Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

ChatGPT, Topik Pembelajaran Paling Diminati di Udemy

ChatGPT_1a
ChatGPT. (Sumber: UK Deals)

Unbox.id – Laju akselerasi digital saat ini mendorong berbagai pelaku untuk terus memantau perkembangan. Misalnya, berkat kecerdasan umum buatan (AI) ChatGPT, berbagai lapisan masyarakat, termasuk pebisnis, harus mengadaptasi teknologi ini di bidang profesional. Market Manager Udemy Indonesia Giri Suhardi menegaskan, pertanyaan ChatGPT telah menjadi topik pembelajaran paling populer di kalangan pengguna Udemy Business sejauh ini. “Di Udemy, pertumbuhannya terutama 60% terkait kursus di bidang AI,” ujarnya dalam konferensi pers.

Tingkat Kursus Melonjak Hingga 4.419 Persen

Udemy_2b

Udemy. (Sumber: Udemy)

Dibandingkan dengan Q4 tahun 2022, tingkat penggunaan kursus ChatGPT di Udemy pada Q1 tahun ini meningkat menjadi 4,419%, menunjukkan minat yang signifikan dari pelajar.

Selain itu, jumlah kursus yang terkait dengan ChatGPT juga meningkat secara signifikan, demikian perkiraan kami. Hingga saat ini, Udemy menawarkan 310 kursus dengan topik Generative AI atau setara dengan 1.500 jam pembelajaran.

“Dan di Indonesia sendiri, ChatGPT pada kuartal kedua tahun ini menjadi topik terpopuler di Indonesia,” tambah Giri. Berdasarkan hasil penelitian mereka, minat terhadap ChatGPT meningkat sebesar 142% pada Q2 2023 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sebagai informasi, lebih dari 1,8 juta siswa di Indonesia telah mendaftar untuk kursus terkait ChatGPT di Udemy, hal ini membuktikan popularitas ChatGPT teknologi. Topik Otomasi ini dapat ditemukan di pasar pendidikan online.

Diskusi yang paling banyak dicari pada topik ini adalah tentang pembuatan perintah atau petunjuk teknis. Menurut Giri, kemampuan teknis yang cepat akan sangat berguna bagi pengguna AI OpenAI chatbot.

Memang, pengguna hanya akan mendapatkan hasil terbaik yang mereka inginkan dari ChatGPT melalui perintah yang baik dan tepat. Oleh karena itu, Udemy mencoba memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kursus tentang topik mendetail tersebut.

Kenapa Topik ChatGPT Bisa Booming?

ChatGPT sendiri merupakan singkatan dari Generative Pre-trained Transformer 3, sebuah model bahasa alami yang dikembangkan oleh OpenAI. Kemampuan untuk membuat teks yang terlihat seperti teks manusia membuatnya sangat populer di kalangan pengguna Udemy Business.

Kursus ChatGPT di Udemy sendiri tersedia dalam berbagai tingkatan, dari dasar hingga lanjutan. Oleh karena itu, topik ini juga populer di kalangan pengguna Udemy Business karena lengkapnya dokumentasi yang tersedia.

Selain ketersediaan dokumentasi, kebutuhan akan pengetahuan tentang topik ChatGPT juga didorong oleh kebutuhan perusahaan untuk membekali karyawan dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti perkembangan zaman.

“Kemudian, survei IBM menunjukkan bahwa 40% karyawan memerlukan pelatihan setiap tiga tahun karena AI dan otomatisasi,” kata Giri. Kursus ChatGPT di Udemy mencakup berbagai tingkat pengetahuan, dari dasar hingga lanjutan. Pemula dapat memahami dasar-dasar ChatGPT, sedangkan tingkat menengah mencakup petunjuk dasar dan cara menggunakan AI untuk menciptakan sesuatu.

Dalam kursus Lanjutan, pembelajaran di Udemy akan melibatkan topik-topik seperti alat dan fitur khusus seperti ChatGPT Plus. Dengan akhir yang jelas, ChatGPT tidak hanya menarik perhatian global tetapi juga menjadi topik pembelajaran yang paling banyak dicari di Udemy. Ketersediaan kursus di berbagai tingkat menjadikannya pilihan yang cocok bagi pelajar di semua tingkatan.

Baca juga: Microsoft Blokir Akses Karyawan Ke ChatGPT

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT OpenAI_2b

ChatGPT OpenAI. (Sumber: Business Insider)

ChatGPT adalah mesin pemrosesan bahasa alami yang didukung oleh teknologi AI yang memungkinkan Anda mengobrol seperti manusia dan lebih banyak lagi dengan chatbots. Model bahasa ini dapat menjawab pertanyaan dan membantu Anda mengerjakan tugas, seperti menulis email, esai, dan coding.

ChatGPT dibuat oleh OpenAI, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan AI. Perusahaan meluncurkan ChatGPT pada 30 November 20221.

ChatGPT didukung oleh jaringan saraf dalam (DNN). DNN adalah perkiraan arsitektur perangkat lunak yang terinspirasi oleh struktur otak. Mereka belajar melakukan tugas dengan memproses banyak contoh dan menyetel parameternya untuk memperkirakan pola umum yang mereka temui dalam contoh tersebut.

Model bahasa besar (LLM) seperti ChatGPT dan GPT-4 menggunakan arsitektur jaringan saraf khusus yang disebut jaringan transformator, yang ideal untuk belajar dari rangkaian data besar termasuk teks, audio, gambar, dan bahkan struktur protein.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Adobe kembali meluncurkan alat unik yang mereka sebut sebagai Project Music GenAI Control. Sebuah alat yang mampu mengubah teks menjadi musik...

Tech Industry

Unbox.id – CEO Apple Tim Cook baru-baru ini mengirimkan pesan ke Wall Street. Ia yakin tahun ini Apple akan melakukan inovasi dalam hal penciptaan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, Elon Musk tengah menggugat perusahaan pengembang kecerdasan buatan OpenAI. Tokoh yang mendirikan SpaceX tersebut menuntut OpenAI untuk membuka suara...