan Anda memasukkan data tambahan secara manual, termasuk berat badan, konsumsi air, dan pelacakan siklus menstruasi.

Kedua aplikasi dapat menampilkan metrik lanjutan tambahan, termasuk tekanan darah, kadar glukosa, detak jantung, dan lainnya. Misalnya, pemilik Samsung Galaxy Watch 4 juga dapat mengakses informasi tentang komposisi tubuh mereka di aplikasi Samsung Health. Demikian pula, pengguna Apple Watch Series 6 dan Series 7 dapat mengakses statistik oksigen darah di app Apple Health.

Antarmuka Apple Health

Apple Health (sumber: wareable.com)

Apple Health (sumber: wareable.com)

Antarmuka Apple bersih dan mudah dinavigasi. Terdapat Tiga tab yakni Ringkasan, Berbagi, dan Telusuri. Disetiap tab terdapat lebih banyak data dan analisis. Apple juga berusaha keras untuk memberikan keterangan kepada pengguna dalam aplikasi tentang cara terbaik untuk memahami data yang diberikan.

Selain tab ini, pengguna dapat mengakses halaman profil mereka untuk memasukkan info dasar dan detail kesehatan penting seperti golongan darah. Dari sini, Anda juga dapat mengakses catatan kesehatan, mengatur ID medis, memilih pemberitahuan dan privasi, dan lainnya.

Antarmuka Samsung Health

Samsung Health (sumber: samsung.com)

Samsung Health (sumber: samsung.com)

Samsung Health juga sangat mudah dan ramah pengguna. Terdapat empat tab utama yakni Beranda, Bersama, Kebugaran, dan Halaman saya. Samsung juga mendorong konten terkait saat pengguna memasuki kategori di dalam aplikasi. Ini termasuk artikel, latihan, dan lainnya untuk membantu pengguna tetap termotivasi.

Menu tambahan di aplikasi Samsung Health mencakup ringkasan mingguan data terlacak, materi pemasaran, pembaruan tentang aplikasi, dan pengaturan tempat pengguna dapat mengelola detail akun dan banyak lagi.

Integrasi pihak ketiga

Dalam hal informasi, aplikasi Kesehatan Apple dapat disinkronkan dengan ribuan aplikasi pihak ketiga, mengintegrasikan data tentang segala hal mulai dari meditasi dan aktivitas hingga nutrisi dan kebugaran. Di sisi lain, Samsung tidak mendukung integrasi dengan banyak aplikasi pihak ketiga. Terdaftar sebagai “layanan terhubung” di menu pengaturan aplikasi Samsung Health, aplikasi Strava dan Technogym adalah satu-satunya pilihan.

Ini penting karena data dari aplikasi pihak ketiga dapat membantu memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kesehatan dan kebugaran kepada pengguna.

Perangkat yang kompatibel

Banyak perangkat kebugaran dan kesehatan yang kompatibel dengan Samsung Health dan Apple Health. Ini termasuk berbagai pelacak kebugaran, timbangan berat badan, dan perangkat medis seperti oksimeter denyut nadi, monitor tekanan darah, dan monitor glukosa darah.

Fitur Apple Health

Apple Health menawarkan fitur keamanan yang unik. ID Medis memungkinkan responden pertama untuk mengakses informasi yang berpotensi menyelamatkan jiwa dalam keadaan darurat. Rincian ini termasuk obat-obatan pengguna saat ini, golongan darah, alergi, dan apakah mereka adalah donor organ atau tidak. Di bawah fitur yang sama ini, Anda juga dapat memilih kontak darurat. Kontak ini secara otomatis menerima pesan dengan lokasi Anda jika Anda menggunakan tombol SOS darurat.

Demikian juga, Apple Health juga membuat pertukaran info dengan dokter Anda menjadi lebih mudah. Selama perusahaan asuransi atau rumah sakit Anda mendaftar untuk Catatan Kesehatan, Anda dapat mengakses informasi tentang prosedur, hasil lab, obat-obatan, dan banyak lagi. Anda juga dapat membagikan data terlacak Anda sendiri dengan penyedia perawatan Anda.

Fitur Samsung Health

Fitur Tantangan Samsung mengundang pengguna untuk mengikuti kompetisi hitungan langkah bulanan melawan pengguna lain di seluruh dunia. Kompetisi ini membantu mendorong pengguna untuk tetap aktif dan mencapai pencapaian yang sehat. Selain itu, pengguna dapat membuat kompetisi satu lawan satu mereka sendiri dan mengundang teman atau anggota keluarga untuk bersaing. Anda bahkan dapat mengundang hingga sembilan pengguna untuk berpartisipasi dalam kompetisi tim atau individu.

Baca juga: Aplikasi Pencatat Terbaik Untuk Android

Karena Samsung Health tidak terintegrasi dengan banyak aplikasi lain, ini memungkinkan pengguna untuk merekam data latihan di platform itu sendiri. Untuk melakukannya, aplikasi ini menawarkan daftar latihan yang ekstensif, termasuk semua olahraga biasa seperti berlari, berjalan, dan bersepeda.

Secara keseluruhan, kedua aplikasi ini masing-masing dapat memberikan semua informasi tentang kesehatan Anda dalam satu tempat. Sejauh ini, aplikasi Kesehatan Samsung dan Kesehatan Apple merupakan aplikasi yang patut Anda gunakan.

 

Sumber: www.androidauthority.com

Foto: wareable.com, samsung.com, emerline.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa...

Tech Industry

Unbox,id – Jepang akan mendenda Apple. Pasalnya, ada dugaan Apple terlibat dalam perilaku monopoli di negara tersebut. Namun, negara ini masih mempelajari peraturan yang...

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...