Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Negara Ini Blokir Tiktok Karena Masalah Keamanan Data Pribadi

Banned TikTok_1
Beberapa negara telah lakukan blokir TikTok di negaranya. (Sumber: Teknologi ID)

Unbox.id – Jejaring sosial kini menjadi layanan penting bagi pengguna internet. TikTok adalah salah satunya. Aplikasi berbagi video pendek milik ByteDance ini sangat populer di kalangan remaja di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat.

Sayangnya di AS, TikTok tidak bisa berkutik. Aplikasi tersebut telah menerima kritik dari senator dan politisi AS karena dianggap mengirim data pribadi pengguna ke negeri Tiongkok. Baru-baru ini, TikTok diancam dengan larangan di AS.

TikTok juga akan terblokir di semua perangkat milik pemerintah Kanada. Baru-baru ini, anggota parlemen Inggris Alicia Kerns memperingatkan warga Inggris agar tidak menggunakan TikTok. Kerns mengatakan aplikasi buatan pengembang negeri Tiongkok itu mengungkap data pribadi pengguna.

Amerika Serikat

USA blocked Tiktok_1a

Amerika Serikat jadi salah satu negara yang lakukan blokir TikTok karena masalah keamanan. (Sumber: Search Engine Journal)

Pemerintah AS telah mengungkapkan bahwa mereka telah memerintahkan semua pegawai federal untuk menghapus TikTok dari semua smartphone yang dikeluarkan pemerintah. Laporan ini diterbitkan pada tanggal 28 Februari dan menjelaskan bahwa langkah-langkah telah diambil untuk melindungi dan melindungi data rahasia.

Sementara itu, juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok mengkritik langkah tersebut, dengan mengatakan: “Kami dengan tegas menentang keputusan yang salah.” Negeri Tiongkok juga menyebutkan bahwa pemerintah AS harus berpegang pada prinsip ekonomi pasar dan persaingan yang sehat.

“Cegah tekanan perusahaan dan berikan lingkungan yang terbuka, adil, dan tidak diskriminatif untuk bisnis asing di Amerika Serikat. Takut akan popularitas anak muda seperti itu,” tambah pemerintah negeri Tiongkok ketika TikTok diblokir oleh AS.

Baca juga: Bos Apple Dan Google Diminta Hapus TikTok, Ada Apa?

Kanada

Kanada, sebagai negara yang memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat, juga telah mengambil langkah untuk melarang TikTok dari semua smartphone dan perangkat yang dikeluarkan pemerintah.

Sementara itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau keluar untuk menjelaskan alasan di balik larangan tersebut. “Saya menduga ketika pemerintah membuat keputusan penting untuk memberi tahu semua pegawai negeri bahwa mereka tidak dapat lagi menggunakan TikTok di telepon pintar untuk bekerja, banyak orang Kanada, dari bisnis hingga individu, akan memikirkan keamanan data mereka sendiri dan dapat melakukannya. sebuah pilihan,” kata Trudeau.

Dia melangkah lebih jauh dengan menambahkan, “Saya selalu senang memberi orang Kanada informasi yang mereka butuhkan untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

Eropa

Europe Tiktok_1

Uni Eropa jadi salah satu negara yang turut blokir TikTok pada saat ini. (Sumber: Euronews)

Sekadar informasi, kegemaran pelarangan di Uni Eropa pertama kali dimulai dengan Uni Eropa dan Dewan Uni Eropa. Sementara itu, TikTok telah dilarang di smartphone karyawan sebagai langkah keamanan siber.

Menyusul tindakan tersebut, Parlemen Eropa juga mengungkapkan pada hari Selasa bahwa mereka akan mengambil tindakan serupa. Larangan kali ini tidak hanya berlaku untuk perangkat yang dikeluarkan pemerintah (untuk pegawai negeri). Karyawan kongres juga dilarang memasang TikTok di ponsel pintar pribadi mereka yang ditautkan ke akun email kongres.

Baca juga: Perguruan Tinggi Di Amerika Serikat Blokir Platform TikTok

Taiwan

Larangan Taiwan terhadap TikTok terjadi pada tahun 2022, ketika pemerintah Taiwan melarang semua perangkat sektor pemerintah untuk menggunakan aplikasi tersebut. Larangan ini diberlakukan karena pemerintah Taiwan mencurigai pemerintah China melakukan perang persepsi terhadap Taiwan.

Beberapa negara lainnya meliputi Pakistan, Afganistan, dan Iran yang juga memblokir Tiktok. Jadi bagaimana menurut Anda?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Pada konferensi I/O kali ini, Google telah meluncurkan fitur baru untuk Circle to Search. Fitur yang dapat membantu siswa untuk mengerjakan...

Huawei

Unbox.id – Huawei kabarnya akan merilis Gopaint, sebuah aplikasi melukis yang dikembangkan oleh Huawei untuk tablet. Merujuk pada akun resmi Huawei, Gopaint akan segera...

Huawei

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...