Dropbox Tambahkan Fitur Komentar Berdasarkan Waktu Untuk File Video Dan Audio

Unbox.idDengan berkolaborasi pada file video dan audio, Dropbox kini menjadi sedikit lebih sederhana. Pada hari Kamis (24/1), Dropbox meluncurkan komentar berbasis waktu yang memungkinkan penggunanya menambahkan komentar pada titik tertentu dalam file video ataupun audio. Kata Dropbox, alat tersebut dirancang dalam membantu menyederhanakan kolaborasi pada file media.

Komentar dapat ditempatkan di tempat tertentu di dalam timeline video. Misalnya, pengguna dapat menyisipkan catatan untuk membahas kesalahan audio pada satu titik tertentu didalam video. Sebelumnya, pengguna harus mencatat waktu dalam komentar untuk merujuk ke bagian tertentu dari video tersebut. Selayaknya komentar pada Dropbox lainnya, pengguna masih dapat menggunakan tag “@” untuk menyebutkan anggota grup tertentu.

“Komentar berdasarkan waktu membantu anda dalam menjaga komentar dari thread email yang berantakan dan mendapatkan umpan balik dari semua orang di Dropbox bersama file-file itu sendiri,” bunyi postingan blog yang mengumumkan update tersebut. “Sekarang saat anda membagikan file video atau audio, penerima dapat menempatkan komentar di tempat tertentu didalam timeline file.”

Update Dropbox ini juga mencakup opsi pemutaran file yang ditingkatkan. Untuk video beresolusi 1080p, pengguna dapat melihat thumbnail dari timeline untuk menemukan posisi tertentu di video dengan lebih cepat. Audio juga dapat dipratinjau dengan menggunakan bentuk gelombang visual, sementara itu menariknya kecepatan pemutaran juga bisa disesuaikan.

Fitur baru ini berfungsi di lebih dari 30 jenis file audio dan video, seperti file MPEG-4, QuickTime, MXF, MP3, dan WAV. Tidak seperti kolaborasi melalui email, Dropbox mengatakan tidak perlu mengubah ukuran video agar sesuai dengan batas ukuran tertentu, dengan dukungan beberapa gigabyte.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami membuat sistem komentar file kami lebih kuat untuk jutaan orang yang menggunakan Dropbox untuk dibagikan setiap harinya. Fitur seperti dukungan pratinjau untuk format file baru dan mengomentari bagian tertentu dari file telah membantu merampingkan proses pengiriman dan penerimaan umpan balik. Dan fitur komentar berbasis waktu baru kami selangkah lebih maju,” kata perusahaan membagikannya dalam posting blog.

Opsi video dan audio yang diperbarui ini telah mulai diluncurkan di situs web Dropbox maupun aplikasi iOS. Dropbox mengatakan fitur ini juga akan segera diluncurkan untuk pengguna Android. Fitur ini tersedia di beberapa jenis akun Dropbox untuk pengguna Dropbox Professional, Business Advanced, Enterprise, dan Education.

Baca juga – YouTube Batasi Rekomendasi Video Teori Konspirasia

Tinggalkan Balasan