Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Qualcomm Hadirkan Snapdragon X!

Qualcomm Snapdragon X_1a
Qualcomm Snapdragon X. (Sumber: Gizchina)

Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan nama baru untuk platform PC ARM generasi berikutnya, Snapdragon. Untuk menjelaskan lebih detail, Snapdragon X merupakan kelanjutan dari Qualcomm Snapdragon 8cx. Mengutip The Verge, chipset Snapdragon baru ini didasarkan pada teknologi CPU Oryon. Oryon merupakan teknologi dari Nuvia, perusahaan yang diakuisisi oleh Qualcomm pada tahun 2021. Selain itu, Nuvia merupakan startup yang didirikan oleh mantan insinyur Apple. Mereka sebelumnya dikenal mengembangkan chip seri A untuk iPhone dan iPad.

Disebut Sebagai Pesaing Chipset Seri M

Melalui situs resmi perusahaan, Don McGuire, Senior Vice President dan Chief Marketing Officer Qualcomm, mengatakan: “Kami memelopori komputasi terhubung dengan memperkenalkan PC berkemampuan 5G pertama di dunia.”

Ia juga menjelaskan bahwa perusahaan telah meluncurkan NPU khusus pertama di dunia untuk pemrosesan kecerdasan buatan (AI) pada laptop. Selain itu, produk ini meningkatkan kinerja baterai lebih lama, bertahan hingga beberapa hari penggunaan dengan sekali pengisian daya.

Snapdragon X Siap Bersaing dengan Prosesor PC Lain

Qualcomm Snapdragon X_2b

Qualcomm Snapdragon X. (Sumber: Reddit)

Kesamaan lain antara chip Snapdragon X dengan chipset M1 dan versi barunya adalah hadirnya NPU yang dirancang untuk pemrosesan AI di perangkat kecil.

Don McGuire, wakil presiden senior di Qualcomm, menyebut hal ini sebagai “lompatan maju dalam kinerja dan efisiensi energi.” Ia mengatakan prosesor ini akan menghadirkan pengalaman era baru AI ke perangkat.

Seperti Snapdragon 8cx sebelumnya, chipset baru ini juga mendukung konektivitas 5G. Sebagai informasi, sejak diperkenalkannya Snapdragon 8cx, Qualcomm sebenarnya sempat mengalami perpecahan. Perangkat dengan akhiran “c” adalah perangkat kelas menengah, sedangkan “cx” untuk perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi.

Sementara itu, perusahaan memutuskan untuk memperkenalkan Snapdragon X untuk membedakan chipset PC tersebut dari kategori produk Snapdragon lainnya.

Snapdragon Juga Akan Mengganti Desain Logonya

Mengutip situsnya, Snapdragon juga berencana memperbarui logonya. Logo dan lencana baru ini secara visual menghidupkan seri Snapdragon X.

Desain baru ini akan diperkenalkan dengan peluncuran platform Snapdragon X. Don McGuire mengungkapkan bahwa logo tersebut akan menampilkan bola api ikonik Snapdragon dengan sentuhan unik.

“Seri Snapdragon X mewakili langkah terbaru kami dalam memperluas kehadiran komputasi cerdas di mana pun. “Kami berharap dapat berbagi lebih banyak informasi tentang bagaimana kami merevolusi PC di Snapdragon Summit,” kata McGuire di situs Qualcomm.

Mengutip GSM Arena, perangkat yang dibekali chip Snapdragon X Series akan hadir dalam beberapa tingkatan, dari prosesor 4 inti hingga prosesor 12 inti.

Baca juga: Pengapalan Chipset Apple Naik, Qualcomm Merosot

Qualcomm Snapdragon G Series

Qualcomm Snapdragon G Series_3c

Qualcomm Snapdragon G Series. (Sumber: Business Insider)

Selain kabar tersebut, Qualcomm juga memberikan kejutan di Gamescom 2023, di mana produsen platform ternama tersebut mengumumkan prosesor khusus untuk platform mobile gaming. Pengumuman platform ini bukanlah hal baru bagi Qualcomm. Sebelumnya, perusahaan bermitra dengan Razer untuk membuat perangkat Razer Edge 5G.

Saat itu, perangkat mobile gaming ini ditenagai chipset Snapdragon G3x Gen 1 yang menawarkan performa tinggi di segmennya. Melanjutkan hal ini, Qualcomm memperbarui jajaran platform game selulernya dengan mengumumkan Snapdragon G1 (chipset untuk streaming dan cloud gaming), G2 (platform all-in-one dengan konektivitas 5G), dan G3 (membantu mengaburkan batasan antara PC, seluler, dan game dasbor).

Kabarnya pengembang perangkat seperti AyaNeo, Huaqin, Inventec, Thundercomm dan lainnya telah bermitra dengan Qualcomm untuk memperkenalkan perangkat mobile gaming yang ditenagai platform Snapdragon G Series.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, Snapdragon dalam menangani dunia game memang sudah dapat dibuktikan dengan baik bahwa Snapdragon itu tangguh.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm telah mengumumkan model terbaru dalam lini Snapdragon X Series untuk laptop. Kali ini perusahaan meluncurkan Snapdragon X Plus. Menurut Qualcomm, Snapdragon...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm resmi meluncurkan chipset Snapdragon 8s Gen 3. Chipset ini disebut-sebut akan menghadirkan kemampuan seri 8 ke lebih banyak smartphone guna menciptakan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...