Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Ini Dia Keunggulan USB Type C Yang Perlu Anda Ketahui!

USB Type C_1tc
Ketahui kelebihan dari USB Type C yang cukup menarik untuk penggunaan smartphone Anda setiap harinya. (Sumber: CNET)

Last updated on 28 Juni, 2024

Unbox.id – Semakin hari, keunggulan USB Type C mulai dikenal oleh berbagai produsen teknologi, mulai dari ponsel hingga komputer. Selain itu, keunggulan USB Type C juga semakin banyak dicari oleh berbagai lapisan masyarakat yang sangat paham dengan perkembangan teknologi saat ini. Disadari atau tidak, sebelum beragam keunggulan USB Type C, standar teknologi juga mulai sedikit berubah. Perkembangan teknologi terus mengalami perubahan yang tentunya sangat membantu untuk mempermudah aktivitas sehari-hari masyarakat. Salah satunya adalah pembaruan dan pengembangan USB Type C. Berbeda dengan pendahulunya yakni micro USB, USB Type C memiliki keunggulan lebih, salah satunya adalah kemampuan mengisi daya lebih cepat.

baca artikel menarik lainnya tentang : merk kabel charger terbaik

Mengenal USB Type C

USB Type C pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Dalam sejarah perkembangan USB Type C, produsen teknologi merek Apple dengan produk Macbook menjadi perangkat pertama yang menggunakan USB Type C.

Butuh waktu hampir 3 tahun sejak USB Type C pertama kali diperkenalkan, dan banyak merek ponsel dan laptop telah mengintegrasikan USB Type C ini ke dalam produk mereka.

baca artikel menarik lainnya tentang : kabel type c terbaik

Memang untuk mengikuti perkembangan teknologi, produsen teknologi harus segera mengikuti perkembangan teknologi terbarukan ini.

Dengan beragam kelebihan yang dimiliki USB Type C, cukup mampu menaikkan harga jual suatu produk. Selain itu, permintaan produk baik laptop maupun handphone dengan fungsi USB Type C juga menjadi sangat tinggi.

baca artikel menarik lainnya tentang : kabel data iphone terbaik

Anda mungkin belum pernah atau bahkan menggunakan USB Type C jenis ini. Namun tahukah Anda bahwa beragam keunggulan USB Type C telah sangat memudahkan aktivitas manusia saat ini. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai keunggulan USB Type C yang bisa didapatkan dari berbagai sumber.

Pengisian Daya Yang Lebih Cepat

USB Type C_2tc

Tipe kabel ini juga dikenal bisa membeirkan daya pengisian baterai yang cepat untuk perangkat gadgetnya. (Sumber: ZDNET)

Kelebihan dari USB Type C yang pertama adalah kemampuannya untuk mempercepat pengisian daya alias fast charging. USB Tipe C memiliki peringkat daya 100 watt dan berisi 24 pin kecil.

Selain itu, USB Type C dapat mengalirkan arus lebih banyak yaitu 20 volt dan 5 ampere, sedangkan micro USB hanya dapat mengalirkan arus terbatas pada 5 volt dan 1,8 ampere.

Adanya metode fast charging yang dipunyai USB Type C membuat USB jenis ini semakin diminati pasar teknologi, tak terkecuali smartphone. USB Type C inipun mulai dikembangkan untuk mengisi daya perangkat lain seperti printer.

Baca juga: Android Mendadak Tidak Bisa Dicharge? Ini Cara Mengatasinya!

Transfer Data Juga Lebih Cepat

Selain itu, keunggulan USB Type C yang merupakan faktor penting yang mengubah standar teknologi di berbagai perangkat adalah kemampuannya untuk mentransfer data lebih cepat. Padahal, kecepatan transfer data pada USB Type C ini adalah 10 Gbps.

Tentunya kemampuan transfer data sangat diminati oleh banyak orang, karena penggunaan data saat ini meningkat sangat tinggi dan dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat tentunya dapat menghemat waktu tempuh transfer file yang berbeda.

Beberapa produsen USB flash drive bahkan telah merilis jenis USB flash drive yang menggunakan Type C. Selain itu, dalam dunia rekaman, USB Type C secara bertahap mulai digunakan sebagai penghubung antar perangkat. Hal ini untuk meningkatkan data yang digunakan dan untuk menghindari kehilangan data.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Perawatan dalam menggunakan smartphone atau ponsel pintar saat ini masih penting untuk dilakukan. Meski tipe ponsel pintar saat ini terbilang lebih...

Hardware

Unbox.id – Wireless charger adalah teknologi pengisian daya nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat elektronik tanpa menggunakan kabel. Wireless charger bekerja dengan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Pengisi daya adalah salah satu aksesoris yang sangat diperlukan untuk smartphone. Meskipun setiap ponsel cerdas dilengkapi dengan pengisi daya standar dalam paket...

Merk

Jakarta, Unbox.id – Apple akan segera meluncurkan AirPods Pro generasi kedua dengan model port USB type C. Berdasarkan analisis pengamat di China, Ming Chi...