Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Ciptakan Situs Web Informasi tentang Coronavirus

Jakarta, Unbox.idBeberapa hari yang lalu, pada suatu kesempatan, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump berbicara mengenai sebuah wabah virus Corona yang sekarang sedang menyita perhatian seluruh dunia. Dia mengatakan bahwa Google sedang mengembangkan sebuah situs web yang akan memberikan informasi tentang coronavirus, seperti dengan daftar informasi tentang cara disaring/diuji, dan sebagainya.

Verily, Anak Perusahaan Google Alphabet

Namun, Verily (anak perusahaan dari perusahaan induk Google Alphabet) mengklarifikasi bahwa merekalah yang sebenarnya akan mengembangkan situs web yang disebutkan tersebut.

Sekarang sepertinya sudah ada titik kejelasan dari pernyataan presiden AS tersebut, karena Google kini telah maju langsung dan mengonfirmasi bahwa mereka juga akan ikut serta dalam mengembangkan situs web tersebut.

Google memberikan pernyataan, “Kami bermitra dengan pemerintah AS dalam mengembangkan situs web yang didedikasikan untuk pendidikan, pencegahan, dan sumber daya lokal COVID-19 secara nasional. Ini termasuk praktik terbaik tentang pencegahan, tautan ke informasi otoritatif dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), dan tips dan alat bermanfaat dari Google untuk individu, guru, dan bisnis.”

Google juga mengatakan bahwa mereka akan memasukkan informasi penting tentang virus ini ke dalam layanan lainnya seperti Google Search, Google Maps, dan YouTube. “Di YouTube, kami menggunakan beranda untuk mengarahkan pengguna ke video dari CDC atau lembaga kesehatan masyarakat lain yang relevan secara lokal. Kami menyoroti konten dari sumber otoritatif ketika orang mencari COVID-19, dan menyisipkan panel informasi untuk memberikan konteks tambahan dari sumber berkualitas tinggi. ”

Upaya Menyaring Misinformasi

Perusahaan raksasa tersebut juga menyatakan bahwa semua yang mereka lakukan ini dilakukan dalam upaya membantu menyaring serta mengekang informasi yang salah ataupun informasi bohong, terutama mengingat hampir semua orang di dunia yang sangat mengandalkan Google untuk mencari berita dan informasi yang ada secara cepat dan akurat.

Google juga akan mengambil beberapa tindakan berikut:

  • Mempromosikan di beranda kesadaran yang lebih besar tentang tindakan sederhana yang dapat dilakukan warga untuk mencegah penyebaran penyakit.
  • Mempromosikan informasi resmi melalui Pencarian Google dan YouTube.
  • Mengambil tindakan untuk melindungi pengguna dari informasi yang salah, termasuk phishing, teori konspirasi, dan malware.
  • Meluncurkan akses global gratis ke Hangouts yang canggih. Memenuhi kemampuan konferensi video ke pelanggan G Suite dan G Suite for Education hingga 1 Juli.
  • Mendukung upaya bantuan global secara finansial.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...