Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Ini Kata Twitter Soal Kebocoran Data 200 Juta Penggunanya

Twitter Data Leak_1
Aplikasi Twitter akhinya buka suara soal kebocoran data terhadap para penggunanya. (Sumber: Malwarebytes)

Unbox.id – Pada awal Januari, hingga 200 data pribadi pengguna Twitter dilaporkan bocor dan dijual gratis di forum hacker Breached Forums. Data pribadi tersebut adalah nama pengguna (handle) dan alamat email dari para pengguna Twitter. Menanggapi kejadian ini, Twitter mengklaim melalui blog resminya bahwa bocoran data terbaru bukan berasal dari sistem perusahaan. “Kami mengambil tanggung jawab kami untuk melindungi informasi pribadi Anda dengan serius,” tulis Twitter di blognya.

Kebocoran Data Bukan Dari Sistem Perusahaan

“Menanggapi berbagai laporan media tentang penjualan informasi pribadi pengguna di forum online, kami melakukan penyelidikan dan tidak ada bukti pelanggaran data dalam sistem Twitter,” lanjut Twitter. Twitter juga menambahkan bahwa informasi yang dibagikan di forum online kemungkinan merupakan kumpulan informasi yang tersedia untuk umum.

Dengan cara ini Anda dapat yakin bahwa data pribadi yang dikirimkan bukanlah informasi penting. “Informasi (yang bocor) kemungkinan merupakan kumpulan informasi yang sudah (tersedia) di internet dan dari berbagai sumber,” tambah Twitter. Kebocoran 200 juta itu berasal dari akun ThinkingOne, yang memposting data tentang pengguna Twitter di forum online.

Dugaan data sebesar 63 GB tersebut meliputi nama pengguna, alamat email, pegangan, tanggal pembuatan akun, dan nomor pengikut dari 209.595.668 pengguna Twitter. Namun, tidak ada nomor telepon, kata sandi, dan informasi penting lainnya yang terungkap dalam 200 pelanggaran data tersebut. Namun, Zoltan tetap meyakini bahwa hal ini tetap akan mempengaruhi keamanan pengguna.

Peretas dapat menggunakan berbagai cara untuk melakukan kejahatan/serangan dunia maya. Mulai dari pesan phishing, spamming hingga pengungkapan identitas orang di internet (doxing). Selain insiden kebocoran ini, Twitter tampaknya cukup sering menghadapi data. Acara di tahun 2022, pertama di bulan Agustus. Insiden itu dilaporkan membocorkan 5,4 juta informasi pribadi, termasuk nomor telepon dan alamat email.

Baca juga: Twitter Hadirkan Fitur FYP Yang Mirip TikTok

Bukan Pertama Kalinya Kebocoran Data

Twitter Data Leak_2

Kebocoram banyak data penggunanya bukan hanya terjadi pada kali ini saja. (Sumber: Gizmodo)

Twitter juga mengonfirmasi bahwa pada Agustus 2022, data pribadi 5,4 juta pengguna Twitter bocor ke internet. Data terdiri dari nama pengguna, alamat email, nomor telepon, dll. Twitter juga mengonfirmasi kerentanan yang digunakan peretas untuk mengambil alamat email dan nomor telepon dari jutaan tanggal yang bocor.

Ini karena bug di API Twitter versi 2021. Hal ini menunjukkan bahwa insiden aliran data yang terjadi berasal dari satu sumber, yaitu kerentanan pada kode pemrograman Twitter, yaitu. versi API lama 2021. Di sisi lain, dilaporkan bahwa peretas mengeksploitasi kerentanan di API Twitter untuk mengumpulkan data sekitar 17 pengguna Twitter.

Pemerintah Uni Eropa telah mendaftarkan beberapa kasus dan mulai menyelidiki sejak laporan pertama yang diterbitkan pada Juli 2022. Pihak lain, Federal Trade Commission (FTC), juga menyelidiki pelanggaran data serupa.

Seperti diberitakan di The Verge, mantan kepala keamanan Twitter Peiter Mudge Zatko mengajukan “keluhan” kepada pemerintah AS. Karena Twitter mengisi banyak celah dalam menjaga keamanan siber. Tidak menutup kemungkinan jika Anda mempunyai Twitter pada hari ini juga, data peribadi Anda sudah bocor di Forum tersebut. Tetaplah waspada dimanapun kita berada.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Apps & Games

Unbox.id – X, alias Twitter, telah memperluas dukungan untuk keamanan login kata sandi, menjadikan opsi tersebut tersedia bagi pengguna di seluruh dunia, selama mereka...