Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Intip Fitur Baru Dari Android 14 Terbaru

Android 14_1a
Android 14. (Sumber: EFTM)

Unbox.id – Seperti dikutip dari Tech Crunch, Google resmi mengumumkan Android 14 pada acara Made By Google di New York City. Android 14 mulai diluncurkan ke perangkat Pixel yang sudah mendukung sistem operasi terbaru ini. Selain Pixel, Android 14 juga akan tersedia di beberapa perangkat lain pada paruh kedua tahun 2023, antara lain Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi. Google mengumumkan opsi penyesuaian baru, fitur aksesibilitas, dan banyak lagi dengan sistem operasi terbarunya. Perusahaan juga memperkenalkan cara-cara baru untuk menyesuaikan perangkat agar sesuai dengan preferensi pribadi pengguna. Dijelaskan lebih lanjut, Android terbaru ini juga bertujuan untuk memudahkan peralihan antar wallpaper, serta memungkinkan pengguna dengan cepat mengubah apa yang ingin dilihatnya dengan fitur At a Glance.

Pembaruan Software Paling Terbaru

Android 14_2b

Android 14. (Sumber: CNET)

Pembaruan perangkat lunak ini memungkinkan pengguna mengatur pintasan layar kunci untuk mengakses aplikasi dan alat favorit mereka dengan satu ketukan. Dengan dirilisnya Android 14, Google menawarkan kepada pengguna berbagai opsi templat layar kunci baru yang terdiri dari font, widget, warna, dan format.

Google mengatakan template tersebut menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat perubahan berdasarkan situasi pengguna saat ini. Misalnya, jika cuaca buruk di wilayah Anda, widget cuaca akan disorot di layar kunci Anda.

Fitur-Fitur Baru Untuk Foto Hingga Font Pada Android 14

Sebelumnya, pada Mei 2023, Google mengumumkan sedang berupaya mengembangkan wallpaper AI generatif yang dapat dibuat pengguna sebagai respons terhadap perintah. Kini, perusahaan telah mengumumkan bahwa fitur tersebut akan tersedia pertama kali di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Fitur ini memungkinkan pengguna memilih wallpaper di perangkatnya yang dibuat berdasarkan saran AI. Pembaruan Android 14 ini juga menghadirkan peningkatan kualitas foto dan kamera. Google telah mengumumkan bahwa Android 14 akan mendukung gambar HDR dengan Ultra HDR, memanfaatkan dukungan video HDR Android 13.

Perusahaan mengatakan peningkatan baru ini memberikan foto warna yang lebih cerah dan menampilkan foto HD tanpa mengorbankan kualitas aslinya. Selain itu, pengguna dapat dengan cepat mengubah ukuran font teks di perangkat mereka menggunakan menu pengaturan cepat.

Menurut Google, fitur ini mencegah teks yang sudah besar menjadi lebih besar. Hal ini memungkinkan pengguna membaca di layar tanpa memotong teks atau mengganggu tata letak halaman.

Baca juga: Backup Data Chat WhatsApp Di Ponsel Android Macet? Perbaiki!

Android 14 Ramah Bagi Pengguna dengan Gangguan Penglihatan dan Pendengaran

Android 14_3c

Sistem Android Terbaru. (Sumber: Gizbot)

Selain itu, Google mengumumkan bahwa Android 14 akan menawarkan fitur-fitur baru bagi pengguna tunanetra atau pendengaran. Perusahaan telah menjadikan Kaca Pembesar Android 14 lebih intuitif, menawarkan kemampuan untuk memperbesar atau memperkecil layar sebesar 100% dengan mencubit ke atas atau ke bawah.

Selain itu, pengguna dapat mengubah ukuran kaca pembesar dari panel pengaturan kaca pembesar. Di sana, pengguna juga bisa mengatur seberapa besar layar yang harus diperbesar. Android 14 dilengkapi alur penyiapan alat bantu dengar khusus yang memungkinkan pengalaman lebih intuitif saat menyambungkan alat bantu dengar Anda.

Ada juga cara mudah untuk mengarahkan audio ke output yang berbeda, bersama dengan opsi untuk mengakses kontrol alat bantu dengar melalui pintasan. Pengguna juga dapat mengaktifkan notifikasi flash untuk menerima flash visual saat mereka menerima notifikasi.

Google mencatat bahwa nada notifikasi, nada dering, dan peringatan mungkin tidak efektif untuk semua pengguna. Oleh karena itu, Google telah memperkenalkan opsi notifikasi baru. Tentunya dengan adanya update sistem terbaru dari Google ini akan dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam mengakses aplikasinya tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Tipe Smartphone Android bermacam-macam, ada yang memiliki spesifikasi terbaik dengan harga selangit, ada juga HP terjangkau namun dengan spesifikasi dan fitur terbatas....

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...

Oppo

Unbox.id – Banyak produsen ponsel Android membuat software berbasis Android sendiri untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan produknya. Perangkat lunak dan antarmuka disesuaikan dengan...