Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Deretan 10 Medsos Paling Banyak Diunduh di Indonesia

Media sosial Indo_1_1
Ada beberapa medsos di Indonesia yang digemari bagi para penggunanya pada saat ini. (Sumber: Gramedia.com)

Unbox.id – TikTok menjadi media sosial yang semakin populer di Indonesia. Hal ini terlihat dari laporan “State of Mobile 2023” oleh lembaga penelitian Data.ai (sebelumnya App Annie). Laporan tersebut menempatkan TikTok sebagai media sosial yang paling banyak diunduh di Indonesia pada tahun 2022 di perangkat iOS dan Android. Meski tidak disebutkan berapa kali TikTok diunduh pada 2022, menurut penelitian, media sosial Bytedance ini lebih baik dari Instagram, Facebook, WhatsApp. Menurut laporan tersebut, aplikasi kedua yang paling banyak diunduh setelah TikTok adalah Facebook, ketiga Instagram, dan keempat WhatsApp.

Deretan 10 Medsos Paling Banyak Diunduh

Snack Video, Telegram, Facebook Messenger, Twitter, Helo, dan Pinterest masing-masing menempati peringkat kelima hingga kesepuluh dan berikut daftar media sosial paling banyak diunduh di Indonesia tahun 2022:

  1. TikTok
  2. Facebook
  3. Instagram
  4. WhatsApp
  5. Snack Video
  6. Telegram
  7. Facebook Messenger
  8. Twitter
  9. Helo
  10. Pinterest

Namun secara global, Instagram adalah aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh, diikuti oleh TikTok, menurut Data.ai. Pada saat yang sama, tempat ketiga dan keempat ditempati oleh Facebook dan WhatsApp. Namun, laporan lain dari firma riset aplikasi Apptopia menemukan sebaliknya.

Studi tersebut menemukan bahwa TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Apptopia menemukan bahwa TikTok telah diunduh 672 juta kali, menjadikan platform ByteDance sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2022. Sementara itu, aplikasi pesaing Instagram diunduh sebanyak 548 juta kali pada tahun 2022.

Perhitungan penelitian ini didasarkan pada unduhan masing-masing pengguna. Jika pengguna mencopot pemasangan aplikasi lalu mengunduhnya lagi, itu tidak dihitung. Terlepas dari perbedaan tersebut, studi yang menyebut TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh tampaknya tidak di atas ekspektasi.

Baca juga: Deretan Medsos Dan Layanan Internet Terpopuler Di Tahun 2022

Popularitas TikTok Memuncak

TikTok Indonesia_1_1

TikTok di Indonesia jadi aplikasi medsos terpopuler bagi para penggunanya.(Sumber: Rukita)

Karena jika melihat tahun 2022 secara keseluruhan, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa popularitas platform video pendek akan terus meningkat terutama di kalangan anak muda. Menurut sebuah studi oleh Prabhakar Raghavan, kepala Organisasi Pengetahuan dan Informasi Google, hampir 40 persen anak muda lebih mempercayai TikTok dan Instagram daripada Google.

“Menurut penelitian kami, hampir 40 persen anak muda tidak membuka Google Maps atau Google Search saat mencari tempat makan siang, melainkan TikTok atau Instagram,” ujar Raghavan.

Aplikasi tersebut tidak hanya untuk mencari tempat makan siang, tetapi juga banyak digunakan sebagai tempat belanja online. Menurut riset pasar dan lembaga perilaku konsumen Populix, TikTok Shop merupakan platform belanja online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sekitar 1.020 responden berusia 18 hingga 55 tahun ikut serta dalam survei pada 28 Juli – 9 Agustus 2022. 45 persen dari mereka yang disurvei mengatakan sering menggunakan TikTok Shop.

Berdasarkan hasil tersebut, Populix berharap pengguna TikTok akan terus berkembang di Indonesia di masa mendatang, terutama bagi pengguna berusia 18-25 tahun yang tinggal di kota-kota kecil di pulau Jawa. Apakah Anda salah satunya yang menggunakan TikTok?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Social Media

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...