Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Kominfo Tunggu Surat Untuk Konten Nenek Mandi Lumpur di Tiktok

Platform TikTok_1_2
Ada sebuah akun konten yang sedang viral tentang seorang nenek di platforkm TikTok. (Sumber: dRetail)

Unbox.id – Polisi akhirnya menemukan pemilik akun TikTok @intan_komalasari92 yang kerap mengunggah konten video streaming (live) nenek mandi lumpur. Konten diposting untuk donasi, menggunakan wanita paruh baya dan lebih tua sebagai “talent“. Tujuannya tak lain untuk membangkitkan simpati penonton streaming agar mau memberikan hadiah berupa stiker TikTok. Sebagai informasi tambahan, penonton TikTok Live bisa memberikan hadiah berupa stiker berbayar, yang nantinya bisa ditarik oleh pembuatnya.

Ada Hubungan Keluarga

Akun TikTok yang menampilkan seorang nenek sedang mandi lumpur ternyata dijalankan oleh pasangan suami istri berinisial SAH dan IK. Keduanya tinggal di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, ungkap Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto. Keduanya saat ini sedang diperiksa Polres Lombok Tengah.

Dalam video yang diposting di akun TikTok @intan_komalasari92, nenek di bak mandi lumpur itu juga memiliki identitas sebagai “talent” bersama dengan pemilik akun. Mereka adalah LS (49), IR (54) dan HRT (43), ketiganya terkait dengan pemegang rekening. “Berdasarkan hasil klarifikasi dari banyak warga, yang muncul di akun TikTok tidak ada kewajiban dan mencoba mengambil keuntungan dari donasi (hadiah) yang diberikan penonton yang memiliki kesepakatan keuntungan dengan pengelola akun TikTok, kata Artanto.

Namun, Polda NTB akan terus mengusut kasus tersebut untuk menertibkan dan mengamankan kawasan tersebut.”Hal ini dapat menimbulkan kegaduhan dan salah paham di kalangan warga sekitar, sehingga dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat,” ujar Artanto.

Baca juga: TikTok Shop Digemari Oleh Warganet Asia Tenggara

Kemensos Turun Tangan

Kemensos RI_1_1

Pihak Kemensos RI akan memberikan surat terhadap Kominfo terkait akun nenek yang viral di TikTok. (Sumber: Viva)

Beberapa netizen menyebut streaming langsung mandi lumpur nenek di media sosial sebagai “pengemis internet”. Kementerian Sosial (Kemensos) kemudian ikut memerangi fenomena “pengemis online” ini dengan mengirimkan surat edaran (SE) ke pemerintah daerah (Pemda).

Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penanganan Eksploitasi dan/atau Pengemisan bagi Lansia, Anak, Difabel dan/atau Kelompok Rentan Lainnya. Dalam SE, Menteri Sosial (Mensos) Dr. Rismaharini mengimbau gubernur dan kepala negara/walikota untuk melindungi dan mencegah pengemis, baik offline maupun online, yang mengeksploitasi orang tua, anak-anak, penyandang cacat, atau kelompok rentan lainnya.

“Melindungi lansia, anak-anak, difabel dan kelompok rentan lainnya dari eksploitasi mengemis offline/online di media sosial,” tulis salinan dari SE tersebut.

Baca juga: Perguruan Tinggi Di Amerika Serikat Blokir Platform TikTok

TikTok Imbau Untuk Report

Di sisi lain, TikTok Indonesia, platform yang digunakan pengembang untuk menayangkan nenek-nenek mandi lumpur, juga mengatakan tidak membatasi konten untuk semua pengguna. Semua pengguna yang mencapai usia minimum, termasuk manula, dapat melakukan streaming langsung di TikTok Live.

Namun, mereka meminta pengguna untuk percaya diri dan tidak membuat konten yang membahayakan keselamatan mereka sendiri dan pengguna lain. “Terkait fenomena ini (mandi lumpur), kami sangat concern dengan konten ini. TikTok tidak menyarankan anggota komunitas untuk melakukan aktivitas yang dapat merugikan mereka,” kata perwakilan TikTok Indonesia.

Selain itu, TikTok mendorong pengguna TikTok lain-Nya untuk terlibat dalam pemeliharaan platform agar menjadi ekosistem yang ramah bagi semua kreator. Jika pengguna menemukan konten TikTok atau TikTok Live yang menurut mereka tidak pantas, mereka dapat menandai atau melaporkan konten tersebut.

“Pengguna dapat melaporkan konten siaran langsung dengan cara menekan lama konten siaran langsung di TikTok Live, klik ‘Laporkan’ lalu pilih alasan yang sesuai,” jelas perwakilan TikTok Indonesia.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...