Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ini Cara Atasi Untuk Ponsel Yang Cepat Panas Pas Main Game Berat

Smartphone Gaming_1sgg
Ketahui beberapa tips apagbila ponsel cepat panas ketika bermain game berat. (Sumber: Back2Gaming)

Unbox.id – Saat memainkan game berat, ponsel harus bekerja keras untuk memproses gambar yang ditampilkan di dalam game, sehingga baterai cepat habis dan suhu di dalam ponsel meningkat pesat. Inilah faktor internal yang menyebabkan ponsel cepat panas. Selain itu, faktor lain perlu mendapat perhatian khusus, seperti prosesor yang tidak dilengkapi dengan sistem pendingin. Kemudian ada juga faktor eksternal seperti letak lapangan permainan. Terlepas dari itu semua, ada beberapa cara mengatasi ponsel yang terlalu panas saat bermain game. Cara-cara berikut telah dicoba dan ternyata efektif untuk mengurangi panas baterai ponsel.

Lepas Casing Saat Bermain Game

Case memang aksesoris handphone yang sangat berguna dalam melindungi body dari goresan atau kerusakan yang cepat. Namun, dari segi panas, casing ponsel justru bisa memperburuk kondisi ponsel karena panas yang dikeluarkan ponsel diserap dan tidak dipancarkan.

Bagi Anda yang belum tahu, setiap casing smartphone dilengkapi dengan partikel besi halus yang berfungsi sebagai penghantar untuk mengalirkan panas kedalamnya. Jika panas tidak dilepaskan, panas akan terakumulasi dan dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas. Jadi saat bermain game, lebih baik melepas casing ponsel terlebih dahulu.

Kurangi Tingkat Kecerahan

Smartphone Gaming_2sgg

Tingkat kecerahan pada produk smartphonenya juga mempengaruhi suhu panas di perangkatnya tersebut. (Sumber: Brilio.net)

Menggunakan ponsel dengan pengaturan kecerahan layar yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab smartphone cepat panas. Oleh karena itu, jika ingin bermain game, aturlah pengaturan brightness ke low.

Selain melembutkan aktivitas ponsel, menurunkan tingkat kecerahan juga akan membantu menjaga kesehatan mata Anda agar tidak terlalu banyak terpapar radiasi akibat kecerahan smartphone dan lebih efektif menguras baterai.

Kecilkan Volume

Ternyata suara juga bisa menjadi salah satu penyebab ponsel cepat panas saat digunakan untuk bermain game. Alasannya sama, karena dengan suara keras, kinerja ponsel akan lebih berat.

Solusi, gunakan saja volume rendah saat bermain game atau bila perlu matikan. Memang meredam atau mematikan suara saat bermain game membuat mood tidak terlalu berantakan, namun terkadang hal tersebut harus Anda lakukan jika ingin ponsel tidak kepanasan.

Baca juga: Ketahui Ponsel Gaming Yang Pas Dan Kuat Untuk Game Berat

Tutup Aplikasi Lain di Background

Smartphone Gaming_3sgg

Menutup aplikasi lainnya pada sistem smartphonenya itu juga dapat mengurangi suhu panas di perangkatnya. (Sumber: Popular Science)

Jika ingin bermain cukup keras, sebaiknya tutup dulu semua aplikasi yang berjalan di background sebelum membuka aplikasi game tersebut.

Pasalnya, smartphone membutuhkan ruang RAM yang tidak sedikit saat menjalankan game-game berat. Jadi ponsel Anda dapat menangani grafik game dengan lebih mudah tanpa mengotak-atik aplikasi lain.

Main Game Secukupnya Saja

Yang terakhir ini mungkin terdengar klise, tapi ini sangat penting. Yang terbaik adalah memainkan game di ponsel cerdas Anda dalam waktu singkat karena akan membuat ponsel cerdas Anda lebih cepat panas.

Selain itu, bermain game dalam waktu singkat juga membantu menjaga kestabilan kondisi lini dapur. Di atas adalah tips mengatasi ponsel yang cepat panas saat bermain game. Meski tidak bisa sepenuhnya menurunkan panas, setidaknya tips ini bisa menghadirkan kenyamanan saat bermain game.

Semoga artikel ini membantu Anda, ya. Ingatlah untuk selalu memperhatikan waktu saat bermain game. Kalau perlu, buatlah program permainan, misalnya hanya 1-2 jam sehari. Semoga beruntung!

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Infinix Hot 40 Pro merupakan salah satu dari dua lini ponsel baru Infinix yang diluncurkan di Indonesia. Infinix Hot 40 Pro sendiri...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang digandrungi banyak pengguna ponsel. Hampir semua kalangan meminati permainan tersebut, baik tua, muda, anak-anak maupun...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Game dengan grafis yang berat dan menarik memang seru untuk dimainkan. Namun akan lebih asyik lagi jika bermain dengan ponsel gaming terbaik...

Tech Industry

Unbox.id – Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Hampir semua kalangan meminati permainan ini, baik tua maupun muda,...