Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ini Dia Deretan Teknologi Smartphone Kekinian

Teknologi smartphone_1
Ada beberapa teknologi dari smartphone yang cukup menarik untuk diketahui oleh para penggunanya. (Sumber: The BIO Agency)

Unbox.id – Tahun ke tahun telah berganti, teknologi yang diterapkan pada smartphone terus berkembang pesat. Banyak fitur dan hal baru yang muncul pada smartphone. Salah satu contohnya adalah teknologi komunikasi satelit yang hadir di iPhone 14. Melalui teknologi tersebut, pengguna bisa mengirim sinyal darurat meski dalam kondisi tidak ada jaringan telekomunikasi. Selain itu, ada juga sejumlah teknologi lain-Nya yang hadir pada smartphone. Nah, ini dia beberapa deretan teknologi smartphone kekinian yang sudah maupun akan hadir.

Kaca anti pecah Huawei Kunlun

Kunlun Glass Huawei_1

Huawei hadirkan kaca pelindung canggih untuk produk-produk smartphonenya yang bernama Kunlun. (Sumber: Huawei Central)

Huawei merupakan vendor smartphone asal China yang memperkenalkan teknologi kaca pelindung baru utuk smartphone. Kaca pelindung tersebut bernama “Kunlun”.

Kaca pelindung ini hadir di Huawei Mate 50 Series. Kunlun adalah lapisan kaca pelindung yang dibuat menggunakan gabungan 100 juta kristal yang sudah dioksidasi dengan logam spesifik. Kaca pelindung Kunlun ini didesain Huawei secara khusus melalui proses peleburan yang lebih lama dari kaca pada umumnya.

Komunikasi satelit

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan meski tidak terhubung dengan jaringan internet atau seluler, teknologi komunikasi satelit ini mulai dikenal sejak iPhone 14 dirilis pada Oktober 2022.

Komunikasi satelit dapat digunakan ketika saat dalam keadaan darurat. Misalnya, ketika tersesat di sebuah tempat tanpa ada jaringan seluler yang memadai. Dengan teknologi ini, pengguna ponsel dapat mengirim pesan teks serta lokasi untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga: Ketahui Saran Dalam Beli Smartphone Di Tahun 2023

“Dynamic Island” Apple

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang diperkenalkan pada 2022 lalu, membawa inovasi anyar yaitu “Dynamic Island”. Dynamyc Island menggantikan poni fisik di dua ponsel tersebut.

Dynamic Island menjadi salah satu inovasi pada tahun 2022 yang banyak diperbincangkan. Apple menggabungkan teknologi hardware dan software-nya untuk memanfaatkan area punch hole yang berada di bagian depan layar menjadi dinamis.

Teknologi Ray Tracing di smartphone

Ray Tracing Smartphone_1

Pada bagian sistem chipset dari Snapdragon bersi terbaru, terdapat sistem Ray Tracing Smartphone yang cukup canggih. (Sumber: Android Authority)

Produsen chipset seperti MediaTek dan Qualcomm sudah memperkenalkan chipset terbarunya yang mendukung Ray Tracing. Chipset yang mendukung teknologi ini adalah Dimensity 9200 dan Snapdragon 8 Gen 2.

Ray Tracing sendiri adalah teknik rendering tiga dimensi (3D) untuk memvisualisasikan refleksi cahaya dan efek sinematis secara real time di dalam game.

Fitur pendeteksi tabrakan

Fitur yang bernama Crash Detection ini adalah fitur yang diperkenalkan oleh Apple di iPhone 14 series. Seperti namanya, fitur tersebut mampu mendeteksi saat-saat pengguna mengalami sebuah tabrakan.

Fitur tersebut akan bekerja berkat sensor gerak giroskop 3-axis dan akselerometer G-force tinggi. Sensor ini diklaim dapat mengukur hingga 256 G (Gravitasi) dan mampu mengambil sampel empat kali lebih cepat dari 3.000 kali perdetik.

Baca juga: Ini Trik Untuk Hilangkan Iklan Di Smartphone Xiaomi

Teknologi AI Semantic Segmentation

MediaTek dan Qualcomm meluncurkan chipset baru yang dibekali teknologi AI Semantci Segmentation. Teknologi ini berfokus pada tampilan perangkat, salah satunya pada sektor fotografi.

Hasil gambar yang diambil dapat memiliki kualitas yang lebih tinggi dari umumnya, tetapi konsumsi daya yang dipakai sedikit. Kesimpulan-Nya, teknologi pencitraan ini memungkinkan perangkat mengenali wajah, rambut, pakaian, latar belakang seseorang, dan lain-lainnya.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...