Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ini Dia Keunggulan Snapdragon 660 dan 630 Besutan Qualcomm

Keunggulan Snapdragon 660 dan 630

Qualcomm resmi menelurkan chipset terbaru mereka yakni Snapdragon 660 dan 630. Lantas apa saja keunggulan Snapdragon 660 dan 630? Disini jawabannya.

Qualcomm Technologies resmi memperkenalkan dua platform mobile terbaru yaitu, Qualcomm Snapdragon 660 dan 630. Keduanya dirancang untuk mendorong terjadinya lompatan kinerja yang signifikan dalam hal teknologi fotografi canggih dan peningkatan pengalaman bermain game, selain juga peningkatan daya tahan baterai serta kecepatan LTE.

Dengan peluncuran platform mobile Snapdragon 660 dan 630 ini, maka berbagai fitur unggulan, seperti perbaikan kualitas gambar dan kemampuan LTE yang cepat, kini tersedia pada berbagai perangkat tanpa harus mengorbankan kinerja atau kualitas. Platform Mobile Snapdragon 660 dan 630 berfokus pada tujuh kategori fitur, antara lain:

Keunggulan Snapdragon 660 dan 630

Chipset Snapdragon 660 dan 630

Kamera: Fitur premium ISP Qualcomm Spectra 160 mampu meningkatkan kualitasgambar fotografi dengan menampilkan warna kulit yang lebih alami, pengambilangambar yang jauh lebih baik pada kondisi rendah cahaya, serta efisiensi tenaga yang lebihbaik dan throughput yang lebih tinggi untuk ponsel pintar dengan kamera ganda.Beberapa fitur seperti optical zoom yang mulus, efek bokeh, dual pixel autofocus, danstabilisasi perekaman video juga didukung keduanya.

Pemrosesan Audio/Visual: DSP Qualcomm Hexagon 680 dengan fitur vectorextensions (HVX) pada platform mobile Snapdragon 660 memungkinkan untukmelakukan pemrosesan gambar, komputasi, dan pekerjaan machine learning denganperforma tinggi namun hemat daya. Ini merupakan, salah satu fitur premium yang barupertama kali hadir di seri 600. Optimalisasi piranti lunak juga mendukung TensorFlowdan Halide. Selain itu, kedua platform ini juga mendukung teknologi Qualcomm AllWays Aware dengan dukungan untuk Google Awareness API. Teknologi inimemberikan pengalaman ―always-on dengan daya yang sangat kecil berkat HexagonDSP.

Konektivitas: Snapdragon 660 dan 630 dilengkapi dengan modem LTE Snapdragon X12 dan mengunakan transciever SDR660RF terbaru yang mendukung kecepatan downlink hingga 600Mbps. Ini juga merupakan inovasi terbaru pada jajaran SoC seri 600. Selain itu, Snapdragon 660 mendukung 2×2 MU-MIMO 802.11ac Wi-Fi untuk memberikan troughput data dua kali lipat dengan konsumsi daya 60 persen lebih rendah dibanding Snapdragon 652. Fitur ini juga memberikan jangkauan (coverage) yang lebih baik, terutama di dalam rumah dan kantor dengan dinding bata dan beton yang sulit ditembus, serta fitur canggih seperti LTE/Wi-Fi antenna sharing, dan operasi Dual Band Simultaneous (DBS). Kedua platform juga hadir dengan RF front-end canggih termasuk pengaturan antena adaptif Qualcomm TruSignal dengan carrier aggregation yang dirancang untuk mengoptimalisasi kualitas sinyal secara dinamis pada berbagai kondisi pengguna untuk jangkauan jaringan yang luas dan pengalaman data serta suara yang lebih konsisten. Snapdragon 660 dan 630 adalah chipset seri 600 yang pertama kali dilengkapi dengan teknologi yang bisa menyesuaikan kebutuhan daya dari perangkat penangkap sinyal (envelope tracking), termasuk dukungan high-power user equipment (HPUE) untuk efisiensi daya dan kinerja suhu yang superior. Kedua platform juga dilengkapi dukungan Bluetooth 5 yang mampu melipatgandakan jumlah data yang dapat ditransfer perangkat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

CPU dan GPU yang lebih baik: Platform mobile Snapdragon 660 adalah penerus dari Snapdragon 652 yang memiliki 20 persen peningkatan pada CPU Qualcomm® Kryo 260 dan 30 persen peningkatan pada kinerja GPU Qualcomm® Adreno 512, memberikan pengalaman gaming dan multimedia yang lebih baik bagi pengguna. Snapdragon 630, yang meneruskan Snapdragon 625, menawarkan 30 persen peningkatan kinerja pada GPU Adreno 508 dibandingkan pendahulunya. Kedua platform dirancang untuk menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik.

Qualcomm Quick Charge 4: Platform mobile Snapdragon 660 dan 630 juga dilengkapi inovasi terbaru dari teknologi Quick Charge. Teknologi ini memberikan waktu bicara hingga 5 jam dalam waktu 5 menit, dan mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 15 menit.

Keamanan: Kedua platform mendukung Qualcomm® Mobile Security yang memberikan fokus keamanan berbasis perlindungan piranti keras, otentikasi pengguna, dan validasi dalam perangkat mobile.

Machine Learning: Pihak OEM dan developer juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang imersif dan menarik dengan machine learning pada platform mobile Snapdragon 660 dan 630 dengan menggunakan development kit Snapdragon Neural Processing Engine. Kerangka piranti lunak heterogen ini menawarkan dukungan untuk Caffe/Caffe2 dan TensorFlow, membuatnya menjadi seperti otak manusia, mampu mengidentifikasi dan mencocokan inti mana yang digunakan – CPU, GPU, atau DSP/HVX – untuk menjalankan perintah tertentu.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan sejumlah teknologi baru dalam AI sintetik, komputasi cerdas, dan konektivitas nirkabel di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024....

Hardware

Unbox.id – Seri Samsung Galaxy S24 resmi diluncurkan pada acara Galaxy Unpacked 2024, di San Jose, California pada 17 Januari 2024 pukul 10.00 waktu...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan sebelumnya, merk iQOO meluncurkan smartphone tipe 12 5G. Di mana produk ini menampilkan chip Snapdragon 8 Gen 3, di...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id – Pada tahun 2021 lalu, perusahaan Xiaomi secara resmi merilis produk smartphone dengan nama Mix 4. Ia merupakan satu-satunya ponsel cerdas buatan...