Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Kreator TikTok Buat Resep Video Makanan Palestina, Donasikan Hasilnya ke Gaza

Kreator TikTok_1a
Kreator TikTok. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Serangan Israel terhadap warga Gaza, Palestina, menuai simpati dan keprihatinan berbagai kalangan dan organisasi. Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada para korban di Gaza. Dilaporkan Tech Crunch, pembuat konten TikTok juga turut berkontribusi dalam upaya tersebut melalui videonya.

Kreator Konten Vegan Bodegacat

Pembuat konten vegan Bodegacat adalah salah satunya. Ia membuat dan mengunggah video resep makanan Palestina, falafel, yang dibuat oleh neneknya. Video ini viral di TikTok, disusul dua video resep lainnya yang juga viral.

Tiga video resep nenek vegan Bodegacat telah ditonton lebih dari satu juta kali dan setiap videonya mengumpulkan sekitar USD 1.000 atau Rp 15,6 juta. Meski rencana donasinya belum terwujud, ia kini mencari bantuan dari Anera, sebuah organisasi nirlaba Amerika yang mendistribusikan makanan dan barang-barang kebersihan kepada para pengungsi di Gaza.

Ia juga meninjau Dana Anak Palestina yang memberikan perawatan medis kepada anak-anak yang membutuhkan. Selain Vegan Bodegacat, ada kreator lain bernama The Unprofessional Chef yang membuat konten video TikTok serupa dengan tujuan membantu masyarakat di Gaza.

Dia adalah seorang koki keturunan Kuba-Amerika yang sengaja membuat video makanan Palestina untuk menghasilkan uang. Uang dari video tersebut akan digunakan untuk membantu masyarakat Gaza.

“Saya sudah memiliki saluran yang dimonetisasi dan saya memiliki pelanggan yang ingin melihat makanan spesial. Jadi menurut saya ini adalah keputusan yang tepat untuk meningkatkan kesadaran tentang budaya Palestina sambil melakukan apa yang saya bisa untuk menggalang dana dan berdonasi,” kata koki pengangguran tersebut kepada Tech Crunch.

Pembuat Filter TikTok Turut Kontribusi

Platform TikTok_2b

Platform TikTok. (Sumber: Orgatech Idea)

Tidak hanya para pembuat konten TikTok, para pembuat kebenaran yang membuat filter juga ikut membantu mendukung masyarakat Gaza.

Jourdan Louise, pembuat konten berbasis augmented reality, menciptakan filter air, simbol perlawanan Palestina. Hal ini dapat mempengaruhi penggunaan lebih dari 200.000 TikTok melalui program Hadiah Pembuat TikTok.

Dalam beberapa hari, filter tersebut digunakan lebih dari 500.000 kali. Dengan uang yang didapat berkat filter ini, Jourdan Louise berencana memberikannya kepada masyarakat Gaza.

Meski diakuinya sebagian pengguna TikTok tidak menerima filter TikTok ini untuk menggalang dana bantuan kemanusiaan, namun ia tetap yakin apapun kontribusinya akan bermanfaat.

Baca juga: Waspada Di TikTok, Sedang Ramai Bagikan Data Di Instagram Wrapped

TikTok Juga Uji Coba Vidio Durasi 15 Menit

Selain itu, TikTok juga bereksperimen dengan menambah durasi video yang diunggah di platformnya menjadi 15 menit.

Platform berbagi video pendek Tiongkok, TikTok, mengungkapkan bahwa batas unggahan baru sedang diuji di beberapa wilayah dengan pengguna lebih sedikit. Jadi lihat artikel dari TechCrunch. Perubahan tersebut pertama kali dilaporkan oleh analis media sosial Matt Navarra. Dia memposting tangkapan layar dari pesan yang ditunjukkan kepada beberapa pengguna.

Bergantung pada tangkapan layarnya, pengguna dapat mengunggah video panjang di platform baik dari aplikasi TikTok maupun dari desktop. TikTok, yang dikenal sebagai platform video pendek terpopuler, perlahan mulai menerima konten berdurasi panjang.

Awalnya, saat pertama kali muncul, pengguna TikTok hanya bisa mengunggah konten video berdurasi 15 detik. Kemudian sedikit demi sedikit pihak perusahaan terus menambah durasinya, dari 60 detik, tiga menit, sepuluh menit, dan kini bertambah menjadi 15 menit.

Menambah durasi video akan memberikan waktu dan fleksibilitas bagi pembuat konten untuk berbagi hal-hal seperti resep memasak, tutorial kecantikan, konten pendidikan, dan sandiwara komedi. Sekarang, jika sebuah video berdurasi lebih dari 10 menit, pembuat konten mengarahkan pemirsa ke “Bagian 2” dari video tersebut.

Namun dengan perpanjangan batas waktu tersebut, pembuat konten bisa mempublikasikan video lengkap dalam satu unggahan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Masa depan TikTok terlihat semakin tidak pasti seiring meningkatnya dukungan terhadap undang-undang baru yang akan memaksa perusahaan tersebut meninggalkan perusahaan induknya, ByteDance,...