Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ketahui 3 Fitur Keamanan Baru Dari Whatsapp

Whatsapp Security_1a
Whatsapp hadirkan beberapa fitur keamanan baru yang jamin keamanan bagi penggunanya. (Sumber: Gizbot)

Last updated on 6 Juni, 2024

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan tiga fitur keamanan baru untuk penggunanya, salah satunya memungkinkan pengguna aplikasi WhatsApp untuk memverifikasi perangkat. Mengutip siaran persnya, Sabtu, 15 April 2023, WhatsApp pun mengungkapkan bahwa ketiga fitur keamanan baru tersebut akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. “Di WhatsApp, kami yakin pesan Anda harus bersifat pribadi dan aman seperti obrolan langsung,” tulis aplikasi perpesanan milik perusahaan media sosial Meta. “Melindungi pesan pribadi Anda menggunakan enkripsi end-to-end adalah dasar dari keamanan ini, dan kami terus membangun fitur baru untuk memberi Anda lapisan keamanan ekstra,” ujarnya. privasi dan kontrol yang lebih baik atas pesan Anda.

baca artikel menarik lainnya tentang : companion mode whatsapp

Perlindungan Akun

Jika pengguna perlu mentransfer akun WhatsApp mereka ke perangkat baru, platform akan memastikan bahwa itu benar.

“Mulai sekarang, kami mungkin akan meminta perangkat lama Anda untuk memverifikasi bahwa Anda ingin mengambil langkah ini sebagai pemeriksaan keamanan tambahan,” kata WhatsApp.

Fitur WhatsApp baru juga dapat membantu memberi tahu pengguna tentang upaya tidak sah untuk memigrasikan akun ke perangkat lain.

Baca juga: Whatsapp Hadirkan Fitur Companion Mode Bagi Pengguna Beta

Verifikasi Perangkat

Whatsapp security_2b

Verifikasi keamanan bagi penggunanya di dalam platformnya adalah salah satu hal yang bisa menambah sisi keamanan untuk sistemnya. (Sumber: The Hans India)

Menurut WhatsApp, malware seluler adalah salah satu ancaman terbesar bagi privasi dan keamanan orang, karena dapat memanfaatkan ponsel tanpa izin dan menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, WhatsApp akan menambahkan fitur verifikasi untuk membantu mengautentikasi akun pengguna tanpa tindakan apa pun dan melindunginya dengan lebih baik jika perangkat disusupi.

Kode Keamanan Otomatis

Pengguna dapat memanfaatkan fitur verifikasi kode keamanan WhatsApp untuk memastikan bahwa obrolan benar-benar sampai ke penerima yang dituju. Pengguna dapat melakukan pengecekan secara manual dengan membuka tab enkripsi di bagian informasi kontak.

Untuk membuat proses ini lebih efisien dan mudah diakses, WhatsApp juga telah merilis fitur keamanan berbasis proses yang disebut Transparansi Kunci, yang memungkinkan Anda memverifikasi secara otomatis bahwa Anda memiliki koneksi yang aman.

“Ini berarti ketika Anda mengklik tab enkripsi, Anda akan segera dapat memverifikasi bahwa obrolan pribadi Anda aman,” kata WhatsApp. WhatsApp menambahkan bahwa meskipun ada cara untuk meningkatkan keamanan, ada dua fitur yang hanya dapat diaktifkan oleh pengguna verifikasi dua langkah dan gunakan cadangan terenkripsi ujung ke ujung.

Baca juga: Whatsapp Akan Gulirkan Fitur Baru Edit Pesan Teks

Companion Mode Rilis Untuk Pengguna Whatsapp Beta

Whatsapp security_3c

Fitur companion mampu hadirkan salah satu fitur keamanan yang berbeda dibandingkan dengan platform lainnya. (Sumber: BizzBuzz)

Di sisi lain, fitur Mode Pendamping saat ini tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta. Seperti namanya, fitur baru ini memudahkan pengguna karena memungkinkan akses ke akun di beberapa smartphone.

Tahun lalu, WhatsApp mulai menguji mode pendamping dengan beberapa pengguna beta. Namun, berdasarkan laporan WABetaInfo yang dikutip Android Police, Selasa (11 April 2023), fitur tersebut tersedia untuk semua beta tester di Android,

Mode pendamping dikatakan sebagai peningkatan fungsionalitas multi-perangkat yang ada. Khususnya, kemampuan multi-perangkat WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun pengguna di perangkat lain, tetapi hanya untuk perangkat selain smartphone, seperti PC atau versi web.

Sedangkan dengan mode pendamping, pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke dua perangkat seluler sekaligus.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Hardware

Unbox.id – Akhir pekan sudah semakin dekat, setelah jam kerja yang melelahkan, masyarakat kerap disibukkan dengan persiapan acara akhir pekan. Berkemah di alam liar...

Software

Unbox.id – Pengguna Android tampaknya semakin mewaspadai semakin maraknya peredaran aplikasi berbahaya yang mampu melewati sistem keamanan Google Play Store. Karena diunduh dari toko...