Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Kini TikTok Hadirkan Efek Green Screen

Kini TikTok Hadirkan Efek Green Screen (sumber: regendus.com)
Kini TikTok Hadirkan Efek Green Screen (sumber: regendus.com)

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda pernah menonton film Blockbuster modern, pasti Anda sudah tak asing lagi dengan teknologi green screen. Green screen adalah merupakan sebuah backdrop atau background berwarna hijau yang digunakan sebagai latar belakang dalam pembuatan foto maupun video.

Dalam proses produksi, background berwarna hijau tersebut nantinya akan masuk dalam proses editing sesuai dengan kebutuhan, misalnya ingin dirubah dengan background pemandangan dan sebagainya.

Green screen merupakan hal yang umum yang dapat kita temui dalam industry film untuk merubah latar belakang ataupun background sesuai dengan keinginan.

Namun mulai munculnya YouTube, kini banyak para konten kreator yang mulai menggunakan teknologi Green Screen dalam video mereka seperti untuk mengganti beberapa latar video musik, video bermain game hingga Zoom video yang kini sering digunakan semenjak adanya pandemi.

Baru-baru ini, aplikasi TikTok pun turut serta menghadirkan teknologi tersebut kedalam aplikasi yang tengah populer tersebut.

Baca juga: TikTok Terancam Dihapus Dari Playstore Sebab Pelanggaran Ini

Fitur Green Screen TikTok (sumber: newsroom.tiktok.com)

Fitur Green Screen TikTok (sumber: newsroom.tiktok.com)

Saat ini, TikTok menghadirkan banyak fitur untuk dapat digunakan para konten kreator dalam membuat vide yang menarik.  Namun, pihak TikTok mengungkapkan bahwa salah satu fitur atau efek yang paling disukai penggunanya yakni adalah efek Green Screen.

Mereka mengungkapkan bahwa efek Green Screen pada aplikasi mereka didasarkan pada layar hijau yang sering digunakan dalam industri film.

TikTok mengadaptasi fitur tersebut supaya pengguna dapat membuat latar belakang yang dapat dirubah sesuai dengan keinginan. Ketika pengguna menggunakan efek Green Screen ini, mereka dapat memaksimalkan kreativitasnya untuk membuat latar belakangnya sendiri.

Tentu hal ini juga sangat cocok bagi para konten kreator untuk memberikan variasi latar belakang supaya tidak monoton dan tentunya dengan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk sewa studio atau lainnya.

Selain itu, fitur efek Green Screen pada aplikasi TikTok juga dapat digunakan untuk foto maupun video yang sudah ada dalam gallery smartphone. Tak hanya itu saja, uniknya format GIF juga dapat disematkan sebagai latar belakang video.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencoba fitur efek Green Screen di aplikasi TikTok, berikut ini adalah beberapa langkahnya.

  • Buka aplikasi TikTok dan pilh ikon + pada bagian bawah layar.
  • Selanjutnya, pilh Efek di sisi kiri tombol rekam.
  • Geser melewati kategori Baru dan Sedang Tren, kemudian pilh tab Green Screen.
  • Pilih fitur Green Screen yang ingin Anda gunakan.
  • Rekam video seperti biasa, kemudian setelah selesai, Anda dapat mengunggahnya seperti yang biasa di lakukan pada video lainnya.

Baca juga: TikTok Segera Luncurkan Fitur Penampil Viewers di Postingan

Terdapat beberapa jenis Green Screen yang dibedakan berdasarkan foto, video, ataupun GIF yang akan diunggah untuk dijadikan sebagai latar belakang. Pengguna juga dapat menggunakan kumpulan latar belakang virtual yang sudah disediakan dari TikTok.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: newsroom.tiktok.com, regendus.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Masa depan TikTok terlihat semakin tidak pasti seiring meningkatnya dukungan terhadap undang-undang baru yang akan memaksa perusahaan tersebut meninggalkan perusahaan induknya, ByteDance,...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, memperkenalkan model generasi teks-ke-video pertama yang didukung kecerdasan buatan (AI) Sora pada hari Kamis. Perusahaan mengklaim...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – TikTok baru-baru ini telah resmi merilis aplikasi baru untuk headset Vision Pro Apple. Versi aplikasi untuk perangkat AR tersebut membawa platform...