Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Ini Dia Cara Update Android 13 di HP Samsung

Android 13_1_1
Berikut ada cara yang bisa dilakukan untuk update Android 13 di perangkat hp Samsung. (Sumber: SamMobile)

Unbox.id – Ada beberapa ponsel Samsung sudah bisa mendapatkan Android 13. Vendor ponsel asal Korea Selatan itu sudah mulai menggulirkan Android 13 ke sejumlah lini Galaxy sejak Oktober 2022 lalu.

Pada saat itu, update android 13 digulirkan bersamaan dengan One UI 5.0. Samsung rencananya akan menyebar update Android 13 ke lebih dari 80 ponselnya hingga April 2023 mendatang. Sehingga, saat ini juga masih ada beberapa ponsel Samsung Galaxy yang belum dapa diupdate ke Android 13.

Jika Anda penasaran, tidak ada salahnya untuk mengecek lebih dulu apakah ponsel Samsung sudah mendapatkan update Android 13 atau belum. Apabila sudah dapat kebagian update Android 13, Anda bisa langsung mengunduh dan menginstalnya.

Berikut adalah cara untuk mengecek apakah ponsel Samsung Anda sudah mendapat update Android 13 atau belum, bisa dilakukan dengan Langkah berikut:

Cara Update Android 13 di HP Samsung

Sistem Android 13 yang ada pada saat ini dan juga menjadi pilihan tersendiri bagi para penggunanya memang menjadikannya sebagai pilihan platform sistem yang cukup menarik untuk bisa digunakan di waktu kesehariannya. Lebih lanjut untuk bisa mendapatkan perangkat sistem terbarunya itu, berikut beberapa cara untuk update sistemnya.

  • Buka menu “Settings”.
  • Klik “Software update”.
  • Klik “Download and install”.
  • Apabila sudah mendapatkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13, pengguna akan melihat jendela seperti gambar di samping.
  • Klik “Download”
  • Klik “Install Now”

Sebelum update, pastikan dulu bahwa baterai ponsel masih mencukupi agar proses pembaruan software berjalan dengan lancer tanpa hambatan.

Selain itu, pastikan pula kecepatan internet berjalan dengan stabil agar proses pengunduhan tidak memakan waktu cukup lama. Pastikan juga masih ada cukup ruang penyimpanan pada perangkat untuk mengunduh software.

Baca juga: Sistem Android 13 Hadir Di Lima Smartphone Nokia

Fitur Android 13 Dengan Antarmuka OneUI 5.0

OneUi 5.0_1_1

Samsung juga turut gunakan perangkat sistem OneUI 5.0 di dalam sistem terbarunya itu. (Sumber: TribunStyle)

Android 13 membawa sejumlah fitur baru, seperti opsi tema warna yang lebih banyak, menggabungkan widget untuk menghemat banyak ruang layar, ada pula kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mede Samsung Dex yang lebih ditingkatkan lagi.

Seperti yang sudah dibahas dsebelumnya, Samsung menggulirkan Android 13 bersamaan dengan OneUI 5.0. Di pembaruan ini, Samsung akan lebih banyak memberikan lebih banyak personalisasi yang ditingkatkan dan dijanjikan bakal lebih memudahkan penggunaan lintas perangkat Samsung Galaxy.

Beberapa fitur baru yang dibawa One UI 5.0 adalah gaya jam barunya yang dibuat dengan cukup menarik, pop up notifikasi yang berbeda dengan versi UI sebelumnya, hingga kemampuan untuk memotong video serta memasangnya di lockscreen (layar kunci).

Update ini memungkinkan pengguna ponsel Samsung untuk dapat menikmati beberapa fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih kaya, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang tentunya sudah ditingkatkan lagi.

Selain pengalaman yang lebih personal, antarmuka ini juga telah diklaim menawarkan fitur keamanan yang sudah ditingkatkan. Misalnya One UI 5.0 akan memperingatkan penggunanya ketika mereka sedang membagikan foto yang mungkin memuat data penting seperti paspor atau kartu identitas lainnya.

Fitur lain yang turut dibawa yaitu jendela split-screen yang bisa disimpan, berbagai mode yang disesuaikan dengan kegiatan pengguna, menambahkan watermark pada sebuah foto, mengekstrak teks hasil scan dengan kamera ponsel, serta fitur-fitur menarik lainnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...

Tech Industry

Unbox.id – Malware Android baru yang menargetkan perusahaan perbankan, PixPirate, dikatakan memiliki metode baru untuk tetap tersembunyi di ponsel atau ponsel sambil tetap aktif,...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Brand ponsel pintar Poco baru-baru ini mengonfirmasi akan meluncurkan Poco X6 Neo pada 13 Maret di pasar India. Ponsel cerdas yang...