Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Luncurkan Fitur Creator Marketplace

Instagram Luncurkan Fitur Creator Marketplace (sumber: techbriefly.com)
Instagram Luncurkan Fitur Creator Marketplace (sumber: techbriefly.com)

Jakarta, Unbox.id – Kini Instagram akhirnya telah resmi meluncurkan fitur barunya yang bernama Creator Marketplace yang memungkinan para konten kreator untuk dapat terhubung dengan brand.

Melalui fitur Creator Marketplace ini, pihak brand dapat menggunakan desktop atau platform khusus untuk dapat mencari para konten kreator yang mereka inginkan sesuai dengan kriteria. Menurut keterangan resmi dari Instagram, brand juga dapat mencari dengan bantuan filter pencarian berdasarkan gender, usia, jumlah pengikut, hingga ketertarikan atau hobi.

Adapun fitur Creator Marketplace yang diluncurkan Instagram ini menggunakan platform Meta Business Suite. Selain dapat mencari para konten kreator dengan filter pencarian yang telah disebutkan diatas, brand juga dapat mencari berdasarkan filter demografi para pengikutn, negara, hingga kota.

Brand juga dapat berkomunikasi langsung dengan para konten kreator dan begitu pula sebaliknya, para konten kreator juga dapat merespon pesan yang dikirim oleh brand kepada mereka.

Selain itu, pihak brand juga dapat menandai, mengikuti, dan menyimpan profil para konten kreator supaya dapat lebih mudah ketika sewaktu-waktu membutuhkan dan tanpa perlu untuk mencarinya lagi berdasarkan filter khusus.

Baca juga: Facebook dan Instagram di Eropa Tidak Dapat Beroperasi

Instagram Creator Marketplace (sumber: embedsocial.com)

Instagram Creator Marketplace (sumber: embedsocial.com)

Di fitur Creator Marketplace ini, brand juga dapat memberikan program kepada para konten kreator jika diantara keduanya sudah terdapat kesepakatan kerja sama.

Bentuk kerja sama tersebut salah satunya seperti membuat kampanye, membagikan proyek mendatang, linimasa dalam jangka waktu tertentu, kompensasi, hingga informasi penting lainnya terkait program.

Menurut Instagram, Creator Marketplace ini merupakan kesempatan bagi brand untuk dapat menemukan para konten kreator yang sesuai dengan profil perusahaan mereka sehingga nantinya akan cocok untuk dilakukan kerja sama.

Instagram mengungkapkan bahwa pasar konten kreator Instagram adalah tujuan baru yang memungkinkan brand menemukan konten kreator yang mungkin ingin mereka hubungi.

Dengan kata lain, fitur ini adalah merupakan alat yang komprehensif untuk menemukan mitra kreatif potensial untuk kampanye yang membutuhkan pengetahuan mendalam tentang tren dan perilaku penggunaan untuk memaksimalkan daya tarik dan resonansi.

Melalui Creator Marketplace yang baru, brand akan dapat mengelola proses kampanye secara penuh dalam kerja sama mereka dengan para konten kreator pilihan mereka, termasuk detail seperti hasil yang diinginkan, pembayaran, dan informasi lainnya.

Sayangnya masih belum diketahui kapan fitur ini akan masuk ke Indonesia, namun tentunya Instagram akan membawa fitur ini ke pengguna global secara bertahap. Saat ini, fitur Creator Marketplace ini masih dalam tahap pengujian untuk kalangan terpilih di Amerika Serikat yang mendapatkan undangan dari pihak Instagram.

Baca juga: Instagram Hadirkan Juni Dump Dalam Fitur Story, Simak Selengkapnya

Sebelumnya, TikTok telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa yakni bernama Creator Marketplace TikTok dimana brand dapat menemukan talenta TikTok teratas secara internal, dan kini pihak Meta juga memperluas fungsionalitasnya ke arah ekonomi kreator.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: embedsocial.com, techbriefly.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Social Media

Unbox.id – Meta akhirnya menambahkan fitur untuk melihat percakapan yang sedang trending di Threads. Aplikasi pesaing Twitter tersebut merilis fitur Trending Now untuk semua...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu aplikasi media sosial terpopuler, Instagram, disebut-sebut punya fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan ulang foto yang ingin diunggah. Dikutip dari...

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...