Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Cara Gunakan Twitter Spaces, Fitur Baru Yang Mirip Cloubhouse

Twitter Spaces: (sumber: glints)
Twitter Spaces: (sumber: glints)

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – Twitter baru-baru ini telah mengembangkan fitur terbaru mereka yakni Spaces.

Lalu apa itu Spaces? Fitur Spaces merupakan sebuah fitur obrolan suara mirip dengan Clubhouse yang dapat disiarkan langsung dengan pengguna Twitter lainnya. Audiens atau teman Anda dapat ikut menjadi pendengar atau bahkan ikut masuk dalam percakapan tersebut.

Spaces pada dasarnya adalah obrolan interaktif yang menghubungkan pendengar dengan teman, content creator favorit, maupun public figure.

Twitter Spaces: (sumber: glints)

Twitter Spaces: (sumber: glints)

Twitter Spaces resmi diluncurkan ke publik pada Mei 2021 untuk pengguna iOS dan Android. Meski begitu, untuk dapat menggunakan fitur ini, anda harus memiliki setidaknya 600 pengikut untuk bisa menjadi host di ruang obrolan. Alasan mereka membatasi itu karena menurutnya dengan memiliki banyak pengikut, mereka cenderung memiliki pengalaman yang baik karena mereka memiliki audiens yang sudah ada.

Sebenarnya fitur ini terinspirasi oleh Clubhouse yang sempat ramai beberapa waktu lalu karena bersifat eksklusif hanya untuk pengguna iOS saja. Namun berbeda dengan Clubhouse yang menggunakan link undangan saja, Twitter Spaces justru terbuka untuk didengarkan oleh semua penggunanya.

Baca juga: Ethereum Wallet Kini Menjadi Keluarga Baru di Twitter

Dengan adanya fitur ini, Anda bisa melakukan obrolan ringan seperti Q&A hingga mengadakan event Anda sendiri.

Twitter Spaces juga memungkinkan Anda untuk menunjang bisnis Anda, seperti misalnya peluncuran produk, giveaway, peluncuran single atau album, dan hal lain yang dapat meningkatkan awareness tentang produk baru Anda.

Nah, tentu fitur terbaru dari Twitter ini akan mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan reputasi brand, menambah insight bisnis, atau untuk strategi marketing sehingga Anda bisa mendapatkan feedback seputar produk Anda pengguna.

Twitter Spaces (sumber: howtogeek.com)

Twitter Spaces (sumber: howtogeek.com)

Ketika Anda membuat Spaces dan bertindak sebagai pembicara atau speakers, Anda dapat menyematkan tweet ke Spaces, mengaktifkan caption agar pendengar dapat mengikuti topik apa yang sedang Anda dibicarakan, juga membuat Tweet tentang Spaces tersebut agar pengikut Anda dapat bergabung.

Jika Anda menjadi host di Spaces, Anda bisa memiliki kontrol untuk menentukan siapa yang berbicara, dan topik yang dibicarakan. Anda juga bisa mengundang orang lain untuk bergabung melalui tweet atau mengirimkan DM langsung kepada mereka.

Baca juga: Twitter Akuisisi Quill, DM akan Berubah

Selain itu, host juga memiliki kontrol untuk membisukan pembicara, menolak izin bicara, atau bahkan mengeluarkan mereka dari Spaces. Baru-baru ini, Twitter telah menambahkan fitur baru yang memungkinkan host dapat membisukan semua pembicara secara bersamaan.

Berikut adalah langkah untuk menggunakan Twitter Spaces di Android.

  1. Buka aplikasi Twitter.
  2. Ketuk ikon Spaces yang ada ditengah diantara ikon pencarian dan notifikasi.
  3. Anda akan melihat Spaces yang sedang berlangsung termasuk judul acara, jumlah pendengar, dan nama host tersebut.
  4. Ketuk salah satu Spaces yang hendak Anda pilih untuk masuk ruang obrolan dan mulai mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung.
  5. Pembicara akan ditampilkan di daftar bagian atas. Anda dapat meminta untuk dijadikan pembicara dengan mengetuk tombol Request di sudut kiri bawah layar.
  6. Setelah diterima sebagai pembicara, tombol Request akan beralih ke tombol bisu untuk mikrofon. Sebagai pembicara, Anda dapat mengetuk tombol mute/unmute kapan saja untuk mulai berbicara.
  7. Baik sebagai pembicara atau pendengar, Anda dapat memberikan reaksi terhadap pembicara lain dengan mengetuk tombol reaksi (hati dengan simbol plus) di dekat sudut kanan bawah.
  8. Anda dapat membuat tweet atau DM ke pengikut Anda dengan mengetuk tombol bagikan di sudut kanan bawah.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: blog.twitter.com, glints, howtogeek.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Apps & Games

Unbox.id – X, alias Twitter, telah memperluas dukungan untuk keamanan login kata sandi, menjadikan opsi tersebut tersedia bagi pengguna di seluruh dunia, selama mereka...