Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Resolusi Kamera Smartphone Makin Canggih Sejak Tahun Lalu

Resolusi kamera smartphone_1
Dalam perkembangannya, resolusi kamera smartphone semakin berkembang sejak tahun lalu. (Sumber: Hypeabis)

Unbox.id – Pengapalan smartphone menunjukkan penurunan signifikan pada tahun 2022, namun vendor masih mencari cara untuk meningkatkan resolusi kamera smartphone mereka. Ini adalah salah satu poin utama dari laporan yang diterbitkan oleh Counterpoint Smartphone Camera Tracker. Alasan di balik ini adalah pencitraan tetap menjadi area fokus penting bagi vendor ponsel cerdas.

Resolusi 8 MP Ke Bawah Terus Menurun

Dengan kemajuan dalam kekuatan pemrosesan chipset dan algoritme perangkat lunak, vendor smartphone telah memaksimalkan kamera yang ada untuk menghadirkan efek kedalaman, mendorong permintaan akan kamera dan kamera kedalaman.

Oleh karena itu, pangsa pasar 8 megapiksel (MP) dan resolusi yang lebih rendah terus menurun. Terlepas dari kondisi ekonomi global yang sulit, penjualan iPhone Apple tetap relatif stabil dibandingkan dengan ponsel Android dan memicu peningkatan pangsa pasar resolusi 10-12 MP.

Namun, tren ini diperkirakan akan berubah pada tahun 2023, ketika model iPhone 14 Pro ditingkatkan menjadi 48 MP.

Di sisi lain, resolusi 13-32MP telah menurun tajam dalam beberapa tahun terakhir karena masuknya resolusi yang lebih tinggi ke pasar low-end berkat penurunan harga.

Demikian pula, resolusi 40-48 MP juga akan menurun pada tahun 2022 karena banyak model smartphone kelas menengah dan kelas bawah ditingkatkan ke sub-0,7μm 50MP yang hemat biaya. Namun, tren ini diperkirakan akan berubah pada tahun 2023 seiring dengan migrasi iPhone.

Baca juga: Dua Produk Smartphone Xiaomi Dipangkas Harganya!

Resolusi 50 MP Populer di Kalangan Smartphone

Resolusi kamera smartphone_2

Kamera dengan resolusi 50 MP tengah menjadi pilihan dari produk-produk smartphone yang cukup canggih di pasaran saat ini. (Sumber: Eraspace)

Resolusi kamera 50MP telah menjadi hit besar sejak diluncurkan pada tahun 2020, dengan vendor ponsel cerdas memprioritaskan penggunaan piksel besar (1,0μm ke atas) di atas resolusi kamera 50MP di rentang ponsel cerdas dari kelas menengah hingga kelas atas, karena kemampuannya untuk menghasilkan resolusi gambar berkualitas tinggi dan beresolusi tinggi.

Di sisi lain, kamera sub 0,7μm 50 MP yang lebih terjangkau telah menjadi populer di kalangan model kelas menengah dan kelas bawah. Pada tahun 2022, penjualan smartphone dengan kamera 50 MP diperkirakan akan melebihi 260 juta unit.

Sedangkan resolusi kamera 64 MP di segmen 60 MP ke atas mengalami penurunan karena smartphone kelas menengah ke atas beralih ke kamera beresolusi 50 MP dengan piksel besar.

Baca juga: Daftar Produk Smartphone Incaran Yang Keren Di 2023

Resolusi 100 MP Punya Prospek Menjanjikan

Sebaliknya, pangsa pasar kamera dengan resolusi 100 MP ke atas terus meningkat sejak peluncurannya, meskipun harganya yang tinggi masih membatasi ketersediaannya di segmen menengah dan atas.

Perlu disebutkan bahwa meskipun tren penjualan ponsel cerdas menurun, OEM terus mencari cara baru untuk meningkatkan resolusi kamera mereka, karena pencitraan tetap menjadi area fokus penting bagi pengguna ponsel cerdas.

Meningkatnya adopsi kamera beresolusi tinggi, ditambah dengan kemajuan dalam pemrosesan chipset dan algoritme perangkat lunak, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar ini di tahun-tahun mendatang.

Dalam kemajuan pemrosesan chipset dan algoritma perangkat lunak, vendor seperti smartphone sudah memaksimalkan kamera yang telah ada untuk hasilkan efek seperti kedalaman yang biasa disebut in dept effect, sehingga kebutuhan kamera ini serta kamera makronya akan menjadi terpisah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Samsung terus memperluas jajaran produknya. Sejalan dengan hal tersebut, langkah perusahaan selanjutnya adalah menambah anggota baru di seri F populernya, Galaxy...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru Vivo dengan nama Y38 5G saat ini telah resmi meluncur di Taiwan. Meskipun ponsel ini terdaftar di situs...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Perayaan May Day saat ini sedang berlangsung di Tiongkok. Setelah beberapa waktu lalu merayakan hari libur, ada spekulasi bahwa beberapa smartphone...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Pada bulan lalu, Xiaomi telah merilis produk terbaru ponsel cerdas seri Civi 4 Pro di Negeri Tirai Bambu, China. Perangkat sub-flagship...