Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cloudera Altus: Layanan yang Mudahkan Kerja Big Data pada Cloud

Cloudera penyedia platform terkemuka dan modern untuk pembelajaran mesin (machine learning) dan analitik canggih, mengumumkan peluncuran Cloudera Altus, penawaran Platform-as-a-Service (PaaS) yang memudahkan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi pengolahan data skala besar pada cloud publik. Layanan Altus perdana ini membantu para teknisi data dalam menggunakan infrastruktur on-demand untuk mempercepat penciptaan dan pengoperasian pipeline data elastis yang mendukung aplikasi-aplikasi canggih berbasis data.

Aplikasi-aplikasi teknik data seperti ETL (Extract, Transform and Load) atau scoring batch seringkali menjadi beban kerja besar yang berorientasi pada batch yang berjalan untuk jangka waktu tertentu dan membantu perusahaan-perusahaan mengekstrak wawasan penting dari data-data mentah. Perusahaan-perusahaan dapat memperoleh keuntungan fleksibilitas dan efisiensi yang signifikan dengan menjalankan pipeline ini pada infrastruktur yang elastis. Perusahaan enterprise ingin memanfaatkan infrastruktur cloud bersamaan dengan  tool-tool dan teknologi pengolahan data skala besar yang tidak asing.

Layanan Cloudera Altus Data Engineering menyederhanakan pengembangan dan pengoperasian pipeline data elastis, yang menempatkan pekerjaan teknik data sebagai yang utama, serta menyederhanakan manajemen dan operasi infrastruktur yang rumit dan bisa menghabiskan waktu. Altus juga mengurangi risiko terkait migrasi cloud.  Layanan ini menyediakan para pengguna dengan tool-tool yang familier yang dikemas dalam suatu layanan platform kelas enterprise yang terbuka dan terpadu, yang memberikan penyimpanan umum, metadata, keamanan, dan manajemen di beberapa aplikasi teknis data.

“Beban kerja teknik data merupakan fondasi bagi aplikasi-aplikasi berbasis data masa kini,” ungkap Charles Zedlewski, Senior Vice President of Products, Cloudera. “Altus menyederhanakan proses pembangunan dan pengoperasian pipeline data elastis sembari mempertahankan portabilitas dan memudahkan dalam menggabungkan berbagai elemen teknik data ke dalam BI, sains data dan aplikasi-aplikasi real-time yang lebih kompleks.”

Cloudera membuat penerapan beban kerja ini pada penyedia cloud, seperti Amazon Web Services (AWS), menjadi mudah, hemat biaya, dan nyaman, yang memanfaatkan elastisitas cloud, pilihan-pilihan penyimpanan dan komputasi yang terjangkau, serta penyediaan yang cepat guna menghasilkan layanan data modern yang dapat mengatasi berbagai permasalahan bisnis yang paling menantang sekalipun. Layanan obyek cloud seperti Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) menjadi semakin populer karena ketahanan, skalabilitas, dan biaya yang relatif rendah yang dimilikinya.

Fitur dan keunggulan Altus meliputi:

  • Layanan yang terkelola untuk pipeline data elastis – Cloudera Altus merupakan PaaS yang memungkinkan para teknisi data untuk dengan mudah dan cepat menyediakan kapasitas Apache Spark, Apache Hive, Hive on Spark, dan MapReduce2 pada infrastruktur cloudnative. Altus menghadirkan pengaturan dan lingkungan kluster default intelijen yang sangat mengurangi waktu penyebaran dan operasi kluster, dan mengotomatisasi proses-proses seperti penyediaan kluster, konfigurasi, dan penghentian.
  • Orientasi beban kerja – Cloudera Altus berpusat di sekitar pipeline data, dan bukan pada kluster atau infrastruktur, sehingga para pengguna dapat dengan mudah mengirimkan, mengkloning, dan mengatasi berbagai masalah pipeline tanpa harus memberikan perhatian penuh pada infrastruktur dasar.
  • Tidak ada data silo – Layanan Altus Data Engineering memungkinkan para teknisi data untuk menjalankan pembacaan langsung dari dan menulis ke penyimpanan obyek cloud seperti halnya platform Cloudera lainnya. Data ini akan segera tersedia untuk digunakan beban kerja Cloudera lainnya tanpa memerlukan replikasi data, ETL atau perubahan pada format file. Dengan demikian, para pengguna dapat lebih mudah menggabungkan data teknik ke dalam sains data, BI dan aplikasi-aplikasi DB real time
  • Kompatibilitas backward dan portabilitas platform – Altus mendukung beberapa versi CDH, platform open source yang paling banyak digunakan di industri ini. Para pengguna dapat dengan mudah memindahkan beban kerja ke dan dari cloud tanpa perlu memodifikasi aplikasi mereka. Karena CDH kompatibel secara backward lintas rilis-rilis minor, para pelanggan dapat memanfaatkan inovasi terbaru dari komunitas open source big data Apache tanpa takut merubah aplikasi mereka dari satu rilis ke rilis lainnya.
  • Manajemen beban kerja yang terintegrasi – Altus mengotomatisasi dan menyederhanakan masalah-masalah operasional umum yang terkait dengan pipeline data elastis dengan manajemen beban kerja. Para pengguna dapat mengatasi masalah pekerjaan yang gagal dilakukan dengan atau tanpa adanya kluster atau infrastruktur komputasi. Selain itu, manajemen beban kerja Altus menandai penyimpangan kinerja yang signifikan dan menganjurkan analisis penyebab dasar. Dengan demikian, para pelanggan dapat menjalankan pipeline data mereka dengan keandalan yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah.

Peluncuran perdana Cloudera Altus mencakup dukungan bagi Apache Spark, Apache Hive on MapReduce2, dan Hive on Spark. Layanan ini tersedia hari ini di sebagian besar pasar Amazon Web Services (AWS). Seiring berjalannya waktu, Cloudera berencana akan memperluas Altus agar mendukung cloud-cloud publik terkemuka lainnya, seperti Microsoft Azure, dll. Untuk informasi lebih lanjut atau untuk mengetahui arsitektur referensi, silakan kunjungi www.cloudera.com/altus.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Last updated on 18 Januari, 2019 Cloudera mengumumkan bahwa lebih dari 100 institusi pelayanan kesehatan atau lembaga sains terkemuka saat ini menggunakan Cloudera, platform...

Tech Industry

Cloudera mengumumkan bahwa Inova Translational Medicine Institure (ITMI), lembaga penelitian medis terkemuka di dunia, telah menerapkan Cloudera Enterprise untuk secara aman menganalisis sejumlah besar...

Tech News

Cloudera, penyedia platform global terkemuka untuk mesin pembelajaran (machine learning) dan analitik canggih yang dibangun atas teknologi-teknologi open source terbaru, hari ini mengumumkan bahwa...