Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iOS 16 Akan Hadirkan Fitur Laporkan Pesan Spam Langsung ke Operator

iOS 16 Akan Hadirkan Fitur Laporkan Pesan Spam Langsung Ke Operator (sumber: pocket-lint.com)
iOS 16 Akan Hadirkan Fitur Laporkan Pesan Spam Langsung Ke Operator (sumber: pocket-lint.com)

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda para pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS seperti iPhone ataupun iPad, tentu Anda sudah terbiasa melihat ‘Report Junk’ setiap kali menerima pesan spam pada aplikasi iMessage. Pesan notifikasi ini akan mengirimkan informasi kepada pihak Apple ketika pengguna mengetuk tanda peringatan tersebut.

“Report Junk” ini sebelumnya sudah tersedia untuk iMessage namun hanya terbatas pada iMessage dan laporan tersebut hanya sampai ke pihak Apple saja. Namun di fitur baru ini, Apple mencakup pesan SMS/MMS yang dapat memudahkan pengguna untuk melaporkan spam tersebut langsung ke operator.

Nah rencananya, pada update iOS 16 nanti, Apple dikabarkan akan menghadirkan fitur pelaporan pesan spam untuk beberapa operator tertentu. Meski demikian, pihaknya hingga saat ini masih belum menentukan operator mana saja yang akan menerima pelaporan pesan spam ini.

Fitur Laporkan Pesan Spam (sumber: macrumors.com)

Fitur Laporkan Pesan Spam (sumber: macrumors.com)

Melalui fitur pelaporan ini, pengguna perangkat iPhone dapat menandai pesan dan mengirimkan nomor serta konten dari pesan tersebut ke pihak Apple dan operator yang digunakan. Hadirnya fitur ini dalam pembaruan sistem operasi iOS yang akan datang diprediksi tentu dapat mempermudah dan menghemat langkah pengguna untuk melaporkan sebuah pesan tanpa harus repot mencari nomor layanan operator tertentu.

Baca juga: Inilah Perjalanan Apple Produksi iPod Dari Tahun ke Tahun

Selain itu, fitur tersebut dihadirkan oleh Apple kepada pengguna perangkat mereka mengingat maraknya pesan penipuan yang kerap terjadi saat ini. Hal tersebut juga tak lepas dari banyaknya pelanggaran data dan ketersediaan perangkat lunak yang memudahkan para scammer untuk mengirimkan pesan secara massal.

Apple juga meningkatkan filter SMS dengan memasukkan 12 filter tambahan untuk pesan spam. Menurut penelitian, akan ada 12 sub-kategori termasuk peringatan untuk kartu kredit atau debit, pembayaran tagihan, keuangan, layanan pemerintah, penyedia jaringan, perawatan kesehatan, dan pesanan online.

Selain itu, akan ada juga fitur yang sudah ada seperti Promosi dan Transaksi namun dengan lebih banyak kategori yang diperluas. Pengguna juga dapat dengan cepat dan mudah menambahkan tiket film atau kereta api dari pesan ke akun atau kalender Apple Wallet pengguna.

Namun sayangnya, fitur pelaporan pesan spam ini tidak sekaligus memblokir nomor dari pengirim tersebut. Dengan begitu, pengguna harus melakukan pemblokiran nomor tersebut secara manual setelah mendandai pesan tersebut.

Menurut riset RoboKiller, Amerika Serikat menerima hampir 12 miliar pesan teks spam dan penipuan pada bulan Mei saja yang dibulatkan menjadi sekitar 43 per orang di negara tersebut. Untungnya, Apple berharap dengan untuk dapat membantu memerangi hal tersebut dengan adanya fitur baru ini di iOS 16 yang akan datang.

Baca juga: iPhone SE 2022 Resmi Dijual di Indonesia Mulai 8 Jutaan

Pembaruan perangkat lunak baru dari Apple ini rencananya akan diluncurkan ke pengguna umum pada bulan September mendatang dan mencakup banyak pembaruan, termasuk juga dengan diluncurkannya seri terbaru dari iPhone yakni iPhone 14.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: macrumors.com, pocket-lint.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...