Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Jaringan 6G Akan Hadir dengan Kecepatan 1TB per Detik?

jaringan 6G
foto: gizmochina

Jakarta, Unbox.id – Belum lama muncul jaringan 5G di Tanah Air, negara luar seperti China dan Amerika sudah berlomba-lomba mengembangkan jaringan 6G. Kabarnya, teknologi jaringan masa depan itu akan hadir dengan kecepatan 1 TB per detik.

Mengutip informasi dari laman HPII (Himpunan Perawat Informatika Indonesia) dan berbagai sumber lain, jaringan 6G akan muncul setidaknya di 2030. Butuh waktu paling tidak 10 tahun untuk melakukan riset dan penelitian terhadap kemajuan tersebut.

Baca juga: POCO F4 GT, HP Spek Gahar Turun Harga Hingga 1 Jutaan

Kecepatan jaringan 6G yang mampu mencapai kecepatan 1 TB per detik ini setara dengan 8000 GB untuk 1 detiknya. Dengan kata lain, akan ada lompatan yang sangat besar serta terbukanya gerbang inovasi baru dalam satu dekade ke depan.

Inovasi yang Muncul Setelah Jaringan 6G

Dari sumber yang sama, jaringan generasi keenam tersebut dapat memunculkan perspektif unik dari teknologi antarmuka komputer ke otak. Dengan kata lain, di masa depan nanti memungkinkan manusia untuk mengendalikan komputer dengan gelombang otak.

Selain itu, kecepatan yang luar biasa ini membuat pengguna dapat mengunduh video berdurasi lebih dari 100 jam tiap satu detiknya. Akan tetapi, tentu saja para peneliti teknologi ini harus menghilangkan faktor-faktor penghambat.

Baca juga: Google Nyalakan Kode Merah Untuk Saingi Chat GPT

Di antaranya adalah desain chip yang kompatibel sebagai pendukung, penggunaan energi yang aman sehingga tidak menimbulkan risiko membuat bumi semakin panas. Mengingat penggunaan internet yang semakin sering akan memicu pemanasan global secara intens.

Harapan Para Peneliti dengan Inovasi Terbarunya

Dari inovasi jaringan 6G yang sangat canggih, harapannya adalah manusia mampu menembus batas virtual dengan dunia nyata. Jika 5G yang dapat menghadirkan inovasi Augmented Reality, generasi keenam dapat membuat video empat dimensi.

Pengguna yang menikmati video melalui teknologi terbaru akan melibatkan kelima inderanya, seolah-olah masuk ke dunia virtual. Komputer akan mengirimkan sinyal langsung ke sensor peraba dan penciuman.

Hal ini membuka kemungkinan untuk pelayanan virtual yang jauh lebih canggih. Misalnya, seorang dokter dapat merawat pasiennya melalui dunia virtual. Atau, dua orang dapat melakukan pertemuan layaknya berada di dunia nyata.

Sumber: HPII

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta. Unbox.id – Perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Apple, kemungkinan akan menciptakan perangkat wearable yang lebih canggih di masa depan. Menurut beberapa sumber,...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Teknologi kecerdasan buatan sedang diadopsi secara luas. Perusahaan-perusahaan di berbagai industri mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanan mereka, salah satunya...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pernah memiliki sahabat boneka di masa kecil yang menemani Anda bercerita? Kini, pabrikan China telah membuat inovasi baru mainan anak-anak bertenaga...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Pada kesempatan sebelumnya, beberapa sumber telah membocorkan detail penampilan produk terbaru Vivo, yakni Y28 5G. Kini, produk andalan tersebut tampaknya akan...