Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Meta Akan Rombak Antarmuka WhatsApp Channel

WhatsApp Channel_1a
WhatsApp Channel. (Sumber: Pune News)

Unbox.id – Meta, perusahaan induk WhatsApp, semakin banyak meluncurkan fitur-fitur baru untuk layanan aplikasi pesan singkatnya. Sebelumnya, fitur baru WhatsApp yang diperkenalkan adalah kemampuan pengguna untuk mengirim status foto dan video HD. Kini, Meta sepertinya memodifikasi antarmuka WhatsApp ketika pengguna membagikan status saluran di halaman statusnya. Informasi tersebut terungkap melalui WhatsApp untuk Android beta (v.2.24.1.6), seperti dikutip WABetaInfo. Sayangnya, fitur WhatsApp ini hanya tersedia untuk beberapa penguji beta dan akan diluncurkan ke pengguna di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang.

WhatsApp Versi V.2.24.1.64

WhatsApp Channel_2b

WhatsApp Channel. (Sumber: CNET)

Seperti terlihat pada gambar di atas, pengguna yang telah menerima pembaruan WhatsApp v.2.24.1.6 dapat melihat tampilan baru pada aplikasi tersebut. Terlihat Meta telah melakukan tweak pada user interface (UI) WhatsApp sehingga pengguna dapat melihat update channel WhatsApp melalui update status orang lain.

Secara khusus, WhatsApp akan membuat layar khusus untuk update channel dengan tujuan memberikan informasi yang lebih jelas. informasi tentang konten saat pengguna mempostingnya. Status mereka.

Tim WBetaInfo mengklaim bahwa antarmuka yang diperbarui menawarkan tata letak yang intuitif. “Memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan mengakses pembaruan saluran bersama dengan lebih mudah,” katanya.

Mereka mengatakan antarmukanya mirip dengan tata letak gaya Instagram di mana pengguna berbagi postingan dalam format cerita Instagram.

WhatsApp Ubah Ikon Kamera dan Pensil

WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu perkembangan terkini adalah pengenalan Saluran, yang kini dikelompokkan dengan Pembaruan Status dalam tab Pembaruan khusus.

Untuk memudahkan pengguna membuat status, WABetaInfo mencatat bahwa WhatsApp sedang menguji desain ulang lainnya di mana ikon pensil dan kamera dapat dipindahkan ke menu tiga titik di sudut kanan atas.

Desain baru ini adalah bertujuan untuk membantu pengguna menjangkau tombol-tombol penting dengan lebih mudah, terutama bagi mereka yang sering mendownload status WA. Meskipun perubahan ini mungkin nyaman bagi sebagian pengguna, WhatsApp juga mencoba cara lain untuk mengakses tombol foto dan teks/suara di pembaruan status WA.

Untuk saat ini, Tombol Tindakan Tombol mengambang (FAB) di bagian bawah layar terkadang sulit dijangkau dan terasa canggung.

Baca juga: WhatsApp Ubah Ikon Kamera Dan Pensil

Fitur Baru WhatsApp Channels

WhatsApp Channel_3c

WhatsApp Channel. (Sumber: Tech Update News)

Oleh karena itu, menempatkan tombol di tempat lain, seperti di sebelah header Status, dapat menghindari masalah. Kini, muncul dua ikon baru tepat di samping judul Status WhatsApp, menggantikan FAB yang sebelumnya digunakan.

Seperti dikutip dari Android Police, kehadiran Channel yang dipadukan dengan status bar dapat menyebabkan konflik dengan fungsi tersebut, terutama dalam hal desain antarmuka. Oleh karena itu, pada versi beta terbaru untuk Android, WhatsApp juga memperkenalkan peningkatan yang bertujuan untuk membuat penggunaan fitur Channels menjadi lebih efisien.

Harap diperhatikan bahwa perubahan ini masih dalam versi beta dan belum diketahui kapan akan diluncurkan ke versi stabil aplikasi WhatsApp.

Di sisi lain, platform perpesanan Meta baru saja mengumumkan fitur baru di aplikasinya, yaitu kemampuan untuk menyematkan pesan. Dengan pesan yang disematkan, pengguna aplikasi WhatsApp akan dapat dengan mudah menandai percakapan yang lebih penting dalam obrolan grup atau individu.

Tidak hanya teks, pengguna juga dapat menyematkan pesan jenis pesan lain seperti polling, gambar, emoji, dan lain-lain. Semuanya tetap terenkripsi ujung ke ujung. “Ini menghemat waktu pengguna untuk menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah,” tulis platform Meta dalam keterangan tertulisnya.

Seperti itulah kira-kira update WhatsApp terbaru yang kedepannya akan lebih memudahkan kita untuk mendapatkan informasi-informasi menarik.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...