Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Mark Zuckerberg Ungkap Threads Hadirkan Fitur Pencarian

Threads App_1a
Threads App. (Sumber: TechGig)

Unbox.id – CEO Meta Mark Zuckerberg telah mengungkapkan bahwa jejaring sosial baru mereka, Threads, akan memperkenalkan fitur-fitur baru dalam bentuk pencarian dan web ke pesaing Twitter. “Memiliki minggu yang luar biasa untuk Threads. Komunitas di sini berada di jalur yang benar. Saya berharap dapat membangun aplikasi dinamis dalam jangka panjang,” kata Zuckerberg saat mengunggah Threads-nya. “Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi saya senang dengan kecepatan tim. Pencarian dan web akan keluar dalam beberapa minggu ke depan,” tambahnya, dikutip Minggu 2023). Versi web desktop untuk Tema Instagram sendiri merupakan versi yang banyak diminta oleh pengguna.

Fitur Pencarian

Mengutip The Verge, bos Instagram Adam Mosseri pun menanggapi permintaan ini dengan menjawab “kami sedang mengusahakannya!” di beberapa unggahan pengguna. Sedangkan dengan fungsi pencarian, pengguna tidak hanya dapat mencari pengguna lain, tetapi juga mencari sesuatu.

Tentunya selain itu fitur Threads berupa tanda “#” atau tagar (hashtag) seperti milik Twitter, juga menjadi keinginan banyak pengguna Threads. Mark Zuckerberg juga baru-baru ini mengatakan bahwa Meta akan membawa lebih banyak fungsionalitas ke Threads.

Seperti yang dilaporkan BBC, ini terjadi setelah dia mengakui bahwa Threads telah kehilangan lebih dari separuh penggunanya. Selama pertemuan internal di balai kota, Mark Zuckerberg mengatakan retensi pengguna pada aplikasi itu “lebih baik dari yang diharapkan para eksekutif, tetapi itu tidak sempurna.”

Penurunan Pengguna Dinilai Wajar

Threads App_2b

Threads App. (Sumber: Global Village Space)

“Jika Anda memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, idealnya bagus jika semua atau bahkan setengahnya bertahan. Kami belum sampai,” kata Zuckerberg mengutip NDTV, Rabu (8 Februari 2023).
Namun, salah satu pendiri Facebook juga mengonfirmasi bahwa jumlah pengguna Threads telah anjlok, tetapi situasinya benar-benar normal.

“Wajar jika jumlah pengguna turun. Saya optimis retensi pengguna akan meningkat karena kami menambahkan lebih banyak fitur ke aplikasi,” kata Zuckerberg. Sementara itu, Chris Cox, Manajer Produk Meta, mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak “pengait” untuk meningkatkan retensi agar pengguna kembali ke aplikasi.

“Ini seperti memastikan semua orang yang menggunakan aplikasi Instagram dapat melihat topik yang penting,” ujarnya. Di masa lalu, Threads mengalami penurunan jumlah pengguna, meskipun memperoleh lebih dari 100 juta pengguna hanya dalam 5 hari peluncurannya.

Pengguna Aktif harian Threads Merosot

Data dari firma analitik SimilarWeb menunjukkan bahwa keterlibatan dalam aplikasi Tema telah menurun dari level awalnya, meskipun merupakan aplikasi dengan pertumbuhan tercepat yang pernah ada.

SimilarWeb mencatat pengguna aktif harian Threads Meta meningkat dari 49 juta pada 7 Juli menjadi 23,6 juta pada 14 Juli, seperti dikutip Engadget, Jumat (21 Juli 2023). Di negara asalnya di AS, tempat keterlibatan tertinggi, penggunaan Thread turun dari 21 menit per hari menjadi 6 menit dalam periode waktu yang sama.

Laporan SimilarWeb hanya didasarkan pada penggunaan aplikasi Tema di Android. Namun, Sensor Tower juga melaporkan penurunan sejalan dengan hasil tersebut.

Baca juga: Mengagetkan, Pengguna Aktif Di Threads Anjlok!

Laporan Sensor Tower

Dalam laporannya, Sensor Tower mengatakan Instagram Threads “telah mengalami penurunan DAU (pengguna aktif harian) dua digit dan alias keterlibatan pengguna sejak diluncurkan.” Banyak pengguna Threads telah meninggalkan Twitter, setelah jejaring sosial milik Elon Musk dilanda kontroversi. Meski begitu, jejaring sosial besutan Instagram ini masih belum memiliki banyak fitur.

Selain itu, Instagram dan Meta belum meluncurkan aplikasi Tema di UE. Manajer Instagram Adam Mosseri, melalui video yang diunggah ke aplikasi Threads Instagram Jumat lalu, mengatakan perusahaan tidak terlalu fokus pada metrik keterlibatan saat ini.

“Fokus kami saat ini bukan pada interaksi, yang hebat, tetapi pada mengatasi puncak dan lembah awal yang kami lihat dengan setiap produk baru, dan menciptakan fitur baru yang lebih baik. kinerja dan meningkatkan peringkat,” kata bos Instagram itu.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram dilaporkan berencana menawarkan akses yang lebih luas ke uji coba fitur. Jika sebelumnya uji coba...

Social Media

Unbox.id – Untuk menarik lebih banyak pengguna menggunakan Threads, Meta akan menawarkan insentif menarik kepada pembuat konten. Tanpa antusias, harga yang diminta bisa mencapai...

Social Media

Unbox.id – Meta akan memperkenalkan fitur-fitur baru pada Threads untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan aplikasi. Salah satu fitur yang akan dihadirkan adalah kata-kata tersembunyi. Seperti...

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...