Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Mengetahui Apa Itu Perbedaan RAM dan ROM

Ram dan Rom_1a
Ketahui apa itu perbedaan RAM dan ROM yang perlu diketahui bagi perangkat PC dan laptopnya. (Sumber: HK Studio)

Unbox.id – Masih banyak kesalahpahaman tentang perbedaan antara RAM dan ROM. Ini cukup penting, karena jika kita salah memahami kedua kata tersebut, kita bisa salah memilih handphone, laptop atau komputer. Singkatnya, RAM dan ROM adalah komponen penting yang terlibat dalam pengoperasian perangkat untuk menyimpan data. Meski fungsi keduanya tidak jauh berbeda, RAM dan ROM cukup berbeda. Untuk lebih memahaminya, berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan RAM dan ROM, fungsi dan arti keduanya.

Apa Itu RAM?

RAM atau Random Access Memory adalah komponen yang menyimpan data program di dalam komputer yang sedang digunakan atau pada saat komputer dihidupkan.

RAM biasanya dalam satuan MB (megabyte) hingga GB (Gigabyte) dan memiliki kecepatan satu nanodetik. Besar kecilnya jumlah RAM akan mempengaruhi kecepatan perangkat.

Oleh karena itu, semakin banyak data yang dibaca dan disimpan di RAM, semakin banyak kinerja perangkat yang menurun atau melambat. RAM disamakan dengan ruang yang digunakan untuk menjalankan operasi program yang terbuka saat menggunakan komputer atau smartphone.

Semakin banyak aplikasi yang Anda buka atau gunakan, semakin kecil jumlah RAM dan semakin lambat kinerja perangkat Anda. Namun saat komputer, laptop dan smartphone mati, RAM kembali kosong.

Apa Itu ROM?

Ram dan Rom_2b

Sama dengan RAM, ROM juga memiliki hal yang penting untuk sistem operasional perangkatnya. (Sumber: Indozone)

ROM atau Read Only Memory merupakan komponen memori yang berfungsi untuk menyimpan berbagai program yang terdapat pada komputer, mulai dari laptop hingga smartphone. ROM ini biasanya dapat menyimpan berbagai file seperti musik, foto, dan video.

Berbeda dengan RAM, jika perangkat dimatikan, data yang tersimpan tidak akan hilang. Semakin besar kapasitas ROM, semakin besar ruang yang tersedia untuk aplikasi atau program yang akan diinstal.

Walaupun kapasitas ROM untuk setiap perangkat terbatas, Anda dapat menggunakan penyimpanan eksternal untuk media penyimpanan tambahan yang disertakan dengan ROM.

Perbedaan definisi RAM dan ROM di atas memastikan bahwa kedua komponen ini sangat penting. Tanpa RAM dan ROM, tentunya Anda akan kesulitan mengoperasikan komputer, laptop, dan smartphone.

Baca juga: Sejarah HDD Dan Fungsinya, Perjalanan Panjang Penyimpanan Data

Kapasitas Yang Berbeda

RAM biasanya memiliki kapasitas mulai dari MB hingga GB dengan kecepatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan ROM. RAM juga dapat ditingkatkan atau ditingkatkan. Ini berbeda dengan ROM yang tidak bisa diotak-atik karena diisi oleh pembuatnya sendiri. ROM biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar mulai dari 4GB, 32GB hingga 512GB.

RAM sendiri biasanya berbentuk sirkuit terpadu atau integrated circuit. Besaran RAM juga bisa ditambah untuk meningkatkan kinerja komputer atau laptop. Untuk smartphone, RAM hadir dalam bentuk memori Flash yang sayangnya tidak bisa ditambahkan.

Perbedaan RAM dan ROM selanjutnya menyangkut sistem keamanan. Data yang disimpan di ROM tidak mudah hilang dan bertahan selamanya karena tidak membutuhkan daya selama penyimpanan. Sedangkan data yang tersimpan di RAM mudah hilang, apalagi saat komputer atau smartphone dalam keadaan mati. Hal ini dikarenakan proses penyimpanan RAM membutuhkan energi.

Perbedaan RAM dan ROM selanjutnya adalah tentang memuat data, ROM tidak dapat diisi atau ditulis dengan mudah. Sementara itu, RAM dapat ditulis atau diisi kapan saja perangkat sedang berjalan.

Misalnya, ketika Anda membeli smartphone dengan ROM 4 GB, memori Anda tidak sepenuhnya diterima 4 GB tetapi hanya 2,5 GB, sedangkan sisa 1,5 GB sudah diambil oleh sistem produksi data ROM rumah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm telah mengumumkan model terbaru dalam lini Snapdragon X Series untuk laptop. Kali ini perusahaan meluncurkan Snapdragon X Plus. Menurut Qualcomm, Snapdragon...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Menurut laporan terbaru dari berbagai sumber, Huawei kabarnya sedang berupaya memperkenalkan perangkat penyimpanan data canggih miliknya. Perangkat penyimpanan canggih tersebut adalah...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Asus baru-baru ini telah merilis stasiun dok Thunderbolt 4 baru yang mereka namai sebagai Triple 4K Thunderbolt 4 Dock DC500.  Ini...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – XGIMI telah merilis proyektor 3-in-1 yang mengesankan bersama dengan proyektor lainnya dengan kecerahan maksimum di AS. XGIMI Aladdin adalah proyektor 3-in-1...