Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Komputer

Hapus riwayat pencarian google_1
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk hapus riwayat pencarian Google di komputer. (Sumber: Computer - How Stuff Works)

Unbox.id – Semua log pencarian atau pencarian yang dilakukan oleh pengguna di layanan pencarian Google di laptop disimpan di akun Google. Riwayat penelusuran Google berbeda dengan riwayat penelusuran (browsing history). Riwayat penelusuran Google hanya berisi jejak tindakan penelusuran yang dilakukan oleh pengguna di penelusuran Google. Isi riwayat penjelajahan adalah semua jejak aktivitas penjelajahan pengguna di browser.

Terdapat Cara Mudahnya

Jadi ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan pencarian Google atau “google.com” di laptop, seluruh riwayat mereka disimpan dalam dua wadah sekaligus, yaitu akun Google dan aplikasi browser.

Menghapus riwayat penjelajahan Anda menggunakan browser laptop tidak secara otomatis menghapus riwayat penelusuran Google yang tersimpan di Akun Google Anda. Untuk menghapus riwayat penelusuran Google, caranya bukan dengan menghapus riwayat penelusuran di browser laptop.

Ada cara lain untuk menghapus riwayat pencarian Google Anda. Lantas bagaimana cara menghapus history pencarian google dari laptop? Jika Anda ingin menghapus riwayat pencarian Google di laptop Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga: Ketahui Cara Kirim Folder Lewat E-Mail Di Google Mail

Cara Hapus Riwayat Pencarian Google

Cara hapus riwayat pencarian google di komputer_1_2

Cara yang bisa dilakukan untuk hapus riwayat pencarian Google lewat PC cukup mudah dilakukan. (Sumber: How to Geek)

Menghapus sebuah riwayat di google cukup mudah, sehingga Anda dapat kerap melakukannya dengan cepat dan tepat, cukup ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini agar Anda dapat melakukan-Nya dengan benar.

  • Kunjungi pencarian Google di https://www.google.com/ di aplikasi browser di laptop Anda yang sebelumnya Anda gunakan untuk masuk ke akun Google Anda.
  • Dengan Google Penelusuran atau google.com terbuka, pilih menu Setelan di pojok kanan bawah laman.
  • Pilih opsi “Histori penelurusan”
  • Kemudian akan muncul halaman dengan informasi tentang riwayat pencarian akun Google pengguna di pencarian Google.
  • Di halaman ini, klik opsi “Hapus”. Ada tiga cara untuk menghapus riwayat pencarian Google, yaitu menghapus riwayat hanya hari ini, pada waktu tertentu, atau selalu.
  • Pilih opsi untuk menghapus riwayat pencarian Google sesuai kebutuhan Anda.
  • Di halaman riwayat aktivitas pencarian Google ini, Anda juga bisa mengaktifkan fitur hapus otomatis.

Demikian penjelasan tentang cara menghapus history pencarian Google di laptop. Sebagai informasi, selain di laptop, menghapus riwayat pencarian Google juga bisa dilakukan di ponsel (HP). Membersihkan riwayat pencarian Google di ponsel sama seperti di laptop. Pengguna juga harus memastikan bahwa mereka masuk ke akun Google di aplikasi browser di ponsel.

Bila Anda belum login ke akun Google, baik pada browser ponsel maupun komputer, Anda tidak akan menemukan halaman informasi riwayat pencarian yang berada dalam menu “Setelan” pada layanan Google search atau “google.com”.

Menghapus sebuah riwayat pada google sangatlah mudah bukan? Anda dapat melakukan-Nya setiap waktu pada komputer kesayangan Anda. Hal ini tentu perlu dilakukan khususnya bagi Anda yang selalu tetap ingin menjaga privasi Anda saat tengah meluncur kedunia internet.

Ada juga cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghapus riwayat pada akun google Anda, namun yang baru saja Anda simak adalah cara paling mudahnya untuk menghapus riwayat data browsing internet Anda.

Ikuti langkah-langkah yang sudah diberikan dengan benar, maka tidak aka nada masalah yang akan Anda temukan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...