Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Mozilla Akan Hadirkan Fitur Terjemahan Offline

Mozilla Akan Hadirkan Fitur Terjemahan Offline (sumber: pcmag.com)
Mozilla Akan Hadirkan Fitur Terjemahan Offline (sumber: pcmag.com)

Jakarta, Unbox.id – Alat penerjemahan saat ini menjadi salah satu fitur yang banyak dicari dan digunakan oleh pengguna internet. Sudah banyak perusahaan teknologi yang menyediakan fitur maupun aplikasi untuk menerjemah berbagai bahasa seperti misalnya dari Google yakni Google Translate, dan Bing Translator dari Microsoft.

Tak mau ketinggalan dengan yang lainnya, Mozilla diketahui juga tengah menguji alat penerjemahan untuk browser mereka yakni Firefox. Alat penerjemahan ini diklaim natninya mampu digunakan meski pengguna sedang dalam keadaan tidak terkoneksi dengan internet atau mode offline.

Alat penerjemah yang disebut dengan Firefox Translations ini merupakan hasil kerja sama Mozilla dengan Project Bergamot yang didanai oleh Uni Eropa. Kerja sama ini juga melibatkan banyak pihak seperti Universitas Edinburgh, Universitas Charles, Universitas Sheffield, dan Universitas Tartu. Tujuan mereka yakni untuk mengembangkan alat penerjemah yang mampu bekerja dalam keadaan mode offline.

Baca juga: Google Rilis Android 13 Versi Beta 2, Simak Fitur Barunya

Dalam prosesnya, alat ini nantinya tidak akan bergantung pada pemrosesan cloud namun proses penerjemahannya dilakukan pada komputer pengguna. Firefox Translations juga perlu mengunduh beberapa data ketika pertama kali digunakan pada browser untuk dapat digunakan secara offline. Selain itu, alat penerjemah besutan Mozilla ini juga akan mengunduh beberapa pembaruan yang diperlukan ketika penggunaan.

Meski dapat mengurangi ketergantungan pada penyedia layanan cloud, saat ini alat penerjemah ini hanya dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa Inggris dan 12 bahasa lainnya. Bahasa tersebut yakni di antaranya Spanyol, Bulgaria, Ceko, Estonia, Jerman, Islandia, Italia, Bokmal Norwegia, Bokmal Nynorsk, Persia, Portugis, dan Rusia.

Firefox Translation (sumber: techcrunch.com)

Firefox Translations (sumber: techcrunch.com)

Saat ini Mozilla dan mitranya dalam proyek tersebut masih berupaya untuk menambahkan berbagai dukungan bahasa. Fitur terjemah Firefox Translations ini saat ini masih dalam tahap percobaan dan belum dirilis secara global oleh pihak Mozilla.

Seperti yang kita ketahui dalam perkembangannya, Mozilla Firefox pernah menjadi salah satu aplikasi browser yang paling banyak digunakan. Tentu ada berbagai alasan mengapa pengguna lebih memilih Firefox sebagai browser utama mereka, salah satunya yakni dukungan di berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, macOS, hingga Linux. Tak hanya itu saja, browser ini bahkan juga tersedia untuk platform Android dan juga iOS.

Selain itu, Mozilla Firefox juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti adanya fitur ekstensi, private browsing, hingga Ad-blocker.

Ekstensi        

Ekstensi pada Firefox (sumber: accessfirefo.org)

Ekstensi pada Firefox (sumber: accessfirefox.org)

Fitur ekstensi dalam Mozilla Firefox ini memungkinkan pengguna untuk dapat menambahkan tools baru ke browser atau mengubah cara browser melakukan sesuatu. Misalnya dengan ekstensi uBlock Origin, dimana dapat memblokir iklan pada situ tertentu dengan efisien. Terdapat juga ekstensi lainnya seperti Video Downloader dan sebagainya.

Private Browsing

Private Browsing pada Firefox (sumber: mozilla.org)

Private Browsing pada Firefox (sumber: mozilla.org)

Sesuai dengan namanya, fitur ini umumnya digunakan untuk mengakses situs tertentu secara diam-diam atau kata lain data Anda tidak akan terekam. Hal ini tentu bermanfaat ketika pengguna hendak menjelajahi situs di perangkat umum, karena dengan fitur ini informasi yang Anda cari akan terhapus secara otomatis seperti misalnya kata sandi, cookie, dan riwayat browsing Anda. Dengan begitu, pengguna tidak meninggalkan jejak data pada perangkat, dan tentunya akan lebih aman.

Baca juga: 4 Rekomendasi Android TV Box Terbaik

Ad Blocker

Ad Blocker (sumber: ghacks.net)

Ad Blocker (sumber: ghacks.net)

Tentu Anda sering menemukan iklan ketika sedang mencari informasi di internet. Hal ini tentu seringkali dapat mengganggu aktivitas kita dalam berselancar di internet. Melihat permasalahan tersebut, terdapat solusi alternatif yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan iklan yakni dengan mengaktifkan AdBlocker. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pemblokiran iklan secara efesien.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techcrunch.com, pcmag.com, accessfirefox.org, mozilla.org, ghacks.net

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Microsoft tengah berupaya keras untuk meningkatkan popularitas Edge, akan tetapi juga mengatakan bahwa keberhasilan tersebut mungkin tidak sepenuhnya akurat.  Menurut data...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Peramban internet milik perusahaan teknologi digital asal Korea Selatan, yakni Samsung Internet telah tersedia untuk perangkat desktop Windows. Pengguna dapat mengunduhnya...

Tech Industry

Unbox.id – Beberapa orang yang menggunakan beberapa browser, seperti Firefox, mengeluh bahwa YouTube memperlambat situs mereka di browser tersebut. Hal ini tampaknya terkait dengan...