Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Microsoft Uji Coba Mode Hemat Energi di Windows 11

Windows 11_2b
Windows 11. (Sumber: Tech Inspiring)

Unbox.id – Microsoft telah menambahkan mode hemat daya ke Windows 11 Insiders (Build 26002) yang dapat meningkatkan penghematan baterai. Mengutip The Verge, mode baru Windows 11 ini tidak hanya berlaku pada laptop seperti penghemat baterai saja, namun juga pada komputer desktop jika pengguna ingin menghemat daya.

Mode Penghemat Energi

Keamanan Windows 11_1a

Keamanan Windows 11. (Sumber: The Hans India)

Dari segi cara kerjanya, mode hemat daya ini hampir sama dengan mode hemat baterai. Untuk menggunakan mode ini, pengguna akan diminta untuk mengurangi beberapa kinerja sistem.

Untuk mengaktifkan mode hemat daya ini, pengguna Windows 11 dapat membuka menu Quick Settings. Alternatifnya, pengguna juga dapat melakukannya dari menu Pengaturan dengan membuka menu Sistem > Daya > Penghemat Energi.

Pengguna kemudian cukup mengaktifkan fitur tersebut atau memilih untuk mengaktifkannya secara otomatis setiap kali perangkat mencapai persentase baterai tertentu.

Namun jika mode baru ini tidak tersedia, pengguna dapat menggunakan mode hemat baterai yang tersedia. Pengguna juga dapat mengoptimalkan konsumsi energi melalui fungsi rekomendasi sistem energi.

Fitur rekomendasi ini kemudian akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan tertentu untuk menghemat baterai, seperti mengatur kecerahan layar. Selain menguji mode hemat baterai ini, Microsoft juga menguji tombol refresh untuk Wifi di Windows 11.

Uji Tombol Refresh Untuk Wifi di Windows 11

Microsoft merilis versi terbaru Windows 11 Canary pada 15 November 2023. Versi terbaru ini menghadirkan tombol penyegaran Wifi yang memungkinkan pengguna memuat ulang daftar jaringan yang tersedia.

Ini akan menjadi solusi mudah bagi pengguna yang menghadapi jaringan masalah konektivitas. Microsoft merilis versi terbaru Windows 11 Canary pada 15 November 2023. Versi terbaru ini menghadirkan Refresh Wifi yang memungkinkan pengguna memuat ulang daftar jaringan yang tersedia.

Ini akan menjadi solusi sederhana bagi pengguna yang mengalami masalah konektivitas jaringan. Kutipan dari Neowin, tombol penyegaran Wifi ditemukan oleh @PhantomOfEarth di X (Twitter). Dikatakan bahwa tombol tersebut akan muncul di bagian bawah dropdown jaringan, di samping tautan “Pengaturan Wifi Lainnya”.

Brandon LeBlanc, manajer program senior di tim Windows Insider, mengonfirmasi bahwa Pengembang sedang berupaya untuk menyegarkan Wifi tombol. untuk versi Windows berikutnya. Namun, implementasinya di build 25997 belum selesai.

Menurut Brandon, tombol “memiliki sedikit fungsi” tetapi juga memerlukan perubahan lain yang akan datang dalam pembaruan di masa mendatang. Itu sebabnya Microsoft tidak memasukkannya ke dalam catatan rilis Canary terbaru.

Baca juga: Microsoft Mulai Uji Coba Copilot Di Windows 10

Copilot di Windows 10

Microsoft Windows 11_2b

Microsoft Windows 11. (Sumber: Global Village Space)

Sedangkan untuk Windows 10, Microsoft baru saja memperkenalkan Copilot di Windows untuk Windows 10 versi 22H2 pada minggu lalu dan mulai memperluas pengujian. Dikutip Gadgets Now, Minggu (26 November 2023), pengguna Windows 10 kini bisa mencoba pratinjau Copilot yang sebelumnya hanya tersedia di Windows 11.

Cpilot di Windows 10 dikatakan menyerupai tampilan Windows 11. Terdapat tombol di sisi kanan taskbar yang memungkinkan pengguna mengakses chatbot AI (kecerdasan buatan). Namun, terdapat beberapa perbedaan fungsional. Beberapa keterampilan atau tindakan Copilot untuk Windows 11 tidak tersedia di Windows 10.

Versi pratinjau Copilot di Windows 10 diperkirakan akan dirilis secara global secara bertahap di berbagai pasar, termasuk Amerika Utara, sebagian Asia, dan Selatan Amerika. Dijelaskan bahwa Microsoft Copilot akan tersedia untuk edisi Windows 10 Home dan Pro. Pengguna Windows 10 yang ingin mencoba Copilot di versi 22H2 dapat mengaksesnya melalui saluran Release Preview program Windows Insider for Business.

Sebelumnya, Microsoft memutuskan untuk mengganti nama Bing Chat menjadi Copilot. Hal ini dilakukan agar mampu bersaing lebih baik dengan ChatGPT. Perubahan ini terjadi setelah Microsoft mencoba menghadirkan Bing Chat ke mesin pencari Bing, dengan antarmuka chat mirip ChatGPT.

Microsoft meluncurkan inovasi besar dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) awal tahun ini dengan Bing Chat, namun kini mereka ingin mengaitkan produknya dengan Copilot, meski Bing Chat bahkan belum genap setahun.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft akan terus mendorong penggunaan Copilot, termasuk bagi pengguna PC atau laptop. Oleh karena itu, Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk membantu pengguna...

Software

Unbox.id – Microsoft berencana untuk menawarkan pembaruan keamanan yang diperluas kepada pelanggan komersial Windows 10 ketika sistem operasi mencapai akhir masa pakainya pada akhir...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Para pengguna komputer atau laptop dengan OS Windows mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menguji dan menyesuaikan sistem audio? Artikel ini akan membantu...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Artikel ini menjelaskan dua cara untuk menginstal Samsung Notes di Windows. Ini berfungsi pada Windows 11 dan Windows 10, tetapi hanya...