Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Drive Desktop Hentikan Dukungan di OS Windows 8

Google Drive
Google Drive desktop hentikan dukungan pada OS Windows 8 dan 8.1 pada Agustus | foto: PCMag Australia

Jakarta, Unbox.id – Aplikasi dekstop Google Drive tidak akan lagi support dengan sistem operasi Windows 8 dan 8.1 pada bulan Agustus 2023. Hal ini senada dengan informasi yang ada di laman Android Police melalui The Verge pada 09 Juni 2023.

Aplikasi desktop untuk Google Drive sendiri memungkinkan Anda menyinkronkan file dan folder di komputer. Anda dapat memanfaatkan layanan online penyimpanan awan layaknya aplikasi yang terpasang di Smartphone untuk mencadangkan foto dan video.

Baca juga: Resmi Dirilis! Ini Lenovo Yoga Slim Terbaru!

Mulai Agustus, pengguna di Windows 8 / 8.1 atau mereka yang menjalankan Windows 10 versi 32-bit tidak akan dapat menggunakan aplikasi. Pengguna tidak dapat lagi melakukan sinkronisasi atau mencadangkan file mereka melalui aplikasi Google Drive.

Google Drive Tetap Bisa Anda Pakai di Browser

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab pembaruan ini tidak akan memengaruhi pengguna aplikasi yang diakses melalui peramban. Akses melalui browser seperti Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Hal ini ada kaitannya dengan penggunaan peramban atau browser yang benar-benar mereka butuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, mayoritas pemilik akun juga lebih banyak memakai aplikasi penyimpanan tersebut di browser ketimbang aplikasi desktop.

Baca juga: Apa Saja Ponsel dengan RAM Besar yang Paling Bagus Saat Ini?

Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan aplikasi secara langsung yang ada di desktop, hal yang harus Anda lakukan adalah mengupgrade. Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak ke versi terbaru agar dapat menjalankan aplikasi tersebut.

Akhir Sebuah Era Windows 8/8.1

Pembaruan ini perlahan-lahan tapi pasti menutup era Windows 8 / 8.1. Microsoft menghentikan sistem operasi yang sudah tua dari pembaruan keamanan dan dukungan teknis pada bulan Januari 2023 lalu beserta beberapa fitur lainnya.

Sementara itu, Google sendiri telah meluncurkan varian pertama dari Chrome yang tidak mendukung Windows 7 dan Windows 8 / 8.1 pada bulan Februari. Ada banyak fitur baru yang ada di dalamnya, seperti tampilan yang lebih baru.

Tidak hanya Chrome, peramban lain seperti Mozilla Firefox juga memiliki rencana untuk mengakhiri pembaruan keamanan untuk Windows 7 dan 8 / 8.1. Rencananya, mereka akan melakukan penghentian tersebut pada tahun depan.

Sumber: The Verge

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...