Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Ponsel Berfitur Kamera Pop Up Yang Masih Worth It di 2023

Kamera Pop Up Ponsel_1a
Kamera Pop Up Ponsel. (Sumber: Cambridge Mechatronics)

Unbox.id – Salah satu tren paling populer dalam desain ponsel adalah kamera pop-up. Dalam keadaan standby, kamera akan tersembunyi di dalam bodi ponsel dan menyembul atau menyembul saat kamera diaktifkan. Ponsel pop up pada kameranya sendiri memiliki dua fungsi, satu fungsi hanya berfungsi sebagai kamera depan atau kamera selfie, dan fungsi lainnya sebagai kamera depan atau belakang. Pengadopsian ponsel dengan kamera pop-up bukan tanpa alasan, karena tren desain smartphone terus beralih ke arah tanpa notch, minim bezel, dan tampilan bezel-less. Terakhir, ponsel dengan kamera yang bisa digerakkan ke atas dan ke bawah menjadi pilihan. Selain pop-up (atas dan bawah), ada lagi penyebutan kamera jenis ini, yaitu kamera flip (Samsung), kamera pan (OPPO), dan lain-lain.

OPPO F11 Pro

OPPO F11 Pro_2b

OPPO F11 Pro. (Sumber: Ayo Semarang)

OPPO F11 Pro dilengkapi dengan kamera atas dan bawah atau kamera menonjol hanya untuk menempatkan kamera depan. Kamera selfie ini telah memiliki resolusi 16MP yang dilengkapi dengan AI Beauty.

Sedangkan kamera ganda belakangnya dipasangi sensor 48MP + 5MP. Sensor 48MP memiliki aperture f/1.79. Sedangkan sensor 5MP berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh yang maksimal. OPPO F11 Pro dibekali layar Full HD 6,53 inci, rasio aspek 19,5:9 dan rasio layar-ke-tubuh hingga 90,9%.

OPPO K3

OPPO K3 merupakan ponsel kamera pop-up yang lebih ditujukan untuk segmen kelas menengah. Sistem pencitraannya menggunakan teknologi Rising Camera untuk kamera depannya. Di mana kamera selfienya dibekali resolusi 16 MP, aperture f/2.0, dan lensa wide 26 mm.

Sedangkan untuk kamera belakangnya hanya ada dua sensor: 16MP (f/1.7, PDAF) + 2MP (sensor kedalaman tipe f/2.4).

Penggunaan kamera pop-up ini memungkinkan layar penuh 6,5 inci tanpa notch dengan resolusi 2340 x 1080 piksel.

Realme X

Realme X akan menjadi ponsel baru Realme pertama yang menggunakan konsep kamera pop-up. Sedangkan untuk sistem sensor kamera depan pop-up pasti akan memudahkan pengambilan foto selfie berkat ketajaman sensor 16MP.

Lalu ada sensor kamera belakang berkualitas dengan sistem lensa ganda 48 MP dan 5 MP. Ditingkatkan lebih lanjut dengan sensor Sony IMX586 yang mampu menangkap detail. Realme X juga dibekali fitur under-display sidik jari dengan layar OLED yang menghadirkan warna tajam dan jernih.

Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro_3c

Vivo V15 Pro. (Sumber: Gizmologi)

Sama seperti Vivo V15, seri Pro ini juga memiliki kamera pop-up dengan resolusi hingga 32MP. Bedanya, Vivo V15 Pro menggunakan 3 kamera utama dengan resolusi lebih tinggi, masing-masing 48MP + 8MP dan 5MP.

Spesifikasi Vivo V15 Pro lainnya adalah layar lebar mirip OLED 6,4 inci. Sensor sidik jari juga terpasang di layar.

Baca juga: Punya Spek Pas, Ini List Ponsel Black Shark Terbaik Sejauh Ini!

Vivo V17 Pro

Vivo V17 Pro merupakan ponsel terbaru Vivo yang juga mengusung konsep kamera pop-up. Di dalam sistem kamera osilasi ini dipasang sensor kamera depan yang masing-masing beresolusi 32 MP + 8 MP.

Sistem kamera pop-up ini dikatakan memiliki umur 10 tahun dan mampu menahan beban 40 kg. Bagian belakangnya memiliki 4 kamera termasuk sensor Sony IMX582 dengan resolusi 48MP + 8MP + 3MP + 2MP.

Sedangkan untuk fitur lainnya, Vivo V17 Pro menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6,44 inci (tanpa notch), ditenagai prosesor Snapdragon 675, RAM 8GB, dan ROM 128GB serta ditenagai baterai besar 4000mAh.

Vivo V15

Spesifikasi Vivo V15 juga menyertakan kamera depan pop-up 32MP. Kemudian untuk kamera belakangnya memiliki konfigurasi sensor dengan resolusi 24MP + 8MP + 5MP. Dari segi tata letak, sensor 24MP memiliki aperture f/1.78, disusul sensor 8MP dengan aperture f/2.2, dan sensor 5MP dengan aperture f/2.4.

Karena itu, layar Vivo V15 memiliki sudut pandang yang luas saat notch dilepas. Ukurannya juga cukup besar yakni 6,53 inci dengan resolusi FullHD+ 2340+1080p.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Unbox.id – Apakah Anda pecinta fotografi dan ingin tahu lebih banyak tentangnya? Maka Anda telah membaca artikel yang tepat, karena Unbox.id akan mengajak Anda...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Salah satu tren terpanas dalam desain ponsel adalah kamera pop-up. Dalam keadaan standby, kamera akan disembunyikan di dalam bodi ponsel dan muncul...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 31 Oktober, 2022  Unbox.id – Sebuah kamera pada saat ini menjadi salah satu hal yang penting di mana cocok untuk digunakan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id – Salah satu fitur utama dalam Samsung Galaxy S22 5G dan S22+ 5G adalah fitur kamera Nightography. Teknologi pengambilan gambar baru ini...