Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Facebook Dituding Sengaja Bikin Boros Baterai di Smartphone

Facebook smartphone_1_1
Aplikasi Facebook di smartphone diperkirakan bisa membuat boros smartphone penggunanya. (Sumber: SDI News)

Unbox.id – Smartphone saat ini merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan lagi dari penggunanya. Miliaran orang bergantung pada smartphone untuk aktivitas mereka. Tentunya salah satu masalah terbesar bagi pengguna smartphone adalah konsumsi baterai. Baterai ponsel cerdas yang dimaksudkan untuk digunakan sehari penuh atau satu setengah hari saat dibeli lambat laun tidak dapat memenuhi kebutuhan daya tahan baterai sepanjang hari.

Dapat Menguras Baterai Dengan Cepat?

Salah satu alasannya tampaknya adalah banyaknya aplikasi yang diinstal dan dijalankan di smartphone. Namun, tahukah Anda bahwa ada aplikasi terkenal yang digunakan oleh banyak orang yang dapat dengan cepat menguras baterai Anda. Aplikasi yang mana?

Mengutip Gizmochina, mantan karyawan Facebook George Hayward pada Minggu (29 Januari 2023) menuding Facebook menguras baterai smartphone secara ilegal. Ia menuding Facebook dan Messenger bisa menguras baterai smartphone penggunanya. Proses ini disebut “pengujian negatif” atau negative testing.

Tes negatif ini memungkinkan perusahaan teknologi Mark Zuckerberg secara diam-diam menguras baterai ponsel pengguna untuk menguji cara kerja bagian dalam aplikasi. Seorang mantan karyawan Meta mengungkapkan pernah menolak mengikuti tes yang dimaksud. Namun, sang direktur tetap bersikukuh menerapkan pedoman konsumsi baterai pengguna smartphone.

“Saya berkata kepada manajer, ‘Hal ini bisa melukai seseorang.’ Tapi bos saya mengatakan jika Anda menyakiti beberapa orang, Anda bisa membantu banyak orang. Ilmuwan data mana pun tahu untuk tidak menyakiti siapa pun,” kata Hayward, menceritakan percakapan mereka dengan manajer.

Tak lama kemudian, Hayward dipecat. Dia mengajukan gugatan terhadap perusahaan di pengadilan federal di Manhattan. Dasar utama dari gugatan tersebut adalah bahwa pengguna Facebook mungkin tidak dapat menggunakan smartphone mereka saat mereka sangat membutuhkannya.

Baca juga: Meta Luncurkan NFT Untuk Facebook Dan Instagram

Dicap Sebagai Ilegal

Facebook_1_2

Beberapa sistem yang ada di dalam platform Facebook itu dikabarkan ilegal bagi konsumennya. (Sumber: Liputan6.com)

Pada saat yang sama, pengacara Dan Kaiser menekankan bahwa menguras baterai smartphone pengguna akan menimbulkan bahaya bagi pemiliknya. Menurut pengacara, menguras baterai smartphone pengguna secara diam-diam adalah ilegal dan kotor karena dapat menyalahgunakan baterai smartphone.

Pada satu titik selama waktunya di Meta, perusahaan memberi Hayward dokumen pelatihan internal berjudul “Bagaimana melakukan Tes Negatif Stealth” yang menyertakan contoh cara melakukan tes semacam itu.

Ini menunjukkan bahwa raksasa media sosial itu telah melakukan tes serupa di masa lalu, yang mengakibatkan smartphone pengguna cepat mati Sejauh ini, Meta belum mengomentari dugaan pengurasan baterai smartphone pengguna secara ilegal. Bagaimana menurut Anda, apakah menggunakan Facebook menguras baterai smartphone Anda dengan cepat?

Baca juga: Facebook Didenda Rp 6,4 T Karena “Ketentuan Dan Layanan”

10 Aplikasi Kuras Baterai Smartphone

  • Fitbit
  • Uber
  • Skype
  • Facebook
  • Airbnb
  • Instagram
  • Tinder
  • Bumble
  • Snapchat
  • WhatsApp

Aplikasi di atas tersedia untuk perangkat Android dan dapat diunduh dari Google Play Store App Store. Ada banyak layanan seperti aplikasi di atas, tetapi mengingat program ini sudah populer, pengunduhnya lebih banyak daripada program serupa lainnya. Jika Anda sudah menginstal program di atas, Anda dapat mengurangi penggunaannya.

Tidak dapat dipungkiri lagi, 10 aplikasi diatas merupakan aplikasi yang menyimpan data cukup besar apalagi dengan penggunaan yang cukup rutin dapat membuatnya semakin parah dengan smartphone Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...