Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Layanan Spotify Live Resmi Tutup Bagi Penggunanya

Spotify Live_1sl
Layanan dari Spotify Life dikabarkan telah resmi ditutup dari layanan Spotify. (Sumber: KnowTechie)

Unbox.id – Spotify mematikan Spotify Live, aplikasi streaming audio yang diluncurkan untuk bersaing dengan Clubhouse. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Music Ally melalui TechCrunch. Dalam pernyataan yang diterima The Verge pada Selasa, 4 April 2023, juru bicara perusahaan, Gayle Gaviola Moreau, mengonfirmasi bahwa Spotify akan segera menghentikan pengoperasian aplikasi tersebut. Menurutnya, Spotify Live tidak mengizinkannya untuk terus eksis sebagai aplikasi mandiri. Sementara itu, Spotify mengatakan akan terus menawarkan fitur audio langsung terbatas di aplikasi Spotify utama, seperti pesta mendengarkan. Fitur ini memungkinkan penggemar top untuk terhubung dengan artis favorit mereka di ruang virtual.

Kisah Berdirinya Spotify Live Hingga Tutup

Spotify Live_2sl

Layanan Spotify Live telah jadi salah satu fitur yang cukup menarik di dalam layanan aplikasi musik ini. (Sumber: CNET)

“Sementara aplikasi Spotify Live ditutup sepenuhnya, kami akan terus berinvestasi, berinovasi, dan menguji format baru untuk pembuat dan pendengar di seluruh dunia,” kata Gaviola Moreau. Gaviola menambahkan bahwa Spotify telah mengamati penggunaan berbagai fitur di aplikasinya. Fitur ini akan terus dikembangkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

“Kami telah melihat hasil yang menjanjikan dalam kasus penggunaan pendengar yang berpusat pada artis, yang akan terus kami jelajahi untuk memfasilitasi interaksi langsung antara artis dan penggemar.”

Layanan streaming musik pertama kali meluncurkan Spotify Live pada tahun 2021 sebagai Greenroom. Saat itu, aplikasi ini dirilis untuk bersaing dengan Clubhouse yang kini populer. Faktanya, Spotify membeli layanan audio Betty Labs seharga $67,7 juta untuk mengembangkan audio langsung. Untuk meningkatkan daya tarik dan publisitasnya, Greenroom kemudian berganti nama menjadi Spotify Live.

Namun, Spotify telah menghentikan sponsor kreator di Spotify Live dan membatalkan beberapa acara aslinya di platform tersebut. “Kami yakin ada masa depan untuk interaksi langsung antara penggemar dan kreator di ekosistem Spotify; namun, berdasarkan penelitian kami, ini tidak lagi bermakna sebagai aplikasi mandiri,” kata Gaviola Moreau.

Baca juga: Spotify Hadirkan Ramadhan Hub Selama Bulan Puasa

Ramadan Hub di Spotify Hadir Dengan Penampakan Baru

Lebih lanjut, Spotify terus mengembangkan inovasi terbaru untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Di bulan Ramadhan kali ini, Spotify memperkenalkan Ramadhan Center kepada pengguna di Indonesia, memungkinkan pengguna untuk mendengarkan berbagai konten hasil kurasi selama bulan Ramadhan.

Beberapa konten yang tersedia di Ramadhan Center mulai dari musik, podcast hingga talkshow. Tahun ini, Spotify memperbarui tampilan tengah untuk menawarkan pengalaman berbeda.

Saat pengguna membuka aplikasi Spotify, mereka dapat langsung menemukan snippet terbaru, kutipan podcast, klip artis, musik, dan podcast setiap hari dengan tema yang berbeda setiap minggunya.

Spotify juga menawarkan konten yang dipersonalisasi di daftar putar Ramadhan 2023 Anda sehingga pengguna dapat melihat daftar lagu dan obrolan yang sedang populer di wilayah mereka, termasuk episode podcast khusus Ramadhan terbaru.

Pengguna bisa langsung mengakses halaman utama aplikasi Spotify di smartphone. Juga mulai 22 Maret, pengguna dapat menikmati konten musik dan podcast dengan tema mingguan yang dikurasi khusus untuk setiap momen.

Baca juga: Spotify Ungkap Desain Baru Aplikasi Mereka?

Menghadirkan Konten Vertikal Mirip TikTok

Di sisi lain, Spotify mengungkapkan desain baru untuk aplikasinya beberapa waktu lalu selama acara Stream On 2023. Selama acara tersebut, Spotify menunjukkan pratinjau tampilan dan nuansa baru, dari konten video ke konten podcast, video musik hingga buku audio di platform mereka.

Menurut perusahaan, perubahan ini akan memudahkan pengguna menemukan hal-hal baru untuk dilihat dan didengar. Dengan halaman yang bergulir secara vertikal, desain baru Spotify mengingatkan pada aplikasi lain, seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Melalui perubahan yang dilakukan, platform tersebut mungkin ingin mengubah aplikasi dari pemutar musik sederhana.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast terpopuler saat ini. Layanan streaming ini memiliki jutaan judul lagu dari berbagai artis/musisi serta banyak...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga...