Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

TikTok Shop Digemari Oleh Warganet Asia Tenggara

Tiktok shop_1
Di dalam fitur aplikasi TikTok, fitur belanja adalah fitur terbaru dalam aplikasinya ini. Sumber: Grid.id)

Unbox.id – Toko TikTok online bernama “Tiktok Shop” telah booming selama beberapa waktu belakangan ini, terutama di Asia Tenggara dan negeri Tiongkok khususnya. Pengguna di Asia Tenggara cenderung semakin tertarik untuk membeli suatu barang secara online dari TikTok Store. Hal itu tercermin dari angka konsumsi Tiktok Shop di kalangan pengguna di Asia Tenggara yang mencapai 4,4 miliar dolar AS atau Rp 67,6 triliun pada 2022.

TikTok Dapat Respon Baik di Indonesia

TikTok_1_1

Aplikasi sosial media TikTok telah jadi salah satu sosial media terfavorit di : Indonesia. (Sumber: Sumber Engine Journal)

Menurut sumber yang mengetahui informasi orang dalam bisnis toko Tiktok, nilai pembelian kumulatif (Nilai Barang Dagangan Kotor/GMV) pengguna Asia Tenggara di Tiktok Shop meningkat empat kali lipat dari tahun ke tahun.

Di negeri Tiongkok, sumber yang sama mengatakan bahwa pengguna menghabiskan 1,41 triliun yuan (setara dengan 3.208,4 triliun rupee) untuk pembelian di Douyin (aplikasi Tiktok yang didedikasikan untuk China) pada 2022.

Jumlah itu meningkat drastis 76 persen dari 2021. Pendapatan kotor e-commerce Douyin penjualan tumbuh 320 persen tahun ke tahun pada tahun 2021. Menurut sumber, Tiktok berencana memperluas toko online-nya ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Brasil, Spanyol, dan Australia.

Laporan lain menunjukkan bahwa Tiktok telah mulai menguji fitur Toko Tiktok di AS untuk memungkinkan pengguna yang tinggal di Amerika Serikat itu membeli langsung dalam aplikasi video singkat. Sebelumnya, TikTok sudah meluncurkan layanan elektronik di Inggris. Namun, hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Berbeda dengan Indonesia, di mana Tiktok Shop diterima dengan baik oleh para warganet. Tidak hanya sekedar scroll up untuk melihat konten video pendek yang menarik, namun juga digunakan untuk berbelanja.

Baca juga: TikTok Rilis Fitur Shopping Center Di Indonesia

TikTok Shop Jadi Favorit di Indonesia

TikTok telah meluncurkan fungsi e-commerce Tiktok di Indonesia sejak April 2021. Tiktok Shop memungkinkan pengguna membeli langsung dari Tiktok tanpa harus beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk yang diinginkan. Artinya, semua transaksi pembelian, chat dengan penjual bahkan proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi Tiktok itu sendiri.

Pada Oktober 2022, Tiktok juga meluncurkan fitur baru bernama “Shopping Mall” di Indonesia. Fitur mal bertujuan untuk memudahkan pengguna berbelanja online di Tiktok Store. Sejak kehadirannya di Indonesia, TikTok Shop sangat populer bahkan menjadi situs belanja online terpopuler di Tanah Air pada 2022.

Setidaknya menurut riset pasar dan lembaga perilaku konsumen Populix. Menurut laporan The Social Commerce Landscape in Indonesia dari Populix, TikTok Shop adalah platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk belanja online.  Jumlahnya mencapai sebesar 45 persen, jumlah ini melebihi penggunaan media sosial lainnya untuk belanja online, seperti WhatsApp (21 persen), Facebook Shop (10 persen), dan Instagram Shopping (10 persen).

Apakah Anda salah satu yang menggunakan Tiktok e-commerce ini? Jika bukan, mungkin Anda bertanya-tanya seperti apa Tiktok Shop ini, Anda cukup menginstall aplikasi Tiktok seperti biasa, lalu Anda cukup masuk ke tab “Shop” yang ada didalamnya untuk melihat isi dari berbagai macam katalog yang dapat Anda beli.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...