Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Google Bakal Tutup Allo Tahun 2019 Mendatang

Last updated on 9 Desember, 2018

Unbox.idHanya dalam beberapa hari yang lalu, sebuah laporan muncul yang menyatakan bahwa Google Hangouts akan ditutup pada tahun 2020 mendatang. Tidak butuh waktu lama rumor lain kembali muncul – kali ini, sehubungan dengan aplikasi Allo. Menurut 9to5Google, sumber yang dekat dengan masalah ini mengklaim bahwa Google akan menutup Allo segera. Rumor ini dengan cepat ditindaklanjuti dengan klarifikasi dari Google – tetapi kali ini, Google menegaskan bahwa mereka memang bakal menutup Allo pada tahun 2019.

Penutupan Allo ini seharusnya bukan menjadi sebuah kejutan besar. Seperti yang disebutkan dalam pernyataan yang disampaikan oleh Google, fitur utama Allo akan dialihkan kedalam aplikasi Messages, dan menutup Allo membuat Google lebih berfokus membuat aplikasi Messages menjadi lebih baik. Google telah mengonfirmasi bahwa Allo akan terus aktif hingga Maret 2019, tetapi setelah itu akan ditutup. Google juga telah memberikan petunjuk cara mem-backup obrolan, sehingga anda dapat membawa semuanya saat Allo ditutup.

Google Allo pertama kali diluncurkan dua tahun lalu untuk ponsel Android dan iOS sebagai aplikasi messenger keenam dari Google. Untuk menggunakan Allo, anda cukup mendaftar dengan nomor telepon anda dan sinkronkan dengan akun Google anda; ini bisa membuat anda menggunakan Google Assitants dalam pesan saat berbicara dengan teman atau keluarga.

Laporan dari 9to5Google menyebutkan kabar tentang penutupan Allo berawal sekitar delapan bulan setelah wakil presiden Chrome, Comms, dan Photo di Google, Anil Sabharwal mengungkapkan bahwa Google menahan investasi dari aplikasi perpesanan milik Google. Dari kabar ini juga menunjukkan bahwa Allo bukan hanya memiliki masalah dari segi fungsionalitas-nya, tetapi tim Allo telah ditugaskan untuk mengembangkan Android Messages, mengingat bagaimana Google telah berfokus dengan penerapan pada Rich Communication Services.

Ini juga dikenal sebagai RCS dimaksudkan untuk mengganti layanan SMS (Short Message Service). Setahun terakhir ini, Google telah mengumumkan bahwa ini mampu berfungsi dengan setiap operator besar di dunia dalam mengadopsi RCS dalam bentuk Chat. Sama seperti halnya iMessage, pengguna bisa menerima tanda yang telah dibaca dan juga melihat kapan pesan disampaikan secara real time. Anda juga bisa mengirim pesan video dan audio, obrolan grup, serta mengirim gambar resolusi tinggi.

Chat juga direferensikan untuk menggantikan Google Hangouts. Juru bicara dari Google mengonfirmasi bahwa sementara Hangouts akan dimatikan, tanggal pastinya masih belum ditetapkan – secara khusus ini menyatakan bahwa Google berkomitmen penuh dalam mendukung pengguna Hangouts sampai semua pengguna berhasil bermigrasi ke Chat dan Meet.

Baca juga – Game Dikontrol Dengan Kode Morse Dirancang Untuk Anak-Anak Spesial

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...