Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Chrome Mengalami Gangguan? Kenali Penyebab dan Solusinya

Google Chrome
Google Chrome tidak merespon, bagaimana cara memperbaikinya? | foto: lifewire

Jakarta, Unbox.id – Menjalankan browser Google Chrome seringkali mengalami kendala seperti gangguan server. Padahal, tidak terjadi masalah apa pun pada pusat penyedia layanan halaman. Apa penyebabnya dan bagaimana solusi masalah tersebut?

Dalam artikel ini, Unbox akan mengulas apa saja penyebab browser Google Chrome tidak berfungsi seperti semestinya. Seperti gambar yang tidak bisa muncul, tombol-tombol di layar tidak tersedia, dan gangguan lain seperti proses yang terlalu lambat atau sebagainya.

Baca juga: Waspadai Malware Clipper Yang Disebar Lewat Tor Browser Palsu

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat browser Google Chrome tidak berfungsi semestinya. Penyebab pertama adalah cache yang menumpuk di memori RAM aplikasi. Solusinya, Anda harus menghapus cache, cookies, serta data-data yang tidak penting.

Penyebab Google Chrome Terganggu serta Solusinya

Seperti yang sudah di jelaskan di paragraf sebelumnya, penumpukan cache di aplikasi menjadi penyebab yang paling umum. Terutama untuk para pelajar yang sering menggunakan browser dalam kegiatan belajar dan sebagainya.

Penggunaan browser yang terlalu sering akan membuat aplikasi mengunduh data yang sangat banyak. Sejatinya, sistem di aplikasi akan secara otomatis menghapus data tidak terpakai dalam jangka waktu tertentu seperti 7 hari sekali atau sebulan.

Baca juga: Browser Dengan Market Besar di Januari 2023 Kemarin

Namun, jika sebelum waktu yang ia tentukan tiba memori sudah penuh, bukan tidak mungkin akan terjadi gangguan. Nah, solusinya adalah pergi ke laman history atau riwayat, kemudian menghapus cache secara manual.

Penyebab Lain Selain Penumpukan Memori

Selain penyebab di atas, penyebab lain yang bisa memicu gangguan pada browser ini adalah pembaruan aplikasi yang belum diinstal. Pastikan anda mengecek pembaruan aplikasi yang disediakan oleh pengembang, yakni Google.

Kemudian, penyebab lain yang memengaruhi kinerja yang lambat ini adalah terdapat aplikasi lain yang mengganggu. Periksa apakah peramban Anda tidak memiliki ekstensi yang terlalu berat sehingga membuat peramban Anda lambat.

Nah, itu dia penyebab-penyebab yang umum terjadi pada browser Google Chrome Anda. Tentunya, ada penyebab lain yang mungkin lebih berbahaya, Anda bisa mengajukan aduan ke pengembang atau berkonsultasi langsung ke outlet terdekat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah memperbarui fitur Penjelajahan Aman default di Chrome untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap situs jahat. Hingga saat ini, fitur...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft meluncurkan iklan pop-up Bing di Chrome pada Windows 10 dan 11. The Verge melaporkan bahwa iklan tersebut memaksa pengguna Chrome untuk...