Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Manfaat NFC Pada Perangkat Ponsel. Bisa Lakukan Pembayaran Hingga Autentikasi Jaringan WiFi

Manfaat NFC Pada Perangkat Ponsel. Bisa Lakukan Pembayaran Hingga Autentikasi Jaringan WiFi

Perkembangan tehnologi digital pada perangkat ponsel makin pesat tidak hanya fitur Bluetooth, Infrared maupun WiFi saja. Namun, kini perangkat smartphone sudah mendapat dukungan fitur Near Field Communication atau NFC.

Apa Itu Near Field Communication

Near Field Communication, adalah sebuah medan radio elektromagnetik yang memiliki jarak kurang dari 10 centimeter. Kemudian juga terdapat frekwensi  13.56 MHz  merupakan pengertian dari Near Field Communication atau NFC. Cara kerja Near Field Communication dapat aktif bekerja pada dua jenis perangkat.

Baik perangkat aktif yang terdapat smartphone,sedangkan perangkat pasif bekerja pada kartu atau cip NFC.Dua jenis perangkat ini daya kerjanya memang canggih yang mempunyai persamaan dengan alt scanning barcode terdapat pada supermarket

Manfaat NFC Pada Perangkat Ponsel

Kirim Data

Manfaat NFC Pada Perangkat Ponsel. Bisa Lakukan Pembayaran Hingga Autentikasi Jaringan WiFi

Salah satu manfaat NFC pada perangkat poncel,yakni kirim data.Fungsi NFC bisa menstranfer kontak nomor telephone. Cara kerja NFC mudah cukup menempelkan dua perangkat berdekatan yang memiliki fitur NFC.Sekali sentuh pada fitur NFC data berupa nomor kontak telephone langsung terkirim perangkat telephone lainnya.

Kemudian juga, bisa mengirim foto,link,dokumen hingga lokasi baik sesama ponsel.

Atau Anda dapat  pula mengirim data lewat fitur NFC pada perangkat laptop ataupun komputer. Saat mentransfer data pastikan ukuran file tidak terlalu besar, karena menghambat proses pengiriman yang akhirnya gagal

Cek dan Isi Saldo Kartu E-Money

Manfaat NFC pada perangkat ponsel lainnya penting mendapat perhatian, adalah mengisi dan mengecek saldo kartu E-Money. Ketika ingin mengecek saldo rekening bank biasanya lewat ATM.

Tetapi sekarang, tidak perlu pergi ke ATM cek saldo cukup menggunakan ponsel yang mempunyai fitur NFC. Proses cepat, mudah,hemat  menjadi alasan segera ganti pakai fitur NFC dalam kegiatan perbankan

Bisa Baca Password pada WiFi porter

Tidak hanya bisa menjalankan aplikasi lain pada perangkat ponsel lain. Fitur NFC dapat dengan cepat membaca password pada WiFi Porter. Adalah, alat WiFi terpasang di tempat Autentikasi Koneksi WiFi umum seperti hotel atau lainnya.Ketika berada kawasan hotel Anda tidak perlu mengisi password hanya perlu menggunakan fitur NFC.

Maka password akan muncul sendiri secara otomatis, yang cara kerjanya dengan mendekatkan ponsel ke WiFi Porter akan tersambung ke jaringan WiFi.

Bisa Berbagi Koneksi Jaringan WiFi

Salah satu fungsi NFC pada perangkat ponsel bisa melakukan transaksi pembayaran dan transfer data file, foto dan video. Namun, ada manfaat lain yang perlu mendapat perhatian yakni NFC dapat memindai jaringan  koneksi WiFi. Langkah dalam memindai koneksi WiFi dengan menggunakan fitur NFC cukup mudah.

Cukup mendekatkan kedua perangkat ponsel, maka koneksi jaringan WiFi langsung terintergrasi dan tersambung.Perangkat smartphone sekarang begitu canggih dan modern tehnologinya bukan hanya fitur bluetooth saja melainkan juga adanya fitur NFC. Fitur NFC memang kehadirannya bermanfaat bagi penggunanya melakukan berbagai aktivitas browsing internet dan perbankan.

Berbagai Sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Merk

Unbox.id – Smartphone adalah salah satu produk yang tidak dapat terlepas dari kebutuhan para penggunanya sehari-hari. Selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga hadir guna...