Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Penyebab Baterai Smartphone Boros Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Baterai Smartphone Boros Dan Cara Mengatasinya (sumber: maketecheasier.com)
Penyebab Baterai Smartphone Boros Dan Cara Mengatasinya (sumber: maketecheasier.com)

Jakarta, Unbox.id – Memiliki baterai awet tentunya menjadi idaman para pengguna smartphone. Diketahui, kita pastinya hampir setiap waktu sulit untuk bisa lepas dari smartphone. Mulai dari urusan pekerjaan, media sosial, streaming, bermain game, hingga membuat konten.

Banyak cara yang bisa dilakukan demi menjaga baterai smartphone agar dapat awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Sebagai pengguna smartphone, pastinya Anda pernah mengalami ponsel Anda menjadi boros dan cepat habis. Padahal sebelumnya kondisi baterai irit. Hal ini dapat berlaku untuk semua merk smartphone.

Baca juga: Kamera HP Tak Maksimal? Gunakan Aplikasi Ini Dijamin Hasil Super Oke

Berikut adalah beberapa penyebab baterai smartphone menjadi boros.

Sinyal buruk

Sinyal buruk (sumber: forrent.com)

Sinyal buruk (sumber: forrent.com)

Penyebab baterai cepat habis pertama yaitu karena sinyal buruk. Kondisi ini ternyata dapat membuat smartphone Anda terus bekerja keras untuk mencari pemancar sinyal terdekat. Bila memang Anda berada di daerah yang susah sinyal, sebaiknya Anda mematikan mobile data.

Akses GPS berjalan

Akses GPS berjalan (sumber: noobie.com)

Akses GPS berjalan (sumber: noobie.com)

Ada beberapa aplikasi yang meminta izin pengguna untuk mengaktifkan lokasi saat mulai menggunakannya. Nyatanya ini justru dapat membuat baterai smartphone Anda bekerja keras untuk memancarkan sinyal di lokasi Anda berada.

Sinkronisasi menyala

Sinkronisasi menyala (sumber: tipard.com)

Sinkronisasi menyala (sumber: tipard.com)

Fitur ini sebenarnya tak hanya dapat membuat baterai Anda boros, namun juga dapat membuat kuota Anda menjadi cepat habis. Walaupun sebenarnya fitur ini penting karena data Anda akan otomatis terbackup dengan menguploadnya ke Google Drive. Namun alangkah baiknya kita bisa melakukannya secara manual misalnya menyalakan hanya seminggu sekali.

Baterai rusak

Baterai rusak (sumber: cnet.com)

Baterai rusak (sumber: cnet.com)

Alasan terakhir tentunya dikarenakan kondisi baterai itu sendiri yang telah mengalami kerusakan baik akibat penggunaan maupun umur baterai yang memang sudah waktunya untuk diganti.

Lalu bagaimana cara menjaga agar baterai awet dan tahan lama? Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

Nyalakan Power Saving Mode

Nyalakan Power Saving Mode (sumber: androidauthority.com)

Nyalakan Power Saving Mode (sumber: androidauthority.com)

Saat ini hampir semua smartphone sudah terdapat fitur untuk bisa menghemat daya tahan baterai yakni dengan menyalakan fitur Power Saving Mode. Untuk pengguna iPhone, Anda bisa menggunakan Low Power Mode.

Mode ini membuat semua fungsi smartphone yang mengkonsumsi baterai dibatasi, mulai dari kecerahan layar, WiFi, koneksi data, hingga GPS.

Kurangi aplikasi yang jarang digunakan

Kurangi aplikasi yang jarang digunakan (sumber: makeuseofimages.com)

Kurangi aplikasi yang jarang digunakan (sumber: makeuseofimages.com)

Saat ini terdapat ribuan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis baik di Play Store maupun di App Store. Namun pastikan Anda tetap harus melihat kebutuhan, jangan sampai Anda menginstal banyak aplikasi namun tanpa keperluan dan jarang digunakan.

Dengan banyaknya aplikasi yang terinstal di smartphone Anda, tentu hal itu dapat memakan ruang penyimpanan dan RAM yang akhirnya berimbas pada baterai smartphone Anda.

Batasi penggunaan aplikasi

Batasi penggunaan aplikasi (sumber: androidauthority.com)

Batasi penggunaan aplikasi (sumber: androidauthority.com)

Jika smartphone Anda mempunyai banyak aplikasi yang aktif secara bersamaan, itu juga dapat menjadi salah satu penyebab baterai smartphone Anda cepat habis.

Baca juga: 5 Cara Yang Bisa Dilakukan Saat Memori Internal HP Yang Penuh

Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang paling sering Anda gunakan dan memiliki penggunaan baterai yang tinggi yakni dengan mengeceknya melalaui pengaturan baterai di smartphone Anda.

Matikan fitur Auto Brightness

Matikan fitur Auto Brightness (sumber: macworld.co.uk)

Matikan fitur Auto Brightness (sumber: macworld.co.uk)

Fitur Auto Brightness sebenarnya juga menjadi salah satu penyebab baterai smartphone menjadi cepat habis. Walaupun memang fitur ini memudahkan Anda untuk melihat layar secara nyaman tanpa perlu mengaturnya di berbagai kondisi cahaya. Anda dapat menonaktifkan fitur ini dan mengatur kecerahan layar secara manual agar Anda bisa lebih menghemat baterai.

Jangan gunakan Live Wallpaper

Jangan gunakan Live Wallpaper (sumber: smartprix.com)

Jangan gunakan Live Wallpaper (sumber: smartprix.com)

Jika Anda sering memasasng live wallpaper pada smartphone Anda, mungkin sebaiknya Anda harus menggantinya dari sekarang. Memang live wallpaper dapat membuat tampilan smartphone menjadi lebih menarik dan keren, namun hal itu sangat berimbas pada daya tahan baterai smartphone Anda.

Nyalakan Dark Mode

Nyalakan Dark Mode (sumber: techadvisor.com)

Nyalakan Dark Mode (sumber: techadvisor.com)

Hampir semua smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur Dark Mode. Selain berguna untuk mengurangi kecerahan saat membaca di smartphone, fitur ini juga mampu menghemat daya atau konsumsi baterai smartphone Anda.

Menggunakan charger asli

Menggunakan charger asli (sumber: smarttechtip.com)

Menggunakan charger asli (sumber: smarttechtip.com)

Menggunakan charger original nyatanya sangat berpengaruh besar pada umur dan ketahanan baterai. Jika Anda sering menggunakan charger yang bukan bawaan dari smartphone Anda, sebaiknya mulai sekarang Anda hindari karena setiap charger juga memiliki spesifikasi yang berbeda.

Matikan Location Service

Matikan Location Service (sumber: cnet.com)

Matikan Location Service (sumber: cnet.com)

Fitur lokasi mungkin menjadi penyebab yang cukup signifikan pada baterai Anda. Hal itu dikarenakan fitur tersebut berjalan di background dan terus tersambung ke internet.  Jadi Anda dapat menonaktifkan fitur ini dan hanya mengaktifkannya ketika memang digunakan, seperti misalnya Anda ingin mencari tempat menggunakan Google Maps dan sebagainya.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: maketecheasier.com, cnet.com, smarttechtip.com, techadvisor.com, smartprix.com, macworld.co.uk, androidauthority.com, makeuseofimages.com, tipard.com, noobie.com, forrent.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...