Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Berikut Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel Kembali

Telkomsel_1_1
Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali nomor Telkomsel yang telah hangus. (Sumber: Wigatos)

Unbox.id – Pada suatu waktu, mungkin anda mendapatkan pesan sebagai berikut “Mohon maaf, nomor kartu Anda sudah melewati masa tenggang”. Kira-kira seperti itulah suara pesan tersebut yang muncul pada ponsel Anda. Ketika melakukan panggilan suara menggunakan kartu prabayar operator seluler seperti Telkomsel yang sudah melewati masa tenggang atau biasa kita sebut telah hangus. Namun jangan khawatir, para penggunanya biusa mengaktifkan nomor Telkomselnya kembali dengan cara yang cukup mudah untuk diikuti.

Apa Itu Masa Tenggang di Nomornya?

Telkomsel_1_2

Setiap nomor memiliki masa tenggang yang perlu diperhatikan lebih lanjut oleh para penggunanya. (Sumber: Telisik.id)

Dengan kondisi seperti ini, ponsel Anda tidak dapat mengirimkan pesan maupun melakukan panggilan suara kepada nomor lain. Sebagian pengguna mungkin juga pernah mengalami hal tersebut dan mempertanyakan alasan mengapa nomor seluler milik mereka bisa hangus.

Dilansir dari Telkomsel.com, nomor yang sudah hangus (expired) adalah kondisi di mana nomor Telkomsel PraBayar yang dimiliki sudah melewati masa tenggang.

Hal ini disebabkan karena pengguna tidak mengisi ulang pulsa atau pembelian paket paket saat masa tenggang.

Masa tenggang adalah jangka waktu setelah pulsa atau paket internet Anda telah habis. Penambahan waktu menjadi pilihan pengguna untuk segera memperpanjang masa berlaku kartu agar tidak kadaluwarsa.

Jika batasnya sudah terlampaui, kartu tersebut akan hangus dan tidak ada pembayaran tambahan yang dapat dilakukan. Mengakibatkan, Anda tidak bisa melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, dan menggunakan kuota internet.

Baca juga: 5 Aplikasi Alternatif Untuk Lacak Nomor Selain Getcontact

Punya Jangka Waktu Untuk Pengaktifan Kembali

“Jika Anda tidak mengaktifkannya kembali, nomor Anda tidak dapat digunakan lagi dan sistem akan menghapus data Anda setelah jangka waktu yang ditentukan oleh Telkomsel,” tulis situs resmi Telkomsel.

Namun, tidak perlu khawatir karena pengguna tetap dapat memperpanjang aktivitas kartu melalui layanan pengaktifan kembali nomor. Jumlah yang hilang sehubungan dengan penghentian melebihi maksimum 60 hari dari masa tenggangnya. Misalnya, masa tenggang yang berlaku jatuh pada 4 Januari 2023.

Permintaan pengaktifan kembali dapat diselesaikan selambat-lambatnya 60 hari kemudian atau sekitar 4 Maret 2023.

Jika Anda belum mengaktifkan kembali setelah tanggal 4 Maret, nomor tersebut tidak dapat diaktifkan kembali seperti sedia kala. Bagi Anda yang ingin mengaktifkan kembali kartu prabayar Telkomsel Anda sebelum masa aktif kembali berakhir, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca juga: Simpan Nomor Telepon Dengan Aman Lewat Aplikasi Ini!

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Hangus

Telkomsel_1_3

Ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengaktifkan kembali nomor Telkomsel penggunanya. (Sumber: Wigatos)

Seperti disebutkan di atas, pengguna memiliki waktu 60 hari untuk mengaktifkan kembali kartu, terhitung sejak hari terakhir perpanjangan nomor Telkomsel. Cobalah untuk tidak melebihi batas waktu. Siapkan beberapa dokumen seperti Nomor Induk KTP (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor prabayar.

Persiapkan juga fisik kartu SIM prabayar Telkomsel yang ingin diaktifkan kembali. Perlu diketahui bahwa tidak ada biaya untuk memperpanjang masa berlaku kartu.

Berkonsultasi secara online melalui Telkomsel E-Care dengan mengirimkan pesan di Twitter atau Instagram Telkomsel (@Telkomsel). Dokumen yang perlu disiapkan adalah NIK KTP dan KK. Hubungi layanan pelanggan dengan mengetikkan kata kunci “reaktivasi prepaid”.

Anda akan menerima tautan untuk mengunggah foto KTP, nomor KK, dan kartu SIM fisik yang ingin Anda aktifkan. Lakukan prosesnya sesuai dengan arahan dari tim Telkomsel E-Care, ikuti aturan-aturan yang telah dibuat, maka semua akan berjalan dengan baik. Jadi Bagaiaman menurut Anda? Cukup mudah bukan untuk melakukan pengaktifkannya kembali?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM sendiri merupakan layanan...

Tech Industry

Unbox.id – Telkomsel menyelenggarakan program akselerator startup Tinc Batch 9 bekerja sama dengan perusahaan modal ventura terkemuka AppWorks. Pendaftaran program ini telah dibuka sejak...

Operator

Unbox.id – Telkomsel menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Pos dan TI Kominfo pada tahun 2023. Penghargaan dari Direktorat Jenderal PPI tahun 2023 diberikan kepada...