Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Nonton Film di TV Dengan Flashdisk? Bisa!

Nonton TV Dengan Flashdisk_1a
Nonton TV Dengan Flashdisk. (Sumber: Fimela)

Unbox.id – Kemajuan teknologi memungkinkan kita mengakses berbagai jenis hiburan dengan mudah dan murah. Tiga atau empat dekade yang lalu, pemutar video sangat populer sebagai alat menonton televisi dari kaset video format VHS dan cakram laser. Dua puluh tahun yang lalu, format VCD dan DVD populer menggantikan VHS dan LD. VCD dan DVD menampilkan gambar yang lebih indah dan jernih dibanding dua format sebelumnya. Sementara itu, selama sekitar satu dekade terakhir, format film digital sejauh ini merupakan yang paling populer. Yang disebut format film digital adalah film yang dapat diunduh dari Internet dan diputar atau disimpan di flash disk untuk ditonton nanti.

Cara Nonton atau Memutar Film di TV Menggunakan Flashdisk

Nonton Film di TV dengan Flashdisk_2b

Nonton Film di TV dengan Flashdisk. (Sumber: Pricebook)

Untuk menikmati film favorit Anda di TV, menggunakan USB sangatlah mudah. Hanya diperlukan beberapa langkah sederhana untuk menyesuaikan pengaturan di TV.

  • Colokkan flashdisk pada port usb di TV.
  • Di remote control TV pilih INPUT (berisi pengaturan koneksi yang digunakan, seperti HDMI, USB dan lainnya).
  • Kemudian Pilih USB.
  • Pilih file film yang ingin ditonton.
  • Selesai.

Namun, sebelum Anda dapat memutar film di TV melalui flash player, Anda perlu mengingat beberapa faktor. Misalnya, pastikan TV Anda memiliki port USB dan periksa format video TV yang didukung oleh TV tersebut.

Untuk memutar film yang telah diunduh dan disimpan di flash drive, Anda memerlukan TV yang mampu memutar film menggunakan drive USB.

Perhatikan bahwa tidak semua TV menawarkan kemampuan ini, bahkan TV LED terbaru tidak memiliki port USB. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara khusus. Setelah memastikan TV Anda memiliki port USB, langkah selanjutnya adalah memastikan port tersebut dapat digunakan untuk memutar file video atau film.

Karena ada TV yang memiliki port USB yang hanya digunakan untuk memperbaiki atau memperbarui sistem TV. Atau di TV juga terdapat port USB yang bisa digunakan untuk menonton dari flashdisk setelah mengaktifkan opsi di menu layanan. Oleh karena itu, saat membeli, pastikan untuk menguji port USB untuk melihat apakah dapat memutar film dengan baik dari flash drive dan hard drive eksternal.

Kenapa Video dari Flashdisk Tidak Bisa Diputar

Setelah mengunduh video dari Internet atau menyalin film dari komputer teman, Anda frustrasi karena tidak dapat memutar film di TV. Ada beberapa kemungkinan penyebab kesalahan pemutaran film dari flash drive dan hard drive eksternal. Yang pertama adalah file yang rusak atau “corrupt”.

File corrupt ini bisa disebabkan karena download yang tidak sempurna (incomplete download) atau bisa juga karena kesalahan saat menyalin movie dari komputer ke flashdisk.

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan melepas flash drive dari komputer saat proses penyalinan belum selesai. Selain itu, melepas flash drive tanpa “melepas” port USB juga dapat merusak file yang disalin.

Oleh karena itu, pastikan file tersebut diunduh dengan sempurna dan pastikan flash dihapus setelah “melepas” drive USB dari komputer.

Baca juga: Jarak Aman Nonton TV Untuk Kesehatan Mata Anda

Tidak Semua Jenis Format Didukung Oleh TV

Nonton Film di TV Dengan Flashdisk_3c

Nonton Film di TV Dengan Flashdisk. (Sumber: Ayo Bandung)

Disebutkan bahwa tidak semua jenis format didukung oleh TV untuk pemutaran USB. Pastikan file video yang disimpan di flash drive dan hard drive eksternal adalah yang disebutkan di atas atau yang direkam di manual TV Anda.

Ketiga adalah error pada flashdisk anda. Terkadang video yang disimpan di TV tidak dapat diputar meskipun sudah memiliki format yang didukung oleh TV. Ini mungkin karena flash drive tidak didukung oleh port USB TV karena memiliki format drive yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa jika memformat flash drive tidak didukung, file di dalamnya juga tidak akan ditampilkan. Untuk memperbaikinya, pertama-tama format drive USB atau hard drive eksternal Anda ke FAT, FAT32 atau NTFS, lalu salin lagi file video Anda.

Nama file yang terlalu panjang juga dapat mencegah file diputar di TV karena nama file yang panjang tidak dapat ditampilkan dengan benar. Untuk memperbaikinya, ubah nama file atau “ganti nama” file menjadi nama yang lebih pendek.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Menonton televisi merupakan kegiatan santai yang sangat menyenangkan, apalagi bila Anda membutuhkan hiburan segera untuk mengalihkan perhatian Anda dari kerja keras. Namun,...