Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Cara Jualan di TikTok Shop Lengkap Supaya Banjir Orderan

TikTok Shop_1a
TikTok Shop. (Sumber: Sasana Digital)

Unbox.id – TikTok semakin populer sejak dibukanya fitur TikTok Shop, yang memungkinkan pengguna untuk menjual berbagai produk secara langsung melalui platform berbagi video pendek. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi pemilik akun TikTok yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selain menyediakan fitur Marketplace, TikTok menawarkan berbagai fitur dan layanan pendukung, mulai dari pengiriman barang hingga siaran langsung yang dapat digunakan untuk membantu pemilik memiliki akun TikTok untuk mempromosikan produknya untuk dijual.

Tren Berjualan di TikTok Shop

TikTok Shop_2b

TikTok Shop. (Sumber: KelikGo)

Secara keseluruhan, toko TikTok tidak jauh berbeda dengan pasar umum, hanya platform yang digunakan melalui TikTok itu sendiri, di bagian terpisah dari situs berbagi video pendek.

Melalui toko TikTok, pengguna TikTok dapat mempromosikan dan menjual berbagai produk dari berbagai kategori, menampilkan produk yang dijual di etalase yang tersedia di toko TikTok. Lalu bagaimana cara mempromosikannya?

Salah satu cara untuk mempromosikan barang yang dijual adalah dengan membuat video terkait produk tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk menutupi berbagai manfaat dari produk tersebut. Selain itu, pengguna TikTok juga bisa membuat siaran langsung untuk tujuan yang sama.

Buat Akun TikTok Seller

Setelah membuka halaman utama halaman Pusat Penjual Toko TikTok, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun dengan mendaftar. Pilih Indonesia sebagai negara asal Anda, lalu isi nomor ponsel, alamat email, dan buat kata sandi. Setelah selesai, klik tombol biru “Kirim”.

Selain mendaftar langsung melalui halaman Seller Center toko TikTok, kita juga bisa mendaftar melalui aplikasi TikTok dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke laman profil.
  • Sentuh (tap) ikon tiga garis yang berada di sudut kanan atas laman profil.
  • Pilih “Creator tools” dan cari menu “TikTok Shop for Creator” untuk membuka toko secara pribadi, atau “TikTok Shop for Seller” yang akan mengarahkan kita ke halaman TikTok Shop Seller Center.

Lengkapi Informasi Toko

Untuk memudahkan pembeli menemukan toko kita, informasi toko harus diisi dengan jelas. Informasi yang harus diisi adalah lokasi toko, alamat lengkap, nama pemilik toko atau contact person, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Langkah ketiga ini yang paling penting, karena tanpa dokumen terverifikasi tidak mungkin mengaktifkan toko TikTok. Oleh karena itu, penting bagi pengguna TikTok untuk memverifikasi dokumen tersebut.

Untuk itu, pemilik toko perlu mengisi informasi terkait jenis usahanya. Ada dua pilihan, yaitu perusahaan atau individu. Jika memilih private, dokumen yang dibutuhkan adalah foto KTP. Jangan lupa tulis nama tokonya. Setelah selesai, klik tombol biru “Kirim” di pojok kanan bawah.

Baca juga: ByteDance Akan Rilis TikTok Music Dan Stop Layanan Streaming Resso

Tambahkan Produk di Etalase

TikTok Shop_3c

TikTok Shop. (Sumber: Sinar Harapan)

Untuk mulai berjualan, tentunya Anda harus memiliki produk untuk dijual. Kami dapat menambahkan daftar produk ke etalase dengan mengunjungi kembali hub penjual toko TikTok. Pastikan toko sudah terverifikasi ya.

Pada halaman utama, klik opsi “Add product first”, lalu klik “Add product” untuk mulai menambahkan produk yang akan dijual. Kemudian, isi deskripsi dan nama produk dan kategori.

Jika produk yang dijual adalah buatan Anda sendiri, Anda dapat menambahkan merek baru menggunakan opsi tambah produk dengan mengunggah dokumen bukti kepemilikan merek.

Jika toko menjual produk dari orang atau perusahaan lain, diperlukan dokumen yang menyatakan bahwa toko kami adalah reseller resmi. Namun, jika keduanya tidak bisa dipenuhi, pilih opsi “No Brand” agar Anda bisa mulai berjualan.

Buat Konten Video Yang Menarik

Setelah Anda memiliki produk untuk dijual, langkah selanjutnya adalah memasarkannya. Cara paling efektif adalah dengan memanfaatkan fungsi utama aplikasi TikTok, yaitu membagikan video pendek.

Mungkin mencoba beberapa ide pemasaran produk melalui konten video yang menarik. Salah satu cara termudah adalah dengan mengikuti tren yang sedang hangat di halaman TikTok FYP.

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan membuat video tentang cara menggunakan produk, dengan ulasan singkat tentang cara menggunakan produk. Tidak ada salahnya meniru cara jualan penjual lain, asalkan tidak menirunya secara langsung.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Aplikasi berbagi video pendek TikTok baru saja memperkenalkan aplikasi baru bernama TikTok Studio. Aplikasi ini dibuat untuk membantu pembuat konten mengelola akunnya...

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...