Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Perusahaan Telekomunikasi Telkomsel Hadirkan Layanan Baru

Perusahaan Telkomsel_1a
Perusahaan Telkomsel. (Sumber: Antara News)

Unbox.id – Operator telekomunikasi Telkomsel menawarkan layanan untuk membantu para penyandang tunarungu atau teman-temannya di beberapa lokasi GraPARI mereka. Setidaknya pada awalnya sudah ada 19 situs GraPARI di Indonesia yang siap memenuhi kebutuhan teman-teman tunarungu. Untuk wilayah Lampung, GraPARI Kotabumi, GraPARI Wolter Monginsidi, GraPARI Kalianda sudah menyediakan layanan ini. Lalu ada GraPARI TelkomGroup Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung, GraPARI Telkom Group Palembang (Sumatera Selatan) dan GraPARI TelkomGroup Medan (Sumatera Utara). Untuk Pulau Jawa ada GraPARI Ciputat (Banten), GraPARI Serang (Banten), GraPARI Summarecon Mall (Banten), GraPARI BSD (Banten), GraPARI ITC Depok (Jawa Barat),  GraPARI Mall Kota Kasablanka (DKI Jakarta), GraPARI Bintaro Xchange (DKI Jakarta), GraPARI Cijantung (DKI Jakarta), GraPARI Boyolali (Jawa Tengah) et GraPARI Probolinggo (Java Timur).

Penyediaan Layanan Khusus

Telkomsel kemudian juga menyediakan layanan ini GraPARI Renon Denpasar (Bali), GraPARI Tarakan (Kalimantan Timur) dan GraPARI Plasa Maros (Sulawesi Selatan).

Operator publik juga mengatakan akan memperluas inisiatif ini, menyediakan titik layanan pelanggan yang lebih inklusif dan ramah pengguna bagi penyandang tunarungu dan penyandang disabilitas.

Sales Manager Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, data Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menunjukkan sekitar 22,97 juta atau sekitar 8,5% penduduk Indonesia merupakan Penyandang Disabilitas.

“Hal ini semakin mempertegas pentingnya komitmen seluruh sektor di tanah air untuk memberikan akses yang layak bagi penyandang disabilitas,” kata Sigit dalam siaran persnya. Menurut Sigit, pemberian layanan khusus bagi teman tuna rungu di Telkomsel juga dilaksanakan dalam rangka perayaan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang diperingati setiap tanggal 23 September.

Gandeng Silang.id

Sementara itu, Telkomsel menggandeng startup Silang.id untuk menciptakan ekosistem inklusif bagi teman-teman tunarungu, dengan menawarkan pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) bagi petugas layanan.

Mereka mendapat pelajaran dari para pendidik profesional, tidak hanya materi bahasa isyarat tetapi juga budaya tuna rungu, ekspresi gerak tubuh, dan filosofi gerakan bahasa isyarat. Melalui pelatihan ini, para agen layanan mendapatkan keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat yang dapat memudahkan teman-teman tunarungu dalam berinteraksi dengan agen GraPARI.

Selain agen GraPARI, layanan pelanggan juga akan dilengkapi dengan infrastruktur khusus untuk teman-teman tuna rungu sehingga membantu memberikan informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses.

Pelanggan tunarungu juga dapat mengakses GraPARI untuk memenuhi berbagai kebutuhan layanan Telkomsel. Sigit mengatakan hadirnya inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan khususnya pelanggan SMS dalam berkomunikasi.

Inisiatif ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan inklusivitas di sektor telekomunikasi Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Awards 2023 Menjadi Ajang Untuk Talenta Kreatif

Telkomsel Belum Ada Rencana Matikan 2G

Perusahaan Telkomsel_2b

Perusahaan Telkomsel. (Sumber: Ekonomi Bisnis)

Di sisi lain, Telkomsel sebelumnya telah mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menghentikan 2G, meski sudah menghentikan 3G.

Kita tahu bahwa operator sedang mempertimbangkan untuk menghentikan jaringan 2G secara bertahap, seperti XL Axiata. Meski demikian, proses penghentian jaringan 2G XL Axiata tidak akan dilakukan secara terburu-buru melainkan akan disesuaikan dengan perkembangan industri dan kepentingan pelanggan.

Vice President Corporate Communication Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan Telkomsel akan selalu mempertimbangkan data pelanggan sebelum mengambil langkah meninggalkan teknologi.

Saki menjelaskan, pada lokasi yang menaranya didukung teknologi 2G, sedangkan perangkat pelanggan di sekitar menara sudah mendukung layanan VoLTE (voice over LTE), maka layanan 2G di area tersebut dapat dihentikan untuk diubah menjadi LTE. Namun jika perangkat pelanggan di sekitar menara tidak mendukung VoLTE, layanan telekomunikasi seluler ini tidak bisa dihilangkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagia sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM sendiri merupakan layanan...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Telkomsel menyelenggarakan program akselerator startup Tinc Batch 9 bekerja sama dengan perusahaan modal ventura terkemuka AppWorks. Pendaftaran program ini telah dibuka sejak...