Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Google Drive: Cara Cepat Menyimpan dan Membagikan Link

Google Drive
ilustrasi penyimpanan Google Drive | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Sebagian besar masyarakat yang menggunakan media digital untuk keperluan sehari-hari, seperti perkantoran, pendidikan, atau kepenulisan bergantung dengan fasilitas Google Drive. Selain menyediakan fitur penyimpanan yang praktis, anda juga bisa membagikan file berupa link. Sehingga anda tidak perlu lagi mengirimkan file tersebut secara utuh.

Namun, apakah anda termasuk yang belum mengetahui manfaat penting dari fitur Google Drive yang mendukung segala jenis smartphone ini? Fitur penyimpanan awan yang paling banyak digunakan saat ini tersebut sangat berbeda dengan penyimpanan lain. Anda dapat menjadikan satu segala jenis file yang anda buat melalui aplikasi Google. Seperti dokumen, presentasi, formulir, hingga situs.

Nah, berikut ini adalah cara penggunaan Google Drive yang sangat sederhana bagi anda yang belum mengetahui cara pemakaiannya. Simak artikel ini selengkapnya.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menyimpan file adalah upload langsung dari aplikasi. Jika ponsel anda tidak memiliki aplikasi penyimpanan Google tersebut, anda harus melakukan download dari playstore. Setelah anda selesai menginstal Google Drive, anda tinggal membuka halaman depannya dan daftarkan diri menggunakan email.

baca juga : Nest Hub Versi Terbaru Google Akan Segera Rilis di Tahun Ini

Langkah kedua adalah anda dapat melihat tombol plus (+) pada bagian kanan bawah yang melambangkan penambahan file. Ketika anda menekan tombol tersebut, akan muncul enam pilihan, di antaranya ada pilihan upload untuk mengunggah file yang anda inginkan.

Langsung saja tekan pilihan ‘upload’ yang berlogo panah ke atas. Kemudian layar akan beralih ke penyimpanan file, setelahnya anda tinggal memilih file mana yang ingin anda unggah di Drive. Pengunggahan ini membantu anda untuk mengantisipasi kelebihan muatan pada memori. Anda dapat menghapus file yang sudah anda unggah sehingga memori anda mendapat ruangan.

Selain pilihan untuk mengunggah file, anda juga dapat memindai berkas tertulis dengan menekan tombol pindai berlogo kamera pada bagian kanan opsi. Foto yang anda ambil akan langsung terkonversi menjadi file PDF yang dapat terbaca hurufnya dengan jelas.

Cara Berbagi File Dengan Link

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara membagikan file melalui link Google Drive. Sebenarnya ini cukup mudah, dan lebih mudah jika anda melakukannya lewat perangkat desktop. Namun, penjelasan kali ini akan dijelaskan bagaimana membuat link drive dengan aplikasi android.

Langkah pertama-tama adalah buka aplikasi anda, kemudian pilih file atau folder yang ingin anda bagikan linknya. Perhatikan di bawah gambar berkas tersebut, anda akan melihat tiga titik yang menjadi opsi atau pilihan tindakan. Tekan titik tiga tersebut, dan pilih opsi ‘Kelola orang dan link’ setelah muncul pilihannya.

baca juga : Tata Cara Mengunduh Gambar dari Google Foto

Di sana akan tampil bentuk setelan link yang bertuliskan ‘Dibatasi, hanya orang yang ditambahkan yang dapat membuka link ini’. Sementara di paling bawah ada tombol ‘ubah’, tekan tombol tersebut dan centang pilihan setelan link menjadi ‘siapa saja yang memiliki link’.

Nah, setelah itu anda bisa menyalin link dari tombol link yang berada di bagian kanan atas layar aplikasi anda. Selamat mencoba!

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Ada kabar buruk bagi mereka yang menggunakan layanan VPN yang disertakan dengan Google One. Dalam email yang dibagikan kepada beberapa pengguna, Google...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Tech Industry

Unbox.id – CEO perusahaan induk Google, Alphabet, Sundar Pichai pun mengucapkan selamat Idul Fitri melalui media sosial. Bos Google memposting tweet online tentang kebahagiaan...

Tech Industry

Unbox.id – Google Maps telah memantapkan dirinya sebagai aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan di perangkat Android, menawarkan serangkaian fitur komprehensif yang memenuhi kebutuhan...